Ledakan Rob Rusak Tanggul dan Hancur Tegakan di Pesisir Cilacap, Apa Penanggulangannya? - WisataHits
Jawa Tengah

Ledakan Rob Rusak Tanggul dan Hancur Tegakan di Pesisir Cilacap, Apa Penanggulangannya?

Plt Bupati Cilacap Yunita Dyah Suminar mengatakan, diperlukan langkah serius untuk mengantisipasi dampak banjir pesisir atau gelombang pasang yang kerap melanda Pantai Sodong, Desa Karangbenda, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Meninjau dampak banjir pantai di Pantai Sodong, Desa Karangbenda, Kecamatan Adipala, bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (forkompimda) Kabupaten Cilacap, Bupati menerima informasi pada Senin sore bahwa daerah itu telah disertai gelombang tinggi dua kali dalam sebulan bisa banjir.

“Ketinggian air bisa mencapai 5 meter, sehingga masuk ke pemukiman,” ujarnya yang juga Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Tengah ini dikutip dari Antara. Di antara.

Karena Pantai Sodong juga merupakan tempat wisata, menurutnya kondisi ini cukup berbahaya.

Terkait hal itu, ia mengatakan, pihaknya bersama Forkompimda akan melakukan upaya pencegahan air laut masuk ke pemukiman, khususnya kawasan wisata, saat gelombang tinggi dan pasang maksimum.

“Tadi informasi dari DPSDA (Badan Pengelola Sumber Daya Air) menyebutkan anggaran yang diajukan Rp 600 miliar tapi disetujui Rp 100 miliar, salah satunya untuk (pembangunan) pemecah gelombang,” katanya.

Ia mengaku sebenarnya ada semacam bendungan di Pantai Sodong yang digunakan untuk menahan ombak. Namun, jika tidak kuat menahan ombak, air laut tetap akan merembes ke kawasan wisata dan pemukiman, katanya.

“Jadi, kalau tidak ditangani secara mendasar, tidak akan selesai,” kata perempuan yang akrab disapa Ninit itu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button