Pelajari sejarah Hari Musik Nasional, mengapa 9 Maret? - WisataHits
wisatahits

Pelajari sejarah Hari Musik Nasional, mengapa 9 Maret?

Pelajari sejarah Hari Musik Nasional, mengapa 9 Maret?

Piknikdong.com – Setiap tanggal 9 Maret di Indonesia telah ditetapkan sebagai Hari Musik Nasional.

Jadi mengapa 9 Maret? Yuk cari tahu alasan dan ceritanya di bawah ini.

Gali sejarah Hari Musik Nasional, kenapa 9 MaretMenggali sejarah Hari Musik Nasional, mengapa 9 Maret, gambar oleh Steve Buissinne dari Pixabay

Seperti dimuat dalam laman resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, keputusan memperingati Hari Musik Nasional tertuang dalam Keputusan Presiden atau Keputusan Presiden Nomor 10 Tahun 2013 yang menyebutkan bahwa musik merupakan ekspresi budaya yang bersifat universal dan multidimensional yang merepresentasikan nilai-nilai luhur kemanusiaan dan memiliki pesan strategis dalam pembangunan nasional.

Sejarah Hari Musik Nasional

Jika kita kembali ke sejarah Hari Musik Nasional, mengapa Hari Musik Nasional ditetapkan pada tanggal 9 Maret tidak jauh dari peran sosok Wage Rudolf Supratman atau yang sering dikenal dengan nama WR Supratman.

Ya, dialah dibalik terciptanya lagu kebangsaan Indonesia berjudul Indonesia Raya.

Pemilihan 9 Maret karena merupakan tanggal lahir WR Supratman. Hari kelahirannya diperingati sebagai Hari Musik Nasional di Indonesia.

Selain mengenang beliau, pemilihan tanggal ini juga untuk menghormati jasa beliau di bidang musik Indonesia.

Memang ada kontroversi mengenai tanggal lahir WR Supratman, namun Hari Musik Nasional tetap diperingati pada tanggal 9 Maret.

Perayaan Hari Musik Nasional memiliki tema yang berbeda setiap tahunnya, dan tema Hari Musik Nasional 2023 adalah “Musik Indonesia Keren”.

Diharapkan Hari Musik Nasional 2023 menjadi ajang apresiasi masyarakat terhadap musik Indonesia dan dapat meningkatkan rasa percaya diri dan motivasi para musisi Indonesia.

Hari Musik Nasional 9 Maret 2023 merupakan tahun ke-10 Hari Musik Nasional.

Jadi jangan lupa ucapkan selamat hari musik nasional, jika kesulitan menemukan kata kata untuk hari musik nasional, kamu bisa cek rekomendasi Piknikdong di sini.

Ini adalah pemeriksaan sejarah mengapa Hari Musik Nasional ditetapkan pada 9 Maret.

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button