Banyan Park, tempat terbaik untuk bersantai bersama keluarga di Medan - WisataHits
wisatahits

Banyan Park, tempat terbaik untuk bersantai bersama keluarga di Medan

Banyan Park, tempat terbaik untuk bersantai bersama keluarga di Medan
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Jendral Sudirman No.41, Anggrung, Kec. Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara; Kasus: Verifikasi lokasi

Taman Beringin, masyarakat Medan pasti sangat mengenal namanya. Termasuk obyek wisata alternatif, tempat ini tidak pernah sepi pengunjung setiap harinya. Letaknya yang strategis dan berada di pusat kota membuatnya semakin ramai. Selain itu, banyak atraksi yang digelar mulai dari keindahan alam hingga suasana yang segar dan asri.

Padahal, kali ini bukan tempat wisata, melainkan fasilitas umum yang dibangun pemerintah. Tujuan dibangunnya taman ini tidak lain adalah untuk penghijauan. Di tengah padat dan tercemarnya kota Medan, ruang terbuka hijau atau RTH seperti ini sangat dibutuhkan.

Setiap harinya, pengunjung yang merupakan warga sekitar selalu memadati setiap sudut dengan aktivitasnya masing-masing. Ada orang tua yang mengajak anaknya bermain di taman sambil piknik. Di sisi lain, para pemuda dan pemudi tampak sibuk dengan ponselnya berfoto selfie dari berbagai sudut.

Atraksi Taman Beringin

Atraksi Taman BeringinKredit gambar: Twitter Didi Vollet

Tak lepas dari daya tariknya adalah suasana ramai dan riuh yang ditemui setiap hari di Taman Beringin. Lokasinya cukup luas, tata letak dan desainnya sangat rapi. Tidak hanya itu, tentunya masih banyak tempat wisata yang harus anda ketahui sebelum berkunjung.

1. Sejarah Taman Beringin

Meski bukan menjadi daya tarik utama, tidak ada salahnya untuk mengetahui sejarahnya terlebih dahulu. Keberadaan taman ini bermula dari kedatangan konsul Amerika untuk Sumatera Utara. Tujuannya untuk menyepakati beberapa kerjasama yang akan dilakukan di Kota Medan. Taman yang juga sering disebut Taman Sudirman ini kemudian dijadikan sebagai bukti persahabatan.

Maka jangan heran jika saat berkunjung Anda menemukan prasasti batu yang ditandatangani oleh kedua belah pihak. Taman Beringin tepatnya diresmikan pada tahun 2014, namun saat itu masih dalam bentuk aslinya. Tiga tahun kemudian, tepatnya tahun 2017, PT Unilever Indonesia mendesain ulang.

Rekonstruksi ini juga bertujuan untuk menambah beberapa fasilitas umum yang direncanakan. Selain itu, beberapa lokasi dilengkapi dengan area bermain anak yang lebih dikenal dengan nama taman bermain. Jenis tanaman tidak lepas dari perhatian, saat ini sudah banyak pohon dan tanaman hias yang bisa ditemukan.

2. Pemandangan alam dan suasana yang asri

Kota Medan yang padat dengan banyak polusi sepertinya tidak terasa saat berkunjung ke Banyan Park. Ini karena banyak semak belukar yang mengelilingi semua area taman. Di dalamnya juga terdapat banyak pohon dengan berbagai jenis, seperti beringin, bambu, dan pohon jati muda.

Dengan adanya pohon ini, suasana tempat menjadi lebih asri, udara lebih segar. Selain itu, ada juga tanaman hias yang membuat pemandangan semakin indah. Beberapa jenis pohon bahkan dilatih untuk memberikan suasana hangat. Di suatu tempat terdapat sebuah pohon yang bentuknya seperti pintu seolah-olah mengucapkan “Selamat Datang”.

3. Air mancur di tengah taman

Daya Tarik Banyan Park LainnyaKredit gambar: Google Maps Chika Afandi

Keindahan dan keindahan Taman Beringin semakin lengkap dengan adanya air mancur yang menghiasinya. Lokasinya berada di tengah taman, sehingga mudah diakses dari berbagai titik. Tidak terlalu dalam, bahkan Anda bisa melihat dasarnya. Namun, eksotisme air bertekanan tinggi tersebut justru mampu menghibur banyak pengunjung.

Karena ada pagar pembatas, pengunjung tidak bisa mendekatinya. Meski begitu, Anda tetap bisa melihat keindahannya dari kejauhan. Di samping air mancur terdapat berbagai tanaman hias yang cantik. Perpaduan antara air dan bunga membuat suasana liburan semakin menyegarkan.

4. Area Foto dan Olahraga

Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Banyan Park tentunya memiliki tujuan tersendiri. Bagi para orang tua yang membawa anak, tujuan mereka biasanya adalah mengajak mereka bermain di taman bermain. Ada juga pemuda dan pemudi yang tujuannya untuk bersantai, menghabiskan waktu luang dan mengejar spot foto.

Meski tidak ada lokasi spesifik, namun hampir sebagian titik lokasi memberikan jepretan yang memukau. Misalnya pepohonan yang berbentuk gapura, air mancur, dan berupa pepohonan hijau di latar belakang. Tempat wisata alternatif di Medan ini juga sering dijadikan ajang olahraga, seperti jogging dan senam.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman BanyanKredit gambar: Twitter Didi Vollet

Mengunjungi Hutan Kota Taman Beringin sangatlah mudah, karena letaknya yang strategis. Berada di tengah kota, Anda hanya perlu berkendara sekitar 5 kilometer dari Alun-alun Medan. Alun-alun ini juga bisa Anda jadikan sebagai landmark utama jika Anda berasal dari luar daerah. Jarak 5 kilometer biasanya dapat ditempuh dalam waktu 10 atau 15 menit.

Untuk rute terbaik, pertama pergi ke Jalan Glugur lalu lanjutkan perjalanan ke Jalan Gajah Mada. Lanjutkan ke Jalan Hassanuddin, lalu ke Jalan S Parman dan ikuti jalan utama. Setelah sekitar 1 kilometer, Anda harus memutar arah menuju Jalan Urip Sumoharjo.

Taman Beringin tidak jauh dari titik yang disebutkan terakhir, hanya sekitar 100 meter. Silakan lihat panduan rambut di sekitar rute agar Anda tidak tersesat. Bagi warga di luar Medan yang belum mengetahui jalur ini, sebaiknya menggunakan aplikasi Google Maps. Ketik saja alamat Jalan Jenderal Sudirman No.41, Aggrung, Kecamatan Polonia Medan, Kota Medan, Sumatera Utara.

Tempat wisata keluarga di Medan ini tidak dipungut biaya apapun, Anda bebas keluar masuk kapan saja. Ini karena ini bukan objek wisata, tetapi tempat umum. Hanya saja, Anda perlu menyiapkan biaya jika datang dengan kendaraan pribadi. Retribusi ini untuk parkir, yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Banyan Park

Kegiatan Taman BeringinKredit gambar: Google Maps Wahyu Adi Prasetyo

Berkunjung ke obyek wisata bukan hanya melihat atraksi apa saja yang dimiliki, tetapi juga kegiatan apa saja yang bisa dilakukan. Selagi kamu di Banyan Park ada banyak aktivitas seru yang dijamin nggak bakal membosankan, ini dia salah satu contohnya!

1. Piknik keluarga yang santai

Disebutkan di atas bahwa tujuan para wisatawan yang datang bermacam-macam. Jika Anda datang bersama keluarga, kegiatan yang paling menarik adalah piknik santai. Banyak lokasi yang bisa digunakan untuk kegiatan ini. Anda bisa menggunakan bagian kosong dari taman indah ini, atau bisa juga menggunakan bangku permanen yang tersedia.

2. Berjalan melalui Taman Beringin

Sebelum atau sesudah piknik santai, Anda bisa berkeliling Taman Beringin yang cukup luas. Cukup menguras tenaga, tapi aktivitas ini dijamin seru. Apalagi banyak hal yang menjadi pusat perhatian, seperti tanaman hias, air mancur dan pepohonan hijau. Anda juga akan mendapatkan hiburan dari pengunjung lain dengan aktivitasnya masing-masing.

3. Sehat dengan Olahraga

Suasana hijau dan udara segar tempat wisata populer di Medan ini sangat cocok untuk kegiatan olahraga. Kegiatan ini biasa dilakukan oleh warga setempat pada pagi dan sore hari. Menariknya, terdapat area tersendiri untuk olahraga, sehingga Anda tidak akan terganggu dengan aktivitas pengunjung lainnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Taman BeringinKredit Gambar: Instagram Suheri Lukman

Karena bukan objek wisata resmi, fasilitas Taman Beringin tidak terlalu lengkap. Namun jika ditanya tentang fasilitas wajib, Anda tidak perlu khawatir. Di sini tersedia tempat parkir resmi untuk menitipkan kendaraan. Selain itu, juga terdapat toilet umum atau jamban untuk kebutuhan air. Bagi yang beragama Islam, silahkan memanfaatkan mushola yang letaknya tidak jauh dari lokasi wisata.

Mencari dan menentukan tujuan wisata bagi sebagian orang memang cukup sulit. Nyatanya tidak, karena ada tips dan trik khusus. Misalnya, menentukan tujuan perjalanan, menyesuaikan anggaran dan dengan siapa melakukan perjalanan. Taman Medan Beringin dianggap sebagai objek wisata alternatif karena tidak memerlukan banyak uang dan cocok untuk semua kalangan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button