Seru! Kawasan Opaque Groundsill menjadi tujuan wisata baru - WisataHits
Jawa Tengah

Seru! Kawasan Opaque Groundsill menjadi tujuan wisata baru

Harianjogja.com, JOGJA — wilayah gundukan kecepatan Berbagai pohon seperti Bisbul dan Kepel tumbuh di kawasan Candi Prambanan. Selain menjaga konservasi air, penghijauan juga dilakukan untuk mendukung destinasi wisata baru tepi sungai Sungai Prambanan yang buram.

Kepala BBWS Serayu Opak Dwi Purwantoro mengatakan penanaman pohon merupakan salah satu langkah menjaga badan air dan lingkungan, khususnya di wilayah tersebut. gundukan kecepatan.

Pembangunan speed bump bertujuan untuk mengontrol ketinggian dasar sungai, mengamankan Jembatan Jalan Nasional Jogja-Solo dan jembatan yang menghubungkan kawasan Candi Prambanan.

“Dengan menanam pohon bisbul dan kepel, kami berharap dapat bersama-sama dilestarikan sehingga dapat tumbuh dan bermanfaat bagi lingkungan, baik untuk menyimpan cadangan air maupun menjaga persediaan air tanah,” ujarnya Kamis (12/1/2022).

BACA JUGA: Itulah tempat-tempat wisata perbukitan di jogja. Yang mana favoritmu?

Impuls tersebut diadakan dalam rangka memperingati Hari Pelayanan Pekerjaan Umum ke-77. Pembangunan Groundsill Sungai Opak telah diselesaikan oleh BBWS Serayu Opak dan saat ini sudah selesai. Menurut Dwi, pengembangan tersebut termasuk menata wisata Tepian Sungai Prambanan untuk meningkatkan potensi wisata yang ada di kawasan Candi Prambanan.

“Kami melakukan pengembangan tepi sungai sebagai pengembangan dan menambah estetika kawasan candi Prambanan. Kami sedang menambah bibit pohon dan berharap dalam 20 sampai 30 tahun ini akan membawa manfaat lingkungan dan sosial,” harapnya.

dia menjelaskan, gundukan kecepatan dibangun selama delapan bulan dengan anggaran Rp 48 miliar. Total panjang sungai yang akan dibenahi pada tahun 2022 adalah 900 meter di kedua sisinya, untuk tembok penahan guna melindungi kawasan wisata Candi Prambanan.

Selain itu, ada usulan rencana pengelolaan untuk bagian hulu sepanjang 600 meter yang akan dilaksanakan pada tahun 2023. “Sengaja kami desain secara estetis agar menjadi destinasi yang menarik untuk dinikmati masyarakat.” Nantinya PT Taman Wisata Candi akan merawat dan memeliharanya. Kami berharap kehadiran kami dapat dirasakan di masyarakat,” harapnya.

Direktur Operasi dan Pengembangan Infrastruktur PT TWC Mardijono Nugroho memuji upaya BBWS Serayu Opak dalam menjaga dan melestarikan kawasan Prambanan.

adanya gundukan kecepatan Kawasan Opaque akan menjadi destinasi dengan nilai tambah tepi sungai terletak di Candi Prambanan. “Tentunya ini akan menambah nilai bagi komunitas travel. Terutama di kawasan pariwisata nasional yang strategis dan penting. Wisatawan bisa menikmati destinasi tersebut di pagi atau sore hari,” ujarnya.

DIDUKUNG:

Kisah dua brand kecantikan lokal yang diuntungkan Tokopedia: Duvaderm dan Guele

Lihat berita dan artikel lainnya di Google Berita

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button