Info, tempat, harga dan rute - WisataHits
Jawa Tengah

Info, tempat, harga dan rute

Museum Kereta Api Indonesia (Museum Kereta Api Indonesia) atau yang lebih dikenal dengan Museum Kereta Api Ambarawa adalah bekas stasiun kereta api yang sekarang diubah menjadi museum dan objek wisata.

Dikutip dari situs Warisan.kai.idbangunan ini didirikan Nedherlandsch Indian Spoorweg Maatschappij (NISM) dan diresmikan pada tanggal 21 Mei 1873 kemudian disebut Stasiun Willem I. Stasiun ini juga berfungsi sebagai jalur angkutan barang ekspor dan angkutan militer di sekitar Jawa Tengah.

Setelah dinonaktifkan pada tahun 1976, Stasiun Ambarawa diubah menjadi museum kereta api oleh Gubernur Jawa Tengah saat itu Soepardjo Rustam. Orang-orang dapat mengunjungi museum ini dan bepergian dengan kereta api dengan lokomotif uap atau diesel antik melalui jalur PP Ambarawa-Tuntang.

Merencanakan perjalanan akhir pekan ke Museum Kereta Api Ambarawa? Berikut informasi lengkap untuk dijadikan panduan liburan Anda.

1. Lokasi, jam buka dan harga tiket

Museum Kereta Api Ambarawa: info, lokasi, harga, rute dan tipsPotret Museum Kereta Api Ambarawa (heritage.kai.id)

Lokasi: Jalan Stasiun Nomor 1, Panjang Kidul, Panjang, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah 50614

Waktu aktif: setiap hari pukul 08.00-16.00 WIB

Biaya masuk:

  • Dewasa dan pelajar Rp 20.000 per orang
  • Anak-anak (3-12 tahun) dan pelajar Rp 10.000 per orang
  • turis asing Rp 30.000 per orang

Tarif KA wisata Ambarawa-Tuntang PP: IDR 100.000 per orang (dari anak-anak 3 tahun hingga dewasa)

2. Rute ke Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa: info, lokasi, harga, rute dan tipsPotret kereta wisata Ambarawa-Tuntang PP (heritage.kai.id)

Cara termudah menuju Museum Kereta Api Ambarawa dari Jakarta, Surabaya atau Yogyakarta adalah melalui pintu tol Bawen. Berikut rutenya:

  • Keluar dari Tol Bawen menuju lampu merah – belok kanan dan langsung ambil jalur kiri menuju Terminal Bawen – belok kiri dan ikuti jalan hingga pertigaan Tugu Palagan Ambarawa – belok kiri dan ikuti jalan tersebut hingga sampai di Museum Kereta Api Ambarawa.

3. Kegiatan yang dapat dilakukan Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa: info, lokasi, harga, rute dan tipsPotret kereta wisata Ambarawa-Tuntang PP (heritage.kai.id)

Lanjutkan membaca artikel berikut

Favorit Editor

Daya tarik utama di Museum Kereta Api Ambarawa adalah naik kereta wisata Ambarawa-Tuntang PP. Kereta ini menggunakan lokomotif diesel antik dan tiga kereta penumpang kayu.

Wahana kereta wisata hanya buka pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, dengan jadwal menyesuaikan dengan keadaan rangkaian kereta. Tiket kereta api bisa dibeli langsung (pergi menunjukkan) di loket yang tersedia di area museum mulai pukul 08.00 WIB.

Jika naik kereta ini, Anda akan diajak menelusuri jalur kereta api bekas dari Ambarawa ke Tuntang. Sepanjang perjalanan ada pemandangan persawahan, pegunungan dan perbukitan yang memanjakan mata.

Museum Kereta Api Ambarawa: info, lokasi, harga, rute dan tipsPotret Museum Kereta Api Ambarawa (instagram.com/na.tha.sya)

Selain naik kereta wisata, Anda juga bisa menjelajahi museum. Beberapa bagian dinding luar museum memiliki foto Stasiun Ambarawa di masa lalu.

Anda juga dapat melihat beberapa lokomotif yang beroperasi pada masa kolonial dan berfoto di dekatnya. Bagian stasiun juga rapi, bangunannya kokoh meski berusia hampir dua abad, dan ada pameran berbagai jenis teknologi dan peralatan kereta api yang digunakan.

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Dekat Stasiun Bandung yang Didominasi Tempat Ikonik

4. Fasilitas yang bisa dinikmati di Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa: info, lokasi, harga, rute dan tipsPotret lokomotif di Museum Kereta Api Ambarawa (heritage.kai.id)

Selain kereta wisata dan museum, juga terdapat berbagai fasilitas di kompleks Museum Kereta Api Ambarawa yang menunjang kenyamanan pengunjung. Ada tempat parkir yang luas untuk kendaraan, toilet, mushola, jalur khusus untuk pengguna kursi roda, ruang audiovisual, dan troli perpustakaan.

5. Tips Mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa

Museum Kereta Api Ambarawa: info, lokasi, harga, rute dan tipsPotret kereta wisata Museum Kereta Api Ambarawa (pesona.travel)

Ada beberapa tips penting yang perlu diperhatikan saat mengunjungi Museum Kereta Api Ambarawa, antara lain:

  1. Pastikan Anda memiliki vaksin Covid-19, setidaknya vaksin kedua. jika sudah pemacu tentu lebih baik.
  2. Selalu pakai masker, jaga jarak di area museum dan sering cuci tangan dengan air atau sabun pensanitasi tanganApalagi setelah menggelar berbagai lembaga publik.
  3. Kenakan pakaian yang nyaman mulai dari pakaian, sepatu, topi, dll. Hal ini agar Anda bisa bebas berkeliaran menjelajahi kawasan ini.
  4. Ajak teman atau keluarga untuk bergiliran berfoto keren di setiap sudut museum.
  5. Patuhi segala aturan dan petunjuk yang ada, terutama saat menaiki kereta wisata, agar perjalanan Anda aman dan menyenangkan.
  6. Anda wajib ikut menjaga ketertiban dan kebersihan lingkungan dan fasilitas selama berada di kawasan museum.

Itulah informasi lengkap mengenai Museum Kereta Api Ambarawa, mulai dari lokasi, rute, harga, rekomendasi aktivitas dan tips yang perlu diperhatikan jika Anda memiliki rencana liburan ke sana.

Jangan lupa untuk selalu menggunakan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah ya? Selamat berlibur!

Baca Juga: 10 Restoran Dekat Stasiun Lempuyangan, Dari Lotek Sampai Bubur Manado

Source: www.idntimes.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button