Indahnay Keajaiban sunset di Gunung Birah Kalimantan Selatan - WisataHits
Jawa Barat

Indahnay Keajaiban sunset di Gunung Birah Kalimantan Selatan

Bogordaily.net – Kalimantan Selatan memiliki banyak tempat yang indah. Salah satunya Gua Batu Hapu, Pulau Pamalikan, Bukit Telang, hingga Gunung Birah.

Gunung Birah merupakan salah satu ikon wisata yang digandrungi pengunjung dan pendaki. Dengan pemandangan awan yang sangat luas, tempat ini sangat cocok untuk berkemah.

Gunung Birah terletak di Desa Kandangan Lama, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Di ketinggian 367 meter di atas permukaan laut, gunung ini menawarkan pemandangan indah Pantai Tangkisun dan Pantai Batakan dari ketinggian.

Tempat pegunungan ini dapat dicapai dalam 2 jam dengan mobil atau sepeda motor dari kota. Kemudian diturunkan di perkebunan kelapa sawit warga sebelum mendaki ke puncak Gunung Birah. Harga tiket masuknya hanya berkisar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang.

Untuk menuju puncak ada 2 jalur yang bisa dilalui. Jalur pertama dalam garis lurus memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi dengan tanjakan yang terjal.

Namun, rute ekstrem ini dianggap sebagai rute yang lebih cepat yang hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam. Jika Anda berbelok ke kanan, Anda akan menemukan jalan yang cukup menyenangkan.

Jejak ini lebih mudah dan cocok untuk pemula dan pengunjung dengan kekuatan fisik yang kurang. Namun, waktu tempuhnya lebih lama, yakni 1,5 jam.

Sepanjang perjalanan Anda akan disuguhi pemandangan aliran sungai yang indah dan perbukitan menyerupai rumah Telletubies. Tidak hanya itu, jika beruntung bisa menikmati pohon mangga di sepanjang jalan menuju puncak.

Keanekaragaman flora juga menjadi daya tarik wisatawan, seperti tikar rotan ampar, bambu tamiang, bunga bangaki dan pohon palem. Selain udara yang sejuk, area berumput yang luas menanti Anda.

Setelah mencapai puncak Anda akan melihat pantai dan pulau-pulau kecil di sekitar pantai. Terutama di pagi hari saat matahari terbenam dan matahari terbit.

Pemandangan di malam hari juga sangat bagus. Bintang-bintang bisa dinikmati langsung di Gunung Birah, seperti lautan cahaya melintasi langit.

Selain pemandangan alam, beberapa hewan seperti elang, burung hantu dan tupai juga dapat ditemukan.

Pendaki dapat menikmati momen matahari terbit dan terbenam, mendaki pilihan jalur ekstrim atau menyenangkan, berkemah di puncak gunung dan menikmati pemandangan bintang malam.***

Sumber: Travel Yuk

Source: bogordaily.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button