Eksotik! 9 Tempat Wisata di Banyuwangi Yang Memanjakan Mata - WisataHits
Jawa Timur

Eksotik! 9 Tempat Wisata di Banyuwangi Yang Memanjakan Mata

menjawab Banyuwangi adalah kabupaten terbesar di provinsi Jawa Timur dengan banyak tempat yang indah dan eksotis. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak tempat wisata di Banyuwangi yang terlalu buruk.

Terletak di ujung provinsi Jawa Timur, kota ini merupakan penghubung antara pulau Jawa dan Bali. Maka tidak heran jika kedua kota ini memiliki sedikit kemiripan dalam hal tradisi dan seni.

Tempat wisata di Banyuwangi tidak kalah menarik dari Bali. Destinasi yang ditawarkan juga beragam, mulai dari dataran rendah, dataran tinggi, pegunungan hingga pantai yang eksotis.

Selain itu, ada juga tempat wisata sejarah dan situs warisan budaya kuno lainnya. Dengan keindahan alam dan budayanya yang beragam, tak heran jika Banyuwangi dijuluki sebagai “Sunrise of Java”.

Tertarik mengunjungi kota berjuluk The Sunrise of Java ini? Di bawah ini telah kami rangkum sejumlah tempat wisata di Banyuwangi yang eksotis dan enak dipandang mata.

1. Kawah Ijen

img_title

Kawah Ijen. (Foto: freepik/memory)

Kawah Ijen merupakan salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang paling populer di kalangan wisatawan domestik maupun mancanegara. Objek wisata ini dinyatakan sebagai Cagar Biosfer oleh UNESCO pada tahun 2016.

Tempat wisata seluas 2.560 hektar ini terletak di puncak Gunung Ijen di Kecamatan Licin, Banyuwangi. Keindahan api biru di tempat ini menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Blue Fire adalah fenomena unik hasil pembakaran gas belerang yang keluar dari celah gunung berapi Ijen yang bersuhu hingga 600 derajat Celcius. Fenomena ini adalah yang terbesar di dunia dan satu-satunya tempat lain di dunia di mana fenomena ini terjadi adalah di Gunung Dallol di Ethiopia.

Selain itu, objek wisata ini juga terkenal dengan kawah hijaunya yang terkenal dan aktivitas penambangan belerangnya. Oleh karena itu, aktivitas hiking di sini tidak disarankan untuk lansia, ibu hamil dan berbagai kondisi medis lainnya.

2. Kantor Benculuk

img_title

Kantor Benculuk. (Foto: pegipegi.com)

Biro Benculuk sebenarnya adalah kawasan hutan lindung milik Biro Perhutani. Kawasan ini banyak ditumbuhi pohon trembesi berukuran besar dan terlihat sangat unik.

Dulu kawasan ini terlihat sangat seram karena tidak terawat, namun sejak pemerintah Banyuwangi melakukan penataan ulang, kantor Benculuk kini menjadi salah satu tempat wisata alam yang paling estetis.

Kantor Benculuk juga memiliki kemiripan dengan lokasi trilogi Lord of the Rings. Mengunjungi destinasi wisata ini seperti melangkah ke dunia peri atau peri hutan seperti yang dirasakan oleh Frodo Baggins dan kawan-kawan.

Jika Anda menyukai fotografi, maka sangat cocok untuk mengunjungi tempat ini pada sore hari saat matahari bersinar melalui celah-celah pohon Trembesi. Karena suasana ini akan menciptakan panorama yang eksotis dan misterius

3. Taman Nasional Baluran

img_title

Taman Nasional Baluran. (Foto: Javatravel.net)

Objek wisata lain yang tak kalah populer di Banyuwangi adalah Taman Nasional Baluran. Lokasi yang pernah menjadi video klip Raisa berjudul Falling Heart ini menampilkan pemandangan sabana Afrika.

Di tempat ini, Anda tidak hanya bisa menikmati sabana ala Afrika, tetapi juga bertemu satwa liar seperti rusa lucu dan berfoto dengan pemandangan magis sabana Bekol hingga singgah di Pantai Barma yang tidak jauh.

Jika beruntung, Anda bisa bertemu dengan satwa liar, termasuk rusa, yang sangat menarik untuk difoto.

4. Cincin poni di bawah air

img_title

Bang cincin di bawah air. (Foto: holidayyuk.co.id)

Tempat wisata di Jawa Timur ini menjadi spot populer bagi para penyelam. Suaka terumbu karang ini memiliki taman bawah laut yang sangat menawan. Tempat wisata ini tercipta berkat kerja keras para nelayan setempat.

Bangsring Underwater atau sering disingkat Bunder sebenarnya merupakan wisata alam yang berbasis perlindungan terumbu karang. Ada terumbu karang alami dan ada juga terumbu karang buatan.

Terletak di Kecamatan Wongsoroje, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, tempat wisata ini menawarkan berbagai fasilitas mulai dari pendopo, penyediaan alat snorkeling, kamera bawah air hingga perburuan tahan air.

Ada juga tempat di mana Anda bisa menyewa olahraga air seperti kano dan banana boat. Selain itu, ada juga persewaan perahu tradisional bagi wisatawan yang ingin melanjutkan wisata ke Pulau Tabuhan.

5. Pantai Pulau Merah

img_title

Pantai Pulau Merah. (Foto: wisatainfo.com)

Tempat wisata di Banyuwangi yang menarik selanjutnya adalah Pantai Pulau Merah. Tidak jauh dari pantai terdapat pulau kecil dengan bukit tinggi yang tanahnya berwarna merah.

Pulau merah bisa dicapai dengan berjalan kaki saat laut surut untuk dijelajahi wisatawan.

Selain pulau yang unik ini, Pantai Pulau Merah juga terkenal dengan pasirnya yang halus sehingga cocok untuk bermain. Pantai ini juga terkenal bagi para peselancar atau penggemar selancar karena ombaknya yang menggulung indah.

Pantai ini terletak di Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur. Di pantai ini juga terdapat pura tempat umat Hindu melakukan kebaktian atau upacara Mekiyis.

6. Teluk Hijau

img_title

Green Bay. (Fotobanyuwangi.net)

Green Bay atau Teluk Hijau adalah teluk dengan air berwarna biru kehijauan yang indah dan pasir putih yang lembut. Teluk ini diapit oleh area hijau yang menambah keindahan panorama yang indah.

Tidak hanya itu, teluk ini juga diberkahi dengan deretan pepohonan hijau yang menangkap keindahan pemandangan dan memanjakan mata.

Karena objek wisata ini terletak di Taman Nasional Meru Betiri, kemungkinan besar Anda akan bertemu dengan monyet liar di pantai. Jadi, pastikan barang bawaan Anda aman!

7. Pantai Sukamade

img_title

Pantai Sukamade. (Foto: Pantainia)

Tempat wisata lain yang juga bisa Anda kunjungi di dekat Taman Nasional Meru Betiri adalah pantai Sukamade. Pantai ini dikenal sebagai tempat penangkaran penyu. Hampir setiap malam penyu dewasa berhenti di pantai dan mengubur telurnya.

Sementara itu, bayi penyu biasanya muncul dari telur yang terkubur di pagi hari dan berjuang untuk sampai ke laut. Ini akan menjadi perasaan magis bagi wisatawan untuk menyaksikan prosesnya.

8. Pantai Plengkung

img_title

Pantai Plenkung. (Foto: brobali.com)

Pantai Plengkung merupakan salah satu tempat wisata di Banyuwangi yang terkenal di kalangan peselancar se-Indonesia. Karena pantai di Jawa Timur ini merupakan salah satu pantai terbaik di dunia untuk lokasi selancar profesional.

Berkat ombak besar dan gulungannya, tempat ini berada di urutan teratas daftar pantai yang wajib dikunjungi bagi pecinta selancar. Bahkan, ombak di Pantai Plengkung hampir menyamai Hawaii dalam hal berselancar.

Ombak raksasa di Pantai Plengkung juga memungkinkan para peselancar untuk berlatih tuberiding, istilah dalam berselancar ketika peselancar menaiki busur ombak. Tak heran, kompetisi selancar internasional kerap digelar.

9. Pantai Wedi Ireng

img_title

Pantai Wedi Ireng. (Foto: getlost.id)

Wisata Banyuwangi selanjutnya adalah Pantai Wedi Ireng. Pantai ini sangat dekat dengan Pantai Pulau Merah, sehingga sangat baik untuk dikunjungi jika ingin melakukan wisata pantai dan mengunjungi beberapa pantai dalam waktu yang bersamaan.

Meski tempatnya agak sulit dijangkau, rasa lelah Anda akan terbayar di sana. Karena Anda akan disuguhkan panorama yang menakjubkan dan memanjakan mata.

Perairan pantai yang berwarna biru kehijauan dengan pepohonan hijau di sekelilingnya memberikan kesan keindahan tersendiri, yang bisa Anda nikmati saat membutuhkan tempat untuk menyejukkan diri.

Sisi timur pantai ini juga memiliki ombak yang lebih besar sehingga cocok untuk berenang atau berselancar.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button