Bidan di Magelang cegah stunting dengan pijat bayi - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Bidan di Magelang cegah stunting dengan pijat bayi – Solopos.com

Bidan di Magelang cegah stunting dengan pijat bayi – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Bidan Desiana Trisni dari Magelang. (Spesial)

Solopos.com, MAGELANG — Bidan Desiana Trisni dari Neny Baby Spa memberikan materi pijat bayi untuk menekan keterlambatan tumbuh kembang.

Materi pelatihan ini merupakan bagian dari pelatihan dan seminar bertajuk “Memaksimalkan ASI dan merangsang pertumbuhan dan perkembangan pada bayi dan anak kecil untuk menekan retardasi pertumbuhan’ yang berlangsung pada Senin (09/01/2023) di Desa Salaman, Magelang, Jawa Tengah.

Jangan lewatkan promo menariknya, Mercedes-Benz punya promo akhir tahun yang menarik

Dalam pelatihan tersebut, bidan Desiana menjelaskan bahwa stunting merupakan masalah kesehatan yang membuat pertumbuhan dan perkembangan fisik anak kurang optimal.

Stunting disebut juga dengan pertumbuhan terhambat, yang ditandai dengan tinggi badan anak yang berada di bawah atau di bawah standar usia.

Beriklan dengan kami

Kondisi ini juga ditandai dengan panjang bayi baru lahir yang tidak mencapai 48 cm dengan berat badan kurang dari 2,5 kg. Stunting terjadi karena kurangnya asupan makanan dan akses yang buruk terhadap makanan.

Stunting menimbulkan banyak masalah pada anak, baik pada masa pertumbuhan maupun sesudahnya. Konsekuensi kesehatan dari stunting adalah gagal tumbuh, yang menghambat perkembangan kognitif dan motorik anak.

Efek lainnya adalah gangguan metabolisme pada usia dewasa. Gangguan metabolisme ini membuat anak berisiko terkena penyakit tidak menular seperti diabetes, obesitas, stroke, penyakit jantung, dll.

Di Indonesia, stunting masih menjadi masalah kesehatan yang harus dihadapi. Berdasarkan hasil Indonesian Diet Case Study 2021 (SSGI), prevalensi stunting di Indonesia sebesar 24,4%. Angka itu turun 3,3% dari tahun 2019 yang sebesar 27,7%.

Meski angka stunting menurun, pemerintah tetap menganggap angka stunting masih tinggi karena World Health Organization (WHO) menargetkan angka stunting tidak lebih dari 20%. Oleh karena itu, pemerintah menargetkan untuk menurunkan angka stunting menjadi 14% pada tahun 2024.

Beriklan dengan kami

Pijat Bayi StuntPelatihan dan seminar dilaksanakan pada Senin (09/01/2023) di Desa Salaman, Magelang, Jawa Tengah. (Spesial)

Seminar dan pelatihan yang disponsori oleh Doodle Exclusive Baby Care ini diikuti oleh 56 peserta yang terdiri dari ibu hamil dan ibu dengan anak kecil. Acara dibagi menjadi dua sesi, yaitu pemberian materi berupa seminar dan sesi pelatihan.

Menurut bidan Desiana, pijat bayi merupakan salah satu cara yang dapat digunakan masyarakat untuk mencegah stunting pada anak.

Terapi pijat dapat merangsang pertumbuhan dan perkembangan bayi dengan merangsang efek biokimia dan fisiologis.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa berat badan bayi bertambah setelah dipijat. Selain itu, bayi yang dipijat memiliki durasi tidur yang baik yaitu lebih dari 14 jam (Caroline et al., 2020).

Jika durasi tidur bayi tercukupi maka akan mempengaruhi pertumbuhan dan perkembangannya, karena pertumbuhan dan perkembangan bayi yang optimal terjadi pada saat tidur.

Beriklan dengan kami

Manfaat lainnya adalah pijat bayi dapat mengurangi ketegangan otot dan menenangkan emosi bayi. Sentuhan selama pemijatan mengirimkan informasi ke sistem saraf pusat dan dengan demikian berdampak besar pada perkembangan fisik dan pertumbuhan serta perkembangan bayi. Teknik memijat bayi khusus untuk memaksimalkan nafsu makan bayi seiring pertumbuhannya.

Selain itu, bidan Desiana memberikan materi “The Miracle of Baby Massage” yang memiliki banyak manfaat untuk menemani tumbuh kembang bayi.

Bidan Desiana menjelaskan bahwa pijat bayi memiliki manfaat yang luar biasa seperti: Seperti memperkuat ikatan bayi dengan orang tua, menenangkan bayi dan ibu, meningkatkan kualitas tidur bayi, meningkatkan daya tahan tubuh atau imun tubuh, menenangkan bayi, mengatasi sembelit dan perkembangan otak serta mengganggu.

Doodle Exclusive Baby Care Minyak TelonPerawatan bayi Eksklusif Doodle.

Doodle Exclusive Baby Care merupakan brand nasional yang juga berkomitmen memberikan produk terbaik sepanjang tumbuh kembang bayi dan anak.

Mengingat tingginya angka stunting di Indonesia, Doodle Exclusive Baby Care yang dikenal dengan produk andalannya Minyak Telon Doodle bekerja sama dengan para ahli seperti bidan untuk bergabung dalam upaya pemerintah memaksimalkan tumbuh kembang anak.

Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung visi pemerintah dalam menurunkan angka stunting di Indonesia. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mengedukasi warga sekitar tentang pengertian stunting, khususnya mengedukasi bapak-bapak tentang edukasi stunting dan tahapan pencegahannya.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini dapat mengedukasi orang tua dan calon orang tua tentang kesehatan bayi, sehingga orang tua dan calon orang tua yang teredukasi dapat terus berbagi informasi dengan orang-orang disekitarnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button