Biaya hidup mahasiswa di Depok dan Bogor, ini kisaran per sisi bulan semua - WisataHits
Jawa Barat

Biaya hidup mahasiswa di Depok dan Bogor, ini kisaran per sisi bulan semua

Biaya hidup mahasiswa di Depok dan Bogor, ini kisaran per sisi bulan semua

KOMPAS.com – Depok dan Bogor merupakan dua kota yang kerap dipadati oleh mahasiswa yang menempuh pendidikan tinggi. Ada banyak perguruan tinggi di Depok dan Bogor.

Kota Depok juga dikenal sebagai kawasan yang nyaman. Terletak di Jawa Barat, kota metropolitan ini memiliki banyak kelebihan seperti fasilitas umum yang lengkap, pusat pendidikan yang lengkap dan banyak fasilitas wisata untuk rekreasi. Sedangkan Bogor dikenal dengan udaranya yang sejuk dan biaya hidup yang murah.

Namun, calon mahasiswa yang menempuh pendidikan tinggi di Depok dan Bogor harus mempertimbangkan biaya hidup di dua kota tersebut.

Baca Juga: Berapa Biaya Hidup Mahasiswa di Surabaya dan Malang? Ini kisarannya

Biaya hidup tentu menjadi salah satu prioritas dalam hal biaya perumahan, biaya makan, biaya kebutuhan sehari-hari dan biaya transportasi.

Supaya lebih tahu dan mempersiapkan diri, terutama biaya hidup.

Berikut rangkuman Kompas.com tentang kisaran biaya hidup mahasiswa di Depok dan Bogor yang dipublikasikan situs Universitas Indonesia (UI) dan Institut Pertanian Bogor (IPB).

Biaya hidup mahasiswa di Depok

Ada banyak perguruan tinggi negeri dan swasta di Depok. Karena itu, kota yang terletak di kawasan metropolitan raya ini menjadi salah satu tujuan banyak orang untuk menimba ilmu, terutama di tingkat perguruan tinggi.

Beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di wilayah Depok yaitu Universitas Indonesia, Politeknik Negeri Jakarta, Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta, Politeknik Imigrasi, Jakarta Global University, Universitas Gunadarma dan sebagainya.

Baca Juga: 5 Kota dengan Biaya Hidup Rendah bagi Pelajar di Indonesia

Dijuluki “Kota Belimbing”, tempat itu diperkirakan memiliki biaya hidup yang cukup mahal. Namun, hal ini tergantung dari pola dan gaya hidup masing-masing orang.

Namun, biaya hidup dan kebutuhan setiap orang berbeda. Anda dapat menyesuaikan keadaan keuangan Anda.

Menurut situs resmi UI, wisma di kawasan Depok berkisar antara Rp 500.000 hingga Rp 1.500.000 untuk mahasiswa, sedangkan apartemen studio harganya minimal Rp 2.000.000.

Biaya konsumsi sekarang juga tergolong berbeda. Misalnya, mahasiswa UI bisa membeli bahan makanan di Warteg terdekat, kantin di kampus, bahkan menu restoran.

Untuk menghindari biaya konsumsi dan lebih murah, mahasiswa dapat membeli makanan mulai dari Rp12.000 hingga Rp25.000 di warung seperti nasi goreng, nasi padang, bakso, gado-gado, nasi uduk, nasi kuning dan lain-lain.

Transportasi dan akses ke kampus bisa menggunakan kereta listrik (KRL), Transjakarta, transportasi on line, dan pangkalan ojek. Jika Anda belajar di UI, tersedia Bus Kuning (Bikun) gratis untuk mahasiswa UI selama jam kerja.

Oleh karena itu, bisa dikatakan kisaran biaya kuliah di wilayah Depok sekitar Rp 1.700.000 hingga Rp 2.500.000 per bulan.

Baca Juga: Berapa Biaya Hidup Mahasiswa di Sumut Sumbar? Kisaran ini per bulan

Demi mencari tambahan penghasilan, wawasan, keterampilan dan jaringan, banyak mahasiswa di Depok yang mencari pekerjaan paruh waktu seperti menjadi bekerja sendiri.

Biaya hidup mahasiswa di Bogor

Bogor terkenal sebagai salah satu tujuan wisata yang jauh dari hiruk pikuk kehidupan Jakarta. Selain itu, Bogor juga menjadi salah satu tujuan pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Terdapat beberapa perguruan tinggi negeri dan swasta di Bogor seperti IPB, Universitas Bina Sarana Informatika (BSI), Kampus Cilebut, Universitas Djuanda (Unida), Universitas Pakuan (Unpak), Politeknik AKA Bogor dan lain-lain.

Biaya hidup di kota “Hujan” relatif lebih murah dibandingkan Depok. Dengan meluncurkan situs IPB, mahasiswa di Bogor bisa bertahan hidup dengan kisaran biaya Rp 1.000.000 hingga Rp 2.000.000 per bulan.

Baca Juga: 6 Kota Dengan Biaya Hidup Rendah, Saran Belajar di Luar Negeri

Biaya tersebut meliputi biaya makan sehari-hari, biaya akomodasi, biaya transportasi, komunikasi dan hiburan.

Biaya makan sekitar Rp300.000 hingga Rp500.000 per bulan. Siswa dapat memilih jenis dan harga makanan, mis. B. mereka lebih memilih makanan dari warung dengan harga sekitar Rp.

Biaya akomodasi berkisar antara Rp 250.000 hingga Rp 1.000.000 per bulan. Mahasiswa yang memilih kuliah di IPB bisa tinggal di asrama dalam kampus untuk tahun pertama, namun bisa mencari kost di luar kampus untuk tahun kedua.

Makanan berkisar antara Rp 250.000 hingga Rp 1.000.000 namun tergantung fasilitas yang disediakan. Ada juga wisma yang bisa disewa setengah tahun, sekitar Rp 2.000.000 hingga Rp 6.000.000, atau setahun sekitar Rp 3.500.000 hingga Rp 12.000.000.

Baca juga: Kampus Mengajar Batch 5 Dibuka, Ada Biaya Hidup, UKT dan 20 SKS

Sarana transportasi yang digunakan mahasiswa di Bogor cukup banyak dan lancar mulai dari ojek, angkutan umum hingga taxi atau ojek. on line.

Demikian gambaran biaya hidup mahasiswa di Depok dan Bogor. Informasi ini dapat menjadi referensi bagi anda yang ingin melanjutkan pendidikan di kota ini.

dapatkan pembaruan pesan yang dipilih dan berita terkini setiap hari dari Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update” caranya klik link lalu gabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button