Anggaran Pembangunan Jalur Sepeda di Tol Jogja-Solo Capai Rp 200 Miliar - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Anggaran Pembangunan Jalur Sepeda di Tol Jogja-Solo Capai Rp 200 Miliar – Solopos.com

SOLOPOS.COM – Proses pengaspalan jalan tol Semarang-Demak, Jawa Tengah. (Khusus/Kementerian PUPR)

Solopos.com, SLEMAN — Tol Jogja-Solo akan dilengkapi jalur khusus sepeda. Panjang jalur khusus sepeda di kawasan Kartasura-Purwomartani mencapai 42,38 km.

Pembangunan jalur khusus sepeda di ruas Kartasura-Purwomartani diperkirakan mencapai Rp 200 miliar.

PromosiJos! Petani dan peternak Klaten bisa menjadi pendukung kedaulatan pangan

General Manager PT JMM Land and Utilities Muhammad Amin mengatakan, desain jalur khusus sepeda yang akan melintasi Seksi 1 tol Jogja-Solo semakin disempurnakan.

Perancangan tersebut dibuat untuk memenuhi usulan dari pemerintah Kabupaten Klaten yang menginginkan adanya jalur khusus sepeda di jalan tersebut. Salah satu tujuannya adalah untuk meningkatkan potensi pariwisata dan perekonomian kotamadya.

Baca juga: Suporter PSS Sleman Meninggal Dikejar, Manajemen: Pelaku Harus Dihukum Seberat-beratnya

“Desainnya masih kasar, masih halus. Setelah desain selesai, diserahkan ke pusat. Secara lisan, pusat belum mempersoalkan rencana penambahan jalur khusus sepeda ini,” ujarnya, Minggu (28/8/2022).

Untuk perkiraan dana yang dibutuhkan jika jalur sepeda khusus ini disetujui, Amin mengatakan perkiraan dana sekitar Rp 200 miliar. Jalan sedang dibangun dari Kartasura ke Purwomartani. Kalaupun memungkinkan, akan terus berlanjut hingga Maguwoharjo.

“Ya, setidaknya jalur sepeda ini sampai ke Purwomartani atau Maguwoharjo. Jika nanti ada yang keberatan dengan desain kami akan merevisinya, jika tidak kami lanjutkan [pembangunannya]’ kata Amin.

Baca Juga: Kronologis Pengikut PSS Sleman Meninggal Dipukul Sekelompok Orang di Gamping

Amin menjelaskan, jalur khusus sepeda akan dibangun hanya di sisi kanan jalan menuju Jogja dengan lebar antara 3-5 meter dan dapat dilalui dari dua arah, baik dari Jogja maupun Solo. Namun demikian, tidak ada area tambahan yang diperlukan untuk jalur siklus khusus ini.

“Jadi jalurnya melekat pada ROW lahan yang dibebaskan. Akan ada satu setiap 5 km zona tenang apalagi jalur sepeda ini,” jelasnya.

Pesan ini diposting di Harianjogja.com dengan judul Luar Biasa! Rute Khusus Tol Jogja-Solo Seksi 1 Menghabiskan Rp 200 Miliar

Source: www.solopos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button