Berita Terkini: Penjelasan Biaya Haji Naik Karena Arab Pangkas Biaya Paket, Erick Thohir Ungkap Kesengsaraan Hukum BUMN - WisataHits
Jawa Tengah

Berita Terkini: Penjelasan Biaya Haji Naik Karena Arab Pangkas Biaya Paket, Erick Thohir Ungkap Kesengsaraan Hukum BUMN

Berita Terkini: Penjelasan Biaya Haji Naik Karena Arab Pangkas Biaya Paket, Erick Thohir Ungkap Kesengsaraan Hukum BUMN

TEMPO.CO, jakarta – Berita bisnis dan ekonomi terkini Tempo.co yang banyak dibaca pada Senin 23 Januari 2023 merupakan penjelasan mengenai alasan usulan Kementerian Agama menaikkan biaya haji tahun ini meski pemerintah Arab Saudi telah menurunkan tarif biaya haji. paket haji. Berikutnya adalah kabar Menteri BUMN Erick Thohir yang membongkar persoalan hukum di BUMN.

Berita bisnis lain yang banyak dibaca adalah terkait hasil survei Lembaga Survei Indonesia (LSI) bahwa masyarakat masih mengharapkan subsidi meski pemerintah mencabut pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM). Kemudian kabar tentang kunjungan Presiden Joko Widodo dan keluarganya ke Solo Safari yang akan menjadi destinasi wisata baru. Berikutnya adalah berita riset rantai pasok Indonesia yang menyebutkan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) sebagai satu-satunya kementerian yang memiliki rantai pasok dan sistem logistik barang yang baik.

Berikut rekap berita terkini malam ini.

1. Usulan kenaikan biaya haji jika Arab Saudi memangkas harga paket, berikut pernyataan Kemenag

Kementerian Agama (Kemenag) menyebut pemerintah Arab Saudi telah menghitung paket layanan haji akan turun sekitar 30 persen pada 2023 dibanding harga 2022. Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Hilman Latief menjelaskan yang diturunkan adalah oleh pemerintah Arab Saudi adalah paket layanan haji. “Yang dimaksud dengan paket itu adalah layanan dari tanggal 8 hingga 13 Dzulhijjah di Arafah, Muzdalifah dan Mina atau yang disebut Armuzna atau Masyair,” kata Hilman dalam keterangan tertulis, dikutip Tempo, Minggu, 22 Januari 2023.

Hilmar menjelaskan, komponen BPIH bukan hanya paket layanan haji. Biaya yang diajukan ke DPR meliputi akomodasi, konsumsi, dan transportasi selama berada di Arab Saudi. “Di luar Masyair, masa tinggal masyarakat sekitar 30 hari, baik di Mekkah maupun di Madinah. Kami menyiapkan semua pegawai,” katanya.

Berita selengkapnya dapat dibaca di sini.

2. Erick Thohir mengungkapkan permasalahan hukum di BUMN

Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan tidak akan ragu mengungkap kasus hukum di lingkungan BUMN. “Saya tidak segan-segan mendorong kasus hukum di BUMN, kasus Jiwasraya 2006 tidak pernah dilakukan, tegas tapi alhamdulillah sudah saya laporkan ke Presiden Joko Widodo dan beliau sangat mendukung,” kata Erick dalam keterangannya, Minggu di Jakarta. , 22 Januari 2023.

Erick Thohir mengoordinasikan penyidikan dugaan korupsi di BUMN dengan Kejaksaan Agung dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Erick menilai pengungkapan Jiwasraya baru permulaan karena banyak juga dana pensiun di BUMN yang bermasalah. “Sekarang kita dorong audit investasi dana pensiun BUMN yang saya lihat kemarin bukunya 35 persen sehat dan 65 persen sakit. Itu harus kita perhitungkan karena angkanya bisa sangat tinggi,” kata Erick Thohir.

Berita selengkapnya dapat dibaca di sini.

3. Jajak Pendapat LSI: Publik Masih Berharap Kesejahteraan Meski PPKM Dicabut Jokowi, Ini Penjelasannya

Lembaga Survei Indonesia (LSI) mempresentasikan temuannya terkait dampak pencabutan penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Meski sudah dicabut, masyarakat masih mengharapkan kesejahteraan (bansos). Kesimpulan dari hasil survei bertajuk “Kinerja Presiden, Pencabutan PPKM, Ketersediaan Sembako dan BBM, serta Peta Politik Terkini”, diumumkan kemarin, Minggu 22 Januari 2023 oleh LSI dalam situs resminya.

Menurut catatan LSI, 82,1 persen responden berharap pemerintah tetap memberikan bansos kepada warga yang membutuhkan, meski kebijakan PPKM telah dicabut. Hal ini terutama karena perekonomian yang dianggap belum pulih secara luas dan situasi global yang memaksa pemerintah menaikkan harga minyak pemanas (BBM) bagi warga yang berusaha pulih dari keterpurukan akibat pandemi, menjadi semakin memberatkan.

Berita selengkapnya dapat dibaca di sini.

4. Jokowi Puji Solo Safari: Meski belum selesai, sepertinya akan sangat bagus

Presiden Joko Widodo atau Jokowi optimis Solo Safari akan menjadi destinasi wisata baru di Surakarta, Jawa Tengah. “Saya lihat sangat bagus. Meski belum selesai, sepertinya akan sangat bagus dan menjadi destinasi wisata baru di kota Solo,” ujarnya dalam keterangan resmi, Senin, 23 Januari 2023.

Di sela-sela liburan bersama, Kepala Negara hari ini mengunjungi Solo Safari bersama keluarganya. Kunjungan tersebut sekaligus memenuhi undangan Walikota Surakarta Gibran Rakabuming Raka sebelumnya.

Berita selengkapnya dapat dibaca di sini.

5. SCI: Hanya Kementerian KKP yang rantai pasok bahan bakunya bagus

Ketua Supply Chain Indonesia (SCI) Setijadi mendorong kementerian untuk mulai mengembangkan rantai pasok dan sistem logistik barang sesuai ruang lingkup masing-masing. Pengembangan rantai pasok dan sistem logistik barang diperlukan agar Indonesia aman dari ancaman perlambatan ekonomi dan resesi global.

“Selama ini Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) merupakan satu-satunya kementerian yang menurunkan Sislognas (sistem logistik nasional) menjadi sistem logistik berbasis komoditas yang diamanatkan oleh peraturan menteri,” kata Setijadi dalam keterangan pers. Senin 23 Januari 2023.

Berita selengkapnya dapat dibaca di sini.

Ikuti berita terbaru Tempo di Google News, klik di sini.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button