Museum Ranggawarsita: Pemandangan, Tiket Masuk, dan Jam Buka Semua - WisataHits
Jawa Tengah

Museum Ranggawarsita: Pemandangan, Tiket Masuk, dan Jam Buka Semua

KOMPAS.com – Museum Ranggawarsita terletak di Jalan Abdulrahman Saleh No. 1 Semarang Jawa Tengah.

Lokasi Museum Ranggawarsita berada tepat di sebelah bundaran Kalibanteng. Museum ini juga terletak di dekat Bandara Ahmad Yani Semarang.

Museum Ranggawarsita merupakan museum yang menyimpan benda-benda bersejarah terlengkap di Jawa Tengah.

Keberadaan Museum Ranggawarsita sebagai tujuan wisata sekaligus sebagai lembaga pendidikan.

Museum Ranggawarsita

Atraksi Museum Rangawarsita

Pembangunan fisik Museum Ranggawarsita dimulai sekitar tahun 1977. Pembangunan dilakukan secara bertahap hingga tahun 1989.

Museum Ranggawarsita dibangun dengan standar museum Asia Tenggara.

Luas bangunan sekitar 8.438 meter persegi dan terdiri dari paviliun, gedung pertemuan, perpustakaan, gedung pameran tetap, laboratorium, perkantoran dan lain-lain.

Museum Ranggawarsita adalah museum umum yang mengoleksi berbagai artefak yang ditemukan terutama di Jawa Tengah.

Artefak-artefak ini berasal dari zaman prasejarah hingga saat ini, beberapa artefak tersebut merupakan koleksi yang sangat baik.

Baca Juga: Museum Ranggawarsita Menjaga Pamor Sejarah dan Memperkenalkan Logam Kuno dan Kontemporer

Isi Museum Ranggawarsita

Museum Ranggawarsita memiliki sekitar 59.810 koleksi.

Berbagai peninggalan menjadi koleksi utama museum ini, seperti keris, piring antik, ornamen mantingan, gading gajah, jolotigo ganesha, wonoboyo, arca khudu, cetakan mata uang dan arca Buddha dengan prasasti.

Selain koleksi utama, ada koleksi lainnya. Koleksi ini dikelompokkan berdasarkan jenisnya.

Setiap kelompok koleksi ditempatkan di ruangan yang sama atau di ruangan yang berbeda.

Tampilan baru Museum Ranggawarsita Sabrina Mutiara Fitri Tampilan baru Museum Ranggawarsita

Gedung A di lantai dasar menampung koleksi geologi dan alam. Objek dalam koleksi ini adalah batubara, batuan mineral, batuan sedimen, batuan metamorf, batuan beku, batuan mulia, dan batuan piroklastik.

Gedung A di lantai dua menampung “Jawa Tengah pada Zaman Dagang” yang koleksinya meliputi rempah-rempah, replika perahu atau perahu nelayan, dan manik-manik.

Di lantai satu Gedung B, pengunjung disuguhkan koleksi zaman prasejarah yang terdiri dari arca, arca, fosil dan peninggalan lainnya.

Gedung B lantai dua berisi koleksi berupa diorama masyarakat Jawa Tengah yang berdagang gerabah atau gerabah pada zaman dahulu.

Gedung C di lantai satu menampung peninggalan sejarah budaya Islam dan benda-benda dari zaman sejarah ketika penjajah menguasai Indonesia, khususnya Jawa.

Koleksi yang disimpan antara lain replika Menara Kudus, Masjid Agung Jawa Tengah, diorama peristiwa anti kolonial, senjata perang, dan lukisan pahlawan.

Gedung C di lantai dua menyimpan produk budaya di Jawa Tengah, seperti replika rumah joglo, alat pertanian (alat penggilingan tebu, bajak padi), alat maritim (perahu nelayan dari kayu, jaring ikan, tombak), dan alat tradisional Jawa. diorama dapur.

Gedung D di lantai pertama menampung Seni dan Budaya Jawa Tengah di mana koleksi ini disusun berdasarkan tempat tinggal di Jawa Tengah.

Baca Juga: Mengunjungi Museum Ranggawarsita, Rumah Ribuan Koleksi Boneka

Berbagai koleksi berupa alat musik tradisional seperti gambang, gamelan, siter, bundengan, calung dan berbagai alat musik tradisional lainnya.

Lalu ada replika pakaian adat Jawa dan wayang.

Koleksi yang bertempat di lantai dua Gedung D ini terdiri dari pertunjukan wayang kulit khas Jawa Tengah, lengkap dengan gamelan dan replika dalang.

Replika lain yang dipamerkan antara lain Nini Thoweng, empat Punakawan dan pertunjukan khas Barongan oleh Blora.

Museum Ranggawarsita juga menyimpan koleksi kerajaan dari zaman kerajaan seperti B. Perhiasan logam dan emas disimpan di Ruang Emas.

Tiket masuk Museum Ranggawarsita

Untuk pengunjung yang ingin menikmati koleksi Museum Ranggawarsita dikenakan biaya masuk sebesar Rp 4.000 untuk dewasa dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

Jam buka Museum Ranggawarsita

Museum Ranggawarsita buka dari hari Selasa hingga Kamis mulai pukul 08.00 hingga 15.00 dan Jumat hingga Minggu mulai pukul 08.00 hingga 14.00.

Museum tutup setiap hari Senin dan hari libur nasional.

Sumber:

tribunjatengwiki.tribunnews.com

jatengprov.go.id

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button