Bekerjasama dengan BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika, XL Axiata mendukung pemerintah dalam perluasan jaringan telekomunikasi - WisataHits
Jawa Barat

Bekerjasama dengan BAKTI Kementerian Komunikasi dan Informatika, XL Axiata mendukung pemerintah dalam perluasan jaringan telekomunikasi

Jakarta (ANTARA) – PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) berkomitmen mendukung program pemerintah dengan berpartisipasi dalam penyebaran ekonomi digital di wilayah-wilayah garda terdepan melalui perluasan dan penguatan lebih lanjut jaringan telekomunikasi.

“Berbagai inisiatif dan upaya peningkatan kualitas jaringan yang telah dilakukan dapat membantu untuk semakin meningkatkan kebutuhan gaya hidup digital masyarakat Indonesia,” ujar Director & Chief Technology Officer XL Axiata I Gede Darmayusa dalam Konferensi Pers Virtual di Jakarta, Kamis.

Perusahaan ini menawarkan layanan telekomunikasi bekerja sama dengan Badan Telekomunikasi dan Akses Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika. pita lebar 4G untuk 132 desa di Sumatera dengan kategori daerah terdepan, terluar dan tertinggal (3T).

Baca Juga: Traffic Data XL Axiata di Jawa Timur Naik 29 Persen

Sedangkan untuk wilayah non-3T, perusahaan telah memberikan pelayanan yang berkoordinasi dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika pita lebar 4G di 285 dari 861 desa di Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Timur, Kalimantan dan Sulawesi. Pembangunan seluruh kawasan non-3T yang termasuk dalam komitmen Perseroan diharapkan selesai pada akhir tahun 2022.

Perusahaan juga menata ulang teknologi 3G-nya (Matahari terbenam) untuk meningkatkan jaringan dan kualitas layanan pita lebar. Hal ini juga dimaksudkan untuk mendukung kebijakan pemerintah tentang efisiensi spektrum untuk jaringan data. Hingga akhir semester pertama tahun 2022, 343 kota/kabupaten telah menghentikan layanan 3G dan menambah 15 persen kapasitas LTE.

Seiring dengan aktivitas 3G matahari terbenam Selain itu, pihaknya juga telah mengaktifkan layanan Suara melalui Evolusi Jangka Panjang/ Tegangan. Trafik data dari layanan VoLTE tumbuh sekitar 60 persen pada tahun 2021, dan pertumbuhan penggunaan yang cukup pesat ini juga menunjukkan semakin meningkatnya kenyamanan pelanggan dengan layanan VoLTE yang antara lain didukung oleh kualitas jaringan yang semakin meningkat.

Untuk meningkatkan ketersediaan jaringan 4G, upaya perusahaan antara lain memperluas jangkauan jaringan 4G untuk menjangkau lebih banyak populasi di kota/kabupaten di seluruh tanah air dengan menambah BTS 4G LTE900.

Baca Juga: Perusahaan Telekomunikasi Tawarkan Layanan Gratis kepada Warga Terdampak Bencana Semeru

Hingga saat ini, XL Axiata telah memperluas jaringan 4G ke 463 kota dengan didukung oleh sekitar 88.000 BTS 4G VoLTE. Sekitar 46% BTS XL Axiata menggunakan kabel serat optik sepanjang hampir 130.000 kilometer di seluruh Indonesia. Pada 2022, XL Axiata menargetkan penambahan 12.000 BTS LTE900 di 343 kota.

Mengacu pada kesiapan jaringan telekomunikasi untuk menghadapi KTT G20 di Bali akhir tahun ini, Gede mengatakan perusahaan telah menjadikan Bali sebagai tempat khusus bahkan sebelum kegiatan G20 berlangsung. “Sebagai objek wisata internasional yang banyak dikunjungi wisatawan, perseroan telah menyiapkan Bali untuk jaringan telekomunikasi yang baik,” ujarnya.

Hingga saat ini, jaringan XL Axiata telah menjangkau 34 provinsi. Beberapa jaringan telah merambah dan melayani daerah-daerah terpencil dan berada di perbatasan negara. Total lebih dari 149.000 BTS, termasuk 88.000 BTS 4G, dan jaringan fiber lebih dari 130.000 kilometer, mendukung kekuatan jaringan XL Axiata untuk melayani sekitar 57 juta pelanggan di berbagai wilayah Indonesia.


 

Source: jatim.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button