4 pemandian air panas di Bogor untuk bersantai bersama keluarga - WisataHits
Jawa Barat

4 pemandian air panas di Bogor untuk bersantai bersama keluarga

Gambar pemandian air panas di Bogor. Foto: Pixabay Hingga saat ini, Bogor dikenal sebagai kota yang terletak di daerah perbukitan, dan secara geografis Bogor memang demikian. Ketinggian rata-rata kota Bogor paling sedikit 190 m dan paling tinggi 330 m di atas permukaan laut.

Kota Bogor dikelilingi oleh tiga gunung besar yaitu Gunung Salak, Gunung Pangrango dan Gunung Gede. Oleh karena itu, wisata alam di Bogor didominasi oleh hutan dan tentunya air.

Wisata air di Bogor tidak hanya air terjun yang segar, tetapi juga kolam air panas yang menenangkan. Pemandian air panas berasal dari pegunungan yang mengelilingi kota Bogor dan bukan buatan manusia. Kemudian air panasnya dikelola oleh pemerintah agar nyaman sebagai tempat wisata.

Pemandian air panas di Bogor

Pemandian Air Panas Ciparay. Foto: bogorkab.go.id Berikut beberapa tempat pemandian air panas di Bogor yang cocok untuk relaksasi keluarga.

1. Pemandian Air Panas Ciparay

Pemandian air panas Ciparay terletak di kawasan Gunung Halimun Salak Endah. Air panas di pemandian ini diambil dari mata air Gunung Salak dan diresapi dengan bambu. Lingkungan yang sangat alami dan indah.

Di pemandian ini ada dua kolam yang bisa digunakan untuk mandi. Terkadang saat ramai pengunjung harus mengantri terlebih dahulu untuk mandi. Namun, Anda juga bisa memesan pengelola kamar pribadi untuk menikmati air panas di pemandian ini.

Pemandian Air Panas Ciparay terletak di Desa Ciparay, Desa Gunung Sari, Pamijah, Bogor. Biaya masuknya hanya Rp 4.000 per orang. Sedangkan harga saung terbuka untuk mandi Rp 30.000 dan gubuk tertutup Rp 50.000.

2. Pemandian Air Panas Kawah Ratu

Pemandian Air Panas Kawah Ratu terletak di dekat Gunung Salak pada ketinggian 1.338 meter di atas permukaan laut. Dikutip dari situs halimusalak.orgKawah Ratu merupakan bekas letusan Gunung Salak pada tahun 1938. Letusan tersebut membentuk kawasan kawah seluas 2 hektar yang masih menyemburkan air panas dan uap serta gas belerang hingga saat ini.

Untuk mencapai Kawah Ratu, pengunjung harus melakukan beberapa upaya karena ketinggiannya yang tinggi. Pengunjung menempuh jalur pendakian selama kurang lebih 1,5 jam dari kantor Kawah Ratu Resort di Cidahu.

Namun begitu sampai di lokasi, pengunjung disuguhi pemandangan yang indah. Harga masuk dan berendam di Kawah Ratu tidak mahal, hanya Rp 5.000 saja.

3. Pemandian Air Panas Gunung Pancar

Pemandian air panas Gunung Pancar sudah cukup terkenal di masyarakat sehingga akses menuju lokasi ini cukup mudah. Pemandian air panas Gunung Pancar terletak di Desa Ciburial, Karang Tengah, Babakan Madang, Kabupaten Bogor.

Untuk biaya masuk, tempat wisata ini cukup murah. Dari Senin sampai Jumat harga hanya Rp 5.000 per orang sedangkan pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur harga Rp 7.500 per orang.

Jika ingin menyelam ke dalam kolam, Anda perlu membayar tiket terpisah untuk keluarga sebesar Rp100.000. Ada juga kolam ketiga untuk dewasa seharga Rp 25.000 dan kolam ketiga untuk anak-anak seharga Rp 15.000.

4. Pemandian air panas Tirta Sanita

Terakhir, ada pemandian air panas Tirta Sanita, juga dikenal sebagai Tirta Sanita Pemandian air panas dan keluar. Di tempat wisata ini Anda tidak hanya akan dimanjakan dengan pemandian, tetapi juga dengan wahana hiburan. Selain itu, ada juga akomodasi yang lengkap.

Ada beberapa variasi kolam di pemandian air panas ini. Ada kolam renang umum dan kolam renang pribadi untuk 1-2 orang saja. Yang membedakan air panas di kolam ini adalah kandungan kapur dan belerangnya yang membuat kualitas air menjadi lebih tinggi.

Harga tiket pemandian air panas Tirta Sanita adalah Rp 15.000 per orang untuk dewasa dan Rp 12.000 per orang untuk anak-anak. Harga tiket pool mulai dari Rp 15.000 hingga Rp 100.000.

Pemandian ini berlokasi di Jalan Raya Cisaeng, Bojong Indah, Parung, Bogor. Waktu operasi setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 8 malam WIB.

Sekarang,Berikut empat tempat pemandian air panas di Bogor yang wajib dikunjungi bersama keluarga.

Source: kumparan.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button