Pameran Haji dan Umrah terbesar akan berlangsung akhir tahun ini, Catat Tanggalnya - WisataHits
Yogyakarta

Pameran Haji dan Umrah terbesar akan berlangsung akhir tahun ini, Catat Tanggalnya

TEMPO.CO, jakarta – Masyarakat yang berencana menunaikan ibadah haji atau umrah dapat menemukan berbagai referensi dari pameran yang satu ini. Pameran tersebut merupakan Indonesia Destination and Travel Halal atau Isra Festival 2022, pameran haji dan umrah terbesar pasca pandemi Covid-19.

Festival Isra akan digelar mulai 23 hingga 25 Desember 2022 di Hall A Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta. “Festival Isra 2022 kami harapkan menjadi pilihan bagi pengunjung untuk mendapatkan informasi yang lengkap tentang haji dan umrah, karena saat ini terkadang banyak informasi tentang haji dan umrah, namun informasi tersebut tidak valid,” ujar International Exhibition Director Tray Bambang Setiawan selaku Promotor, Rabu 14 Desember 2022.

Traya Ekibisi Internasional menggandeng Himpunan Penyelenggara Umroh dan Haji (Himpuh) untuk menyelenggarakan pameran tersebut. Topik yang dipilih adalah wisata ramah Muslim.

Bambang mengatakan, tema tersebut dipilih mengingat wisata halal semakin meningkat dari tahun ke tahun. Berdasarkan laporan Global Muslim Travel Index (GMTI) 2022 oleh Mastercard dan Crecent Rating, wisatawan muslim yang berwisata diperkirakan mencapai 140 juta pada tahun 2023 dan 160 juta pada tahun 2024.

Peluang ini, kata Bambang, harus dimanfaatkan oleh penyelenggara industri wisata halal dalam dan luar negeri untuk mendongkrak perekonomian, khususnya bagi pengusaha lokal. “Makanya juga akan dipajang di pameran dagang IF 2022 Bepergian Haji dan Umrah sahabat Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) Multi Produk akan mendukung acara ini, karena setiap kali kita bepergian, kita pasti membutuhkan banyak pernak pernik, baik dari fashion, dapur, aksesoris, jamu dan lain sebagainya. ” dia berkata.

Aneka stan dari perusahaan travel dan UMKM

Selama Festival Isra 2022 akan ada sekitar 110 stan yang dapat dikunjungi pengunjung. Stand diisi oleh perusahaan Bepergian Haji dan Umrah, Akomodasi Haji atau Halal, Perjalanan Muslim, Transportasi, Makanan Halal, Aksesoris Bepergianaplikasi Bepergian Halal, produk keuangan syariah, industri pendukung (FMCG/Fast Moving Consumer Goods, Kuliner, Herbal/Medis, Kosmetik, Fashion, dll), komunitas, pemerintah daerah/kota dan kedutaan negara yang dekat dengan negara muslim.

Untuk wisata halal, ada 10 besar destinasi ramah Muslim yang ditawarkan di dalam dan luar negeri. Negara ramah Muslim di luar negeri termasuk Malaysia, Arab Saudi, Turki, Uni Emirat Arab, Qatar, Iran, Bahrain, Singapura, dan Uzbekistan. Ada juga 10 di atas Muslim ramah Negara tujuan Non-OIC (Organization of Islamic Cooperation), yaitu Singapura, Taiwan, Thailand, Inggris, Hong Kong, Jepang, Afrika Selatan, Filipina, AS, dan Australia.

“Kami berharap bisa menjaring 30.000 pengunjung dengan rata-rata 10.000 kunjungan per hari selama tiga hari penyelenggaraan acara,” ujar Bambang.

Sekretaris Jenderal Himpuh Muhammad Firman Taufik mengatakan Festival Isra 2022 merupakan dorongan strategis untuk membuktikan bahwa penyelenggara haji dan umrah tetap eksis, bertahan dan berkembang di masa pandemi Covid-19. “Penyelenggara umrah dan haji memiliki produk lain yaitu wisata halal yang akan membawa wisatawan ke destinasi halal di dalam dan luar negeri dengan mengedepankan keramahan muslim,” ujarnya.

Baca juga: 6 restoran bersertifikat Halal di Australia

Selalu update informasi terbaru. Tonton breaking news dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus menginstal aplikasi Telegram terlebih dahulu

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button