Tuah Ing Ampel Denta, Pemenang Lomba Desain Kawasan Wisata Religi - WisataHits
Jawa Tengah

Tuah Ing Ampel Denta, Pemenang Lomba Desain Kawasan Wisata Religi

JawaPos.com- Berbekal riset dan referensi sejarah, tim Tolu membuat desain wisata religi Sunan Ampel dengan tema Tuah Ing Ampel Denta. Konsep tersebut ditetapkan oleh Pemprov DKI sebagai pemenang pertama lomba desain kawasan pengembangan pariwisata lampu lalu lintas.

Lomba desain kawasan pengembangan pariwisata lampu lalu lintas itu selesai pekan lalu. Dari puluhan konsep tersebut, dipilih lima desain untuk memasuki tahap evaluasi akhir. Kemarin (23 Agustus) Pemprov DKI menetapkan dan menganugerahkan tiga pemenang.

Tim Tolu dari Surabaya terpilih sebagai juara pertama. Swallow Team 01 dari Surabaya menempati posisi kedua dengan judul Ampel Connecting Hub Design. Juara ketiga adalah Tim Merapi dari Semarang melalui karyanya yang berjudul Wana Alit Ampel Denta.

Anggota tim Tolu, Adhitya Wira Ekaraga, mengatakan Tuah Ing Ampel Denta menceritakan pribadi Sunan Ampel yang gigih menyebarkan Islam di Ampel. Desain bangunan dikandung untuk menarik inspirasi dari warisan budaya. “Kemudian ada RT dan ruang terbuka hijau (RTH) yang kita tekankan,” ujarnya.

Irvan Wahyudradjad, Kepala Bidang Perumahan Rakyat dan Permukiman dan Pertanahan (DPRKPP) Surabaya, mengatakan desain tersebut akan dipadukan dengan konsep pembangunan lampu lalu lintas yang dirancang oleh pemerintah kota.

“Ini merupakan bentuk keterbukaan Pemkot untuk memperkuat peran anak muda. Sehingga apa yang ada di Surabaya dapat mengikuti perkembangan zaman masyarakat saat ini,” ujarnya.

Irvan menambahkan, revitalisasi kawasan traffic light saat ini sedang dicicil. Namun, hanya perbaikan kecil. Seperti peningkatan trotoar pejalan kaki dan Pusat Wisata Kuliner (SWK).

Untuk pesanan besar, dianggarkan untuk tahun depan. “Karena pembangunan ini juga membutuhkan dana yang besar. Jadi kalau ada investor, bisa lebih cepat. Sekaligus menunggu RPH dipindahkan dulu,” jelasnya.

Sementara itu Walikota Surabaya Eri Cahyadi menyatakan bahwa Surabaya memiliki talenta muda yang luar biasa di bidang arsitektur. Kedepannya, pihaknya akan terus menggelar berbagai kompetisi untuk membuat wajah Surabaya semakin kekinian.

“Karena saya tidak hanya ingin membangun Surabaya sesuai dengan ide-ide Pemprov DKI. Kami memiliki partner dan orang-orang berbakat dengan daya kreatif yang sangat tinggi,” ujarnya usai penyerahan penghargaan kepada pemenang.

Source: www.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button