Berikut daftar pemenang Lomba Pasar Bersih Kabupaten Bogor Tahun 2022 - WisataHits
Jawa Barat

Berikut daftar pemenang Lomba Pasar Bersih Kabupaten Bogor Tahun 2022

Membelah


tweet

Membelah

Membelah

Surel


BOGOR-KITA.com, CIBINONG – Sebagai upaya menunjukkan dukungan Pemerintah Kabupaten Bogor terhadap keberlangsungan pasar tradisional atau pasar tradisional, serta mendorong tumbuhnya kesadaran kolektif para pengusaha pasar untuk menjaga kebersihan pasar dengan lebih nyaman dan tertib. Pemkab Bogor memberikan penghargaan kepada pemenang Lomba Pasar Bersih 2022 yang diselenggarakan pada Kamis (8/12/2022) di Ruang Serba Guna I Sekretariat Daerah.

Mewakili Plt. Bupati Bogor, Kajian Kebijakan Pokok Sekretariat Daerah Kabupaten Bogor Beni Delyuzar menjelaskan bahwa pasar rakyat memiliki keterkaitan yang erat dengan aspek sosial budaya masyarakat dengan kearifan lokal dan keunikan tersendiri, sehingga menyatu dengan kehidupan masyarakat.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Bogor, saya mengucapkan selamat kepada Kepala Unit Pasar beserta jajarannya yang meraih Juara Pasar Bersih Tingkat Kabupaten Bogor Tahun 2022. Mudah-mudahan mereka bisa terus menjaga dan meningkatkan kebersihan dan kenyamanan pasar, serta ciri khas dan keunikannya, agar mampu memegang segmen dan bersaing dengan pasar modern lainnya,” ujarnya.

Perlu diketahui bahwa 10 pasar ikut serta dalam kompetisi yaitu: Pasar Cibinong, Pasar Ciluar, Pasar Cileungsi, Pasar Cariu, Pasar Jasinga, Pasar Rumpin, Pasar Gunung Sindur, Pasar Cigombong, Pasar Ciawi dan Pasar Cisarua.

“Kami berharap kompetisi ini dapat membantu meningkatkan kesadaran kolektif para pelaku pasar untuk menjaga kebersihan pasar agar lebih nyaman dan tertib,” ujarnya.

Beberapa poin penilaian dalam kompetisi pasar bersih adalah penerapan program kesehatan, pengelolaan limbah dan sampah, toilet, penghijauan, pemeliharaan gedung, sanitasi, inovasi, pengembangan kewirausahaan dan pemberdayaan pasar, serta ketersediaan sarana dan prasarana di lingkungan pasar.

“Kami menginginkan pasar yang lebih baik di Kabupaten Bogor, untuk itu perlu adanya kepedulian pasar tentunya didukung oleh lembaga masyarakat, barang berkualitas dengan harga pasar yang lebih kompetitif,” jelasnya.

Ia juga menanyakan tentang pasar yang berada di jalur wisata dan kemungkinan akan berkembang menjadi pasar wisata di masa mendatang. Ia juga meminta para pedagang yang bekerja untuk menjaga kebersihan pasar agar masyarakat lebih tertarik untuk berbelanja di pasar tradisional. Selain itu, pasokan air pasar tradisional juga perlu dijaga kelancarannya untuk menunjang kebersihan dan kenyamanan pasar.

“Saya juga menghimbau agar pasar yang sudah bagus dan tertata rapi agar lebih baik dikelola, dirawat, lebih bersih, nyaman, lebih ramah dan juga meningkatkan kualitas dan harga barang agar semakin ramai pembelinya,” imbuhnya menambahkan.

Sementara itu, menurut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Bogor Entis Sutisna, persaingan pasar bersih tingkat Kabupaten Bogor tahun 2022 dilakukan untuk mendorong kemandirian pasar rakyat dan aktif melakukan penataan dan pengelolaan pasar yang lebih baik. Juga untuk meningkatkan motivasi pengelola perdagangan dan regulator untuk melakukan berbagai upaya untuk menciptakan pasar yang aman, tertib, nyaman dan adil.

Selain itu, kegiatan ini merupakan sarana untuk meningkatkan partisipasi seluruh pelaku pasar, saling bersinergi, menjaga eksistensi pasar rakyat.

“Sebanyak 10 unit pasar rakyat yang dipimpin oleh Perumda Pasar Tohaga Kabupaten Bogor mengikuti lomba tersebut. Pemenang kompetisi adalah 5 pasar, yaitu kategori terbaik dari yang terbaik, dua kategori infrastruktur. Kemudian kategori inovasi pasar, empat kategori kebersihan, ketertiban dan keindahan, serta kategori pengelolaan sampah,” jelasnya.

Sebagai informasi, berikut adalah daftar pemenang Kompetisi Pasar Bersih 2022
1. Terbaik dari yang terbaik: Pasar Cisarua
2. Infrastruktur terbaik: Pasar Cigombong
3. Inovasi pasar terbaik: Pasar Cibinong
4. Pengelolaan Sampah Terbaik: Pasar Ciluar
5. Kebersihan, ketertiban dan keindahan terbaik: Pasar Jasinga.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button