Candi Prambanan, candi megah dan terbesar di Asia Tenggara yang legendaris - WisataHits
wisatahits

Candi Prambanan, candi megah dan terbesar di Asia Tenggara yang legendaris

Candi Prambanan, sebuah kuil Hindu legendaris dengan kisah cinta abadi. Ppeninggalan sejarah teragung dan terbesar di Asia Tenggara, kekayaan budaya Indonesia diakui oleh UNESCO.

Harga tiket: Rp20.000, Jam operasional: 06.30-17.00 WIB, Alamat: Jl.Raya Solo-Yogyakarta No.16, Kranggan, Bokoharjo, Kec. Prambanan, Kab. Sleman, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Candi Prambanan merupakan salah satu peninggalan zaman Hindu. Bangunannya juga sangat indah dan bahkan banyak orang menyebutnya sebagai salah satu candi terindah di Sleman. Apalagi candi ini juga menyimpan cerita sejarah yang sangat menarik.

Saat ini, candi ini digunakan sebagai tujuan wisata. Tak heran jika orang ingin berlibur di gedung tersebut karena pemandangannya yang sangat indah dan memiliki nilai sejarah yang bisa dipelajari. Pemerintah setempat pun mendukung tempat ini sebagai tempat wisata dan selalu memperhatikan kondisi bangunannya.

Banyak informasi yang bisa digali dari salah satu peninggalan sejarah yang tak ternilai harganya ini. Berikut beberapa hal yang perlu Anda ketahui tentang Candi Prambanan.

objek wisata candi prambanan

Tempat Wisata Candi PrambananKredit gambar: Google Maps Olov Strong

Sebagai destinasi wisata yang sudah dikenal banyak orang, tempat wisata ini tentunya memiliki banyak kelebihan. Berikut adalah beberapa atraksi dari candi yang menakjubkan ini.

1. Memiliki Nilai Historis Yang Sangat Tebal

Candi ini memiliki cerita sejarah yang menarik. Candi ini dibuat atas permintaan Rara Jonggrang yang ingin membangun seribu candi dalam waktu yang cukup singkat yaitu satu malam. Permintaan ini ditujukan kepada Bandung Bandawasa yang ingin melamar Rara Jonggrang.

Bandung Bandawasa mampu menyelesaikan aplikasi tersebut. Namun usahanya digagalkan oleh Rara Jonggrang. Mengetahui hal tersebut, Bandung Bandawasa marah dan mengutuk wanita tersebut menjadi arca terakhir di candi. Kemudian muncul patung yang menyerupai sosok wanita.

Ceritanya sangat menarik dan banyak orang yang ingin mengetahui bukti fisik dari cerita tersebut secara langsung. Oleh karena itu, tidak sedikit orang yang ingin berlibur ke tempat ini. Kisah cinta Rara Jonggrang dan Bandung Bandawasa sangat melegenda dan dikenal hingga saat ini.

2. Pemandangan yang sangat bagus

Pemandangan dari tempat wisata ini memang tidak bisa dipungkiri. Anda akan diperlihatkan seribu candi megah yang memiliki pesona keindahan yang berbeda-beda. Tempat wisata ini juga cukup luas, Anda mungkin membutuhkan waktu seharian untuk menjelajahi tempat ini.

3. Pertunjukan yang menarik

Banyak acara yang diselenggarakan di tempat wisata ini. Pada beberapa hari Anda bisa melihat pertunjukan tari yang dibawakan oleh para penari tradisional yang sudah memiliki sepak terjang tinggi. Selain itu, Anda juga bisa melihat Prambanan Jazz Festival yang selalu berlangsung setiap tahun. Acara ini sangat bergengsi di kalangan anak muda.

Alamat dan rute menuju lokasi candi

Alamat Candi PrambananKredit gambar: Google Maps

Tempat wisata ini cukup mudah ditemukan. Lokasinya sendiri tidak jauh dari jalan raya Jogja – Solo. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat untuk sampai ke tempat ini. Lokasi tempat wisata ini berada di Desa Bokoharjo, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta. Dibutuhkan waktu sekitar 15 menit untuk sampai ke tempat wisata ini.

Jika Anda pergi ke candi ini dengan bus, jalannya tidak akan terlalu sulit. Anda dapat menggunakan bus dengan rute Jogja – Solo. Bus akan melewati Candi Prambanan sehingga Anda bisa meminta untuk turun di candi saat sudah tiba.

Jika Anda datang dari luar kota dan menggunakan pesawat, gunakan pesawat yang akan diturunkan di Bandara Adi Sumarmo Solo. Setibanya di bandara, Anda bisa menggunakan taksi untuk menuju lokasi candi ini.

Jika menggunakan kendaraan pribadi, berangkatlah dari pusat kota Jogja demi kenyamanan Anda. Anda bisa langsung menuju jalan raya Jogja – Solo. Berkendara ke timur sampai Anda menemukan lampu lalu lintas. Kemudian belok kiri dan Anda akan menemukan candi.

Harga Tiket Masuk Candi Prambanan

Harga Tiket Masuk Candi PrambananKredit Gambar: Taman Wisata Candi Prambanan Instagram

Pengelola tempat wisata ini mengenakan biaya untuk masuk ke tempat wisata ini. Harganya cukup mahal. Untuk wisatawan Indonesia akan dikenakan tarif sekitar Rp 50.000. Sedangkan wisatawan asing akan dikenakan tarif sekitar Rp 400.000 atau USD 25.

Anda juga harus membayar di beberapa fasilitas umum yang disediakan. Salah satunya adalah parkir jika membawa kendaraan sendiri. Biaya parkir kendaraan roda dua kurang lebih Rp 3.000.000,00 dan untuk kendaraan roda empat kurang lebih Rp 10.000. Tingkat keamanannya juga sangat terjamin, jadi Anda tidak perlu khawatir.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Candi Prambanan

Aktivitas Candi PrambananKredit Gambar: Google Maps Be .U

1. Beli oleh-oleh

Anda dapat menemukan banyak toko oleh-oleh di kawasan candi Prambanan. Anda dapat membeli berbagai suvenir lokal di sana. Harganya relatif murah, jadi kamu bisa membeli barang-barang sebanyak-banyaknya sebagai oleh-oleh. Souvenir yang bisa Anda temukan seperti gantungan kunci, kaos, miniatur candi, gelang dan lain-lain.

Anda juga bisa mengunjungi toko-toko non-cinderamata yang mudah ditemukan di kawasan ini. Anda bisa mengunjungi warung makan atau penjual yang menjual berbagai makanan dan minuman lokal yang lezat.

2. Mengenal Sejarah Candi Prambanan

Tentu saja, Anda bisa mendapatkan berbagai pengetahuan tentang sejarah candi saat Anda berlibur di tempat ini. Anda dapat melihat semua peninggalan di candi secara langsung. Bahkan, Anda juga bisa melihat langsung peninggalan yang menceritakan kisah cinta Roro Jonggrang dan Bandung Bandawasa.

3. Belajar di Museum

Tidak jauh dari lokasi candi, Anda dapat menemukan museum yang bangunannya masih kental dengan adat Jawa. Di tempat ini, Anda bisa belajar tentang sejarah Candi Prambanan dari buku-buku yang disediakan. Anda juga bisa bertanya kepada sesepuh yang mengetahui sejarah candi sejak lama.

4. Saksikan pertunjukan tari

Jika Anda sedang berlibur di musim kemarau, Anda bisa menyaksikan pertunjukan tari yang sangat menarik. Nama pertunjukannya adalah Sendratari Ramayana. Biasanya acara ini bisa ditemui pada malam hari sekitar pukul 20.00-22.00 WIB. Pertunjukan ini berlangsung di panggung terbuka Trimurti jika tidak hujan.

Dengan menyaksikan pertunjukan ini, Anda juga dapat turut mendukung pelestarian budaya ini, karena seniman Indonesia yang membawa budaya lokal cukup sulit ditemukan. Anda juga dapat mengajak anak-anak Anda untuk mengenal budaya tersebut agar dapat diwariskan kepada generasi muda.

5. Pengalaman menonton film 4D

Meski dikenal sebagai tempat wisata dengan nilai sejarah yang kaya, Anda tetap bisa menemukan wahana dengan teknologi canggih seperti film 4D ini. Anda hanya perlu membayar sekitar Rp 35.000,00 sekali untuk menonton. Anda akan dibekali dengan kacamata 4D sehingga Anda bisa menonton film dengan kualitas yang sangat enak dipandang mata.

6. Bersepeda

Area candi sangat luas sehingga jalan di sana cukup untuk mengangkut banyak orang. Oleh karena itu, banyak orang yang memanfaatkan kemudahan ini untuk bersepeda. Jika Anda tidak membawa sepeda, Anda bisa menyewanya dengan harga sekitar Rp 20.000,00.

7. Panahan

Salah satu olahraga yang cukup menarik untuk dicoba adalah panahan. Anda juga dapat berlatih olahraga ini di kuil yang indah ini. Kamu hanya perlu membayar Rp 20.000 untuk 12 kali tembakan panahan. Harganya cukup murah untuk merasakan pengalaman memanah di tempat bersejarah ini. Anda juga akan dibimbing jika masih belum bisa.

8. Kunjungi taman bermain

Ada taman bermain yang bisa kamu kunjungi saat bosan. Biasanya area ini digunakan untuk keluarga. Banyak anak kecil suka bermain di tempat ini. Ada beberapa wahana umum seperti ayunan, ayunan, gazebo dan lain-lain. Meski tempat ini tidak terlalu istimewa, masih banyak wisatawan yang menyebut taman ini sebagai rumah.

9. Berburu Foto

Aktivitas ini sebaiknya Anda lakukan saat sedang berlibur di tempat wisata sejarah ini. Ada banyak tempat yang bisa Anda potret dan abadikan dalam sebuah foto. Oleh karena itu, banyak pengunjung yang sering berfoto di tempat ini baik untuk keperluan bisnis maupun pribadi.

10. Beri makan rusa

Salah satu hal yang cukup unik di tempat wisata ini adalah rusa. Sangat jarang ditemukan hewan, terutama rusa di tempat yang dikenal memiliki banyak sejarah seperti candi ini. Pengelola menawarkan pengunjung kesempatan untuk memberi makan rusa. Cukup membayar Rp 2000,00 Anda sudah bisa memberi makan rusa.

11. Menikmati matahari terbenam

Momen sunset memang paling dicari oleh para wisatawan. Akan sangat menarik untuk melihat matahari terbenam di salah satu kuil terindah di dunia. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang menunggu saat ini untuk menyaksikan keindahan matahari terbenam dari Candi Prambanan secara langsung.

12. Lihat Festival Jazz Prambanan

Tentu saja, festival musik bergengsi ini sudah dikenal sebagian orang di Indonesia. Selama acara ini, Anda akan menyaksikan pertunjukan musik jazz oleh musisi jazz terkenal Indonesia dan asing. Pertunjukan ini sangat populer dan banyak orang menantikannya setiap tahun.

Saat acara ini berlangsung, Anda dapat menonton siaran musik selama beberapa hari. Biasanya acara akan berlangsung selama 2-3 hari. Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan lapak jajanan yang ada selama acara ini berlangsung. Acara ini biasanya berlangsung dari siang hingga sore hari.

Fasilitas yang ada di Candi Prambanan

Fasilitas Candi PrambananKredit gambar: Google Maps Bernard Baliadvisor

Fasilitas yang disediakan pengelola tempat wisata ini cukup lengkap. Ada beberapa fasilitas umum yang bisa Anda temukan seperti mushola, food court, gazebo, toilet, tempat parkir yang luas, golf cart dan lain-lain. Anda juga bisa memanfaatkan jasa pemandu jika Anda masih asing dengan kawasan ini.

Kualitas dan pelayanan tempat wisata candi prambanan ini juga cukup baik. Pihak manajemen dan pemerintah setempat telah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik agar tempat wisata ini dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada wisatawan, karena tidak hanya wisatawan domestik saja yang berkunjung.

Beberapa informasi di atas bisa Anda jadikan referensi atau referensi jika ingin berlibur ke pura terindah ini. Sangat menyenangkan menghabiskan liburan di tempat dengan banyak sejarah seperti ini. Oleh karena itu, Anda wajib mengunjungi tempat bersejarah ini. Bermain sambil belajar di Candi Prambanan adalah pilihan terbaik untuk liburan keluarga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button