Blue Lagoon Jogja, pesona wisata alam eksotik yang memanjakan mata - WisataHits
wisatahits

Blue Lagoon Jogja, pesona wisata alam eksotik yang memanjakan mata

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 06.00-17.00 WIB, Alamat: Widodomartani, Kec. Ngemplak, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Yogyakarta menawarkan berbagai wisata menarik yang sayang untuk dilewatkan. Terkenal sebagai kota pendidikan, Yogyakarta menawarkan berbagai objek wisata menarik dengan harga terjangkau untuk kalangan pelajar. Oleh karena itu, Sleman juga menjadi pilihan yang tepat bagi para traveller yang ingin berwisata hemat, misalnya Blue Lagoon Jogja.

Salah satu tempat wisata di Jogja yang paling populer, menawarkan kolam renang dengan warna pirus yang indah, sesuai dengan namanya. Destinasi wisata alam ini mulai terkenal sejak ditemukan pada tahun 2014 oleh warga sekitar.

Jangan khawatir dengan sumber airnya, Blue Lagoon memiliki sumber air alami yang langsung dari dalam tanah. Berikut beberapa informasi penting bagi anda yang ingin mengetahui lebih jauh tentang tempat wisata alam menarik di Jogja ini.

Atraksi Laguna Biru

Atraksi Laguna BiruKredit Gambar: Instagram Shanti Saptaning

Ada beberapa atraksi yang bisa anda temukan di objek wisata alam ini dibandingkan dengan sekedar berenang di waktu biasa, diantaranya:

1. Cat air yang indah

Air sungai di sungai ini sangat indah, berwarna hijau kebiruan, berbeda dengan air sungai biasa yang jernih. Banyak yang menyamakan warna air sungai ini dengan air Blue Lagoon di Islandia, sehingga menjadi magnet bagi warga sekitar.

Selain bermain air di sini, Anda juga bisa mandi di tiga mata air yang berbeda. Tiga mata air adalah mata air wadon, sumber air mata air jernih kluwih dan yang terakhir adalah anak laki-laki musim semi. Untuk Sendan Wadonmata air dapat digunakan untuk pria dan wanita.

Sedangkan untuk mata air jernih kluwih Di mana anak laki-laki musim semi biasanya diperuntukkan bagi pengunjung pria. Air sungai di Blue Lagoon Jogja tidak mengalami kekeringan meski di musim kemarau, sehingga menambah pesona tersendiri.

2. Tersedia wahana air

Ada beberapa wahana air yang bisa Anda temukan di tempat wisata ini, namun pastikan Anda tidak datang saat musim hujan karena air bisa menjadi keruh.

Salah satu poin permainan dari tempat wisata ini adalah air terjun mini. Air terjun ini bisa digunakan untuk bermain perosotan bagi wisatawan yang datang berkunjung. Selain digunakan sebagai tempat permainan air, air terjun mini juga bisa dijadikan sebagai bentuk relaksasi bagi tubuh yang lelah.

Pancurannya sendiri tingginya sekitar 2 meter dan terletak dekat dengan anak laki-laki musim semi. Dari Blue Lagoon utama, cukup berjalan kaki beberapa menit dan langsung nikmati air terjun mininya.

Objek wisata yang dimiliki oleh Blue LagoonKredit gambar: Instagram Roberto Elordes Diauntung Tadung

3. Pemandangan alam yang indah

Di tempat wisata ini, selain bermain air, daya tarik utamanya adalah pemandangan alam yang indah. Anda bisa melihat hutan bambu yang berbatasan dengan sungai dengan air yang jernih, khas suasana pedesaan.

Pengelolaan tempat wisata ini juga cukup baik, Anda bisa duduk-duduk di gazebo dan balai-balai yang disediakan oleh masyarakat setempat. Pemandangan wisatawan bermain air dan suara gemericik air bisa menjadi penawar bagi Anda yang bosan dengan suasana kota.

Tempat ini juga bisa dinikmati dengan cara lain yaitu sebagai tempat bersantai dan menikmati segarnya udara khas pedesaan Jogja. Akses yang mudah menuju tempat wisata juga menjadi salah satu kelebihan tempat wisata alam ini.

4. Dekat dengan berbagai tempat wisata

Saat mengunjungi Blue Lagoon, Anda juga bisa melanjutkan perjalanan ke tempat wisata lainnya. Beberapa di antaranya adalah Candi Ijo yang letaknya tidak jauh dari tempat wisata alam ini.

Selain Candi Ijo, Anda juga bisa bermain di Tebing Breksi yang merupakan tempat wisata baru di Jogja. Di Tebing Breksi Anda bisa melihat tambang batu eksotis yang indah dan pemandangan alam dari ketinggian.

Dengan mengunjungi Blue Lagoon saja, Anda sudah bisa mengunjungi dua sirkuit lain yang letaknya berdekatan. Jadi bagi Anda yang memiliki budget terbatas tetap bisa bermain dan menikmati suasana khas Yogyakarta.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Laguna BiruKredit Gambar: Instagram Dhe Dhaa

Lokasi tempat wisata ini berada di wilayah Sawah, Wedomartani, di Ngemplak, Sleman. Aksesnya mudah dan Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju tempat wisata Blue Lagoon.

Jika Anda datang dari ibu kota Yogyakarta, Anda hanya membutuhkan waktu 45 menit untuk sampai ke sana jika menggunakan kendaraan roda dua. Anda bisa sampai di sana dengan mengikuti panduan berikut.

  • Dari titik nol kilometer, Anda bisa berjalan menuju Jln Mayor Suryotomo, lalu belok kiri menuju Jalan Mataram.
  • Dari Jalan Mataram, cukup ikuti jalan menuju Jalan Mas Suharto Jambu lalu belok kiri.
  • Setelah belok kiri Anda akan menuju Jalan Tukangan, lurus terus hingga mencapai Jalan Yos Sudarso.
  • Jika Anda sudah memasuki Jalan Yos Sudarso, untuk menuju kawasan wisata ini Anda hanya perlu mencari perempatan dan berbelok ke kanan, menuju Jalan Faridan Siswaan Noto.
  • Sesampai di sana, belok kiri ke Jalan Suroto dan lewati Gramedia Sudirman.
  • Anda akan menuju Jln Cik Dik Tiro dan menemukan bundaran UGM, jika langsung menuju Jalan Kaliurang.
  • Dari jalan ini menuju ke Jln Besi Jangkang dan kemudian Jalan Raya Kemasa. Ikuti jalan tersebut hingga menemukan persilangan wisata Blue Lagoon.

Untuk memudahkan Anda menemukan tempat wisata tersebut, Anda bisa menggunakan aplikasi Maps untuk membantu Anda berkeliling.

Harga tiket masuk objek wisata

Biaya masuk ke laguna biruKredit Gambar: Info Wisata Sleman Paling Keren di Instagram

Untuk tiket masuk, Anda hanya perlu membayar 10.000 rupee untuk masuk. Dengan harga tiket, Anda dapat menikmati pemandangan alam serta pemandian yang tersedia, Anda juga dapat mandi di waktu luang Anda.

Selain tiket masuk, Anda juga harus memperhitungkan biaya parkir. Untuk parkir motor, harganya hanya 2000 rupiah. Untuk parkir, Anda hanya perlu membayar 5.000 rupee. Ada juga persewaan alat renang di Blue Lagoon Jogja yang bisa Anda sewa.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Blue Lagoon

Aktivitas Menarik Blue LagoonKredit Gambar: Instagram Mingfadz

Ada banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di tempat wisata ini, antara lain:

1. Bermain air

Anda bisa bermain air dengan berenang di Blue Lagoon atau musim semi tersedia di sana. Airnya adalah air murni tanpa campuran bahan kimia berbahaya, sehingga aman untuk tubuh.

Ada beberapa tempat wisata air yang bisa Anda kunjungi seperti air terjun mini dan bendungan. Anda yang ingin mencoba berselancar bisa datang ke bagian bendungan dan mengambil beberapa perlengkapan untuk disewa.

2. Santai dan makan kuliner

Jika tidak ingin berenang, Anda juga bisa bersantai di gazebo yang disediakan. Di tempat wisata ini, Anda juga bisa menikmati berbagai produk kuliner yang dijual oleh masyarakat setempat. Kulinernya tentu memiliki cita rasa kental khas Jogja.

Untuk mendapatkan makanan atau minuman gratis tersebut, Anda bisa langsung mendatangi stand makanan yang menjualnya. Ada beberapa gazebo yang juga bisa Anda gunakan untuk bersantai dan menikmati makanan sambil menghirup udara segar.

3. Pergi lompat tebing

Di sekitar Blue Lagoon Jogja ada tempat lompat tebing yang cukup tinggi, biasanya digunakan oleh anak-anak muda setempat untuk bermain sambil menunjukkan kepiawaian berenang. Anda juga bisa langsung mencobanya, asalkan benar-benar menguasai olahraga renang.

Loncat tebing adalah kegiatan melompat dari ketinggian, sering kali dari batu yang menonjol di dalam sungai, dan kemudian jatuh ke air. Tentunya kegiatan ini menguji adrenalin para wisatawan yang melintas.

4. Perjalanan dengan kapal

Kegiatan menarik di Blue LagoonKredit gambar: Instagram Samuel Rachmat Subekti

Selanjutnya adalah boat ride yang merupakan atraksi permainan baru yang dimiliki oleh atraksi ini. Anda akan naik perahu kecil dan segera diajak ke kawasan wisata.

Untuk sesi naik perahu, Anda hanya perlu membayar biaya sebesar Rs 30.000 untuk satu orang. Tentunya Anda harus mencoba atraksi permainan ini, untuk melihat lebih langsung betapa indahnya Blue Lagoon dari atas kapal.

5. Ambil Selfie

Rasanya belum lengkap jika tidak berfoto selfie saat berkunjung ke tempat wisata alam Sleman ini. Ada beberapa spot selfie yang sudah disiapkan untuk dikunjungi wisatawan yang semuanya aman dan bisa digunakan secara gratis.

Tentunya Anda akan mendapatkan foto-foto yang menarik, karena tempat-tempat seperti selfie yang disediakan menekankan kedekatan manusia dengan alam. Bahan yang digunakan untuk tempat wisata ini adalah bambu dan kayu, dengan penutup jerami.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Laguna BiruKredit Gambar: Instagram Mengajar JOGJA

Saat Anda berkunjung ke Blue Lagoon, jangan khawatir, karena sudah ada fasilitas wisata yang cukup lengkap, antara lain:

1. Parkir mobil luas

Anda bisa mendapatkan tempat parkir yang luas jika berkumpul dalam kelompok besar. Tempat parkir mobil yang luas ini juga aman karena dijaga oleh petugas parkir masyarakat setempat. Anda dapat meninggalkan mobil atau sepeda motor Anda di sana tanpa khawatir.

2. Kamar mandi

Kamar mandi merupakan hal yang lumrah di tempat wisata, anda juga bisa menggunakannya saat berkunjung ke tempat wisata ini. Ada banyak kamar mandi yang tersedia dan dapat digunakan oleh semua pengunjung.

3. Ruang ganti

Jika pakaian yang Anda kenakan basah dan ingin diganti, Anda bisa pergi ke ruang ganti. Ruang ganti yang ada dipisahkan berdasarkan jenis kelamin, sehingga tidak akan ada percampuran antara perempuan dan laki-laki.

4. Masjid

Bagi yang beragama Islam, kawasan wisata ini juga menawarkan mushola untuk beribadah. Anda juga bisa menggunakan masjid ini sebagai tempat peristirahatan setelah selesai sholat.

Demikian berbagai informasi menarik tentang Blue Lagoon Jogja, bagi anda yang berkunjung ke Yogyakarta jangan ragu untuk mampir dan menikmati keindahan tempat wisata alam yang megah ini. Cukup dengan bujet yang terjangkau, Anda sudah menikmati keindahan wisata alam khas pedesaan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button