Berkemah di Ranu Regulo tidak lagi gratis, harus membeli tiket - WisataHits
Jawa Timur

Berkemah di Ranu Regulo tidak lagi gratis, harus membeli tiket

Berkemah di Ranu Regulo tidak lagi gratis, harus membeli tiket

KOMPAS.com – Wisatawan yang ingin berkemah di kawasan wisata Ranu Regulo, Ranu Pani, Lumajang, Jawa Timur kini akan dikenakan biaya Rp 19.000 mulai Sabtu (21/01/2023).

“(Tarifnya) Rp 19.000, rinciannya Rp 10.000 untuk tiket masuk kawasan, Rp 5.000 untuk kegiatan dan Rp 4.000 untuk asuransi,” kata Kepala Bidang Pengelolaan Taman Nasional Wilayah 2 Lumajang, Wisnu. Utoro. Kompas.com pada Senin (23/01/2023).

Wisnu mengatakan bahwa penerapan wisata berkemah dibayar telah direncanakan sebelumnya. Namun saat itu belum terealisasi karena kurva turis masih turun.

Setelah melihat banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Ranu Regulo dan untuk menghindari kecelakaan yang tidak diinginkan, ada akses berbayar ke Ranu Regulo mulai Sabtu (21/1/2023).

Baca juga:

“Kuotanya per hari 50 tenda, artinya ada sekitar 100 pengunjung. Padahal, rumus kami adalah 30 tenda, dengan asumsi satu tenda berisi dua orang dan sisanya adalah turis yang tidak. berkemah,” dia berkata.

Wisatawan yang ingin berkemah di kawasan Ranu Regulo dapat membeli tiket langsung di tempat.

Pembelian tiket, kata Wisnu, masih dilakukan dengan sistem luring karena aplikasi pemesanan untuk sistem on line masih dalam tahap pembaruan.

“Boleh (beli tiket) di hari H, tapi kalau penuh (di kawasan Ranu Regulo) akan kami pindahkan ke kawasan lain di Ranu Pani,” kata Wisnu.

Perlu diketahui bahwa kawasan Ranu Pani bukan merupakan kawasan perkemahan, melainkan kawasan untuk lapangan Keluarga tamu.

Penyediaan fasilitas penyewaan peralatan berkemah

Wisnu mengatakan, masyarakat di Desa Ranu Pani juga menawarkan fasilitas persewaan peralatan berkemah bagi wisatawan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button