Bantul Rekam 7.475 Wisatawan di Parangtritis dengan Visitjogja - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

Bantul Rekam 7.475 Wisatawan di Parangtritis dengan Visitjogja – ANTARA News Yogyakarta

Bantul (ANTARA) – Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, mencatat 7.475 wisatawan yang berkunjung ke kawasan pantai Parangtritis akhir pekan lalu telah melakukan reservasi melalui aplikasi visitjogja yang disediakan pemerintah setempat.

“Data kunjungan wisatawan ke kawasan Pantai Parangtritis berdasarkan reservasi melalui visitjogja sebanyak 7.475 orang,” kata Markus Purnomo Aji, Kepala Bidang Promosi dan Informasi Dinas Pariwisata Bantul, di Bantul, Senin.

Dikatakannya, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pantai Parangtritis yang melakukan reservasi melalui portal informasi pariwisata Yogyakarta lebih sedikit dibandingkan jumlah wisatawan yang berkunjung langsung melalui Badan Pemungutan Pajak (TPR) Utama Wisatawan.

Memang, kata dia, melakukan reservasi jauh-jauh hari bisa mengurangi antrian di pintu masuk wisata, karena wisatawan sudah membeli tiket secara online dengan pembayaran non tunai.

“Wisatawan yang datang lebih banyak menggunakan aplikasi sekitar 25 persen dibandingkan jumlah wisman yang datang. Pembayaran cashless bisa dilakukan dengan aplikasi, sehingga antrian bisa berkurang,” ujarnya.

Namun, pemerintah setempat tidak akan mendorong wisatawan untuk melakukan reservasi terlebih dahulu saat berkunjung ke kawasan Parangtritis, melainkan akan disesuaikan dengan kebutuhan wisatawan.

“Meski lamaran itu tawaran. Dan sejauh ini, visitjogja tersedia untuk kawasan wisata Parangtritis dan kawasan wisata Mangunan,” ujarnya.

Dalam data reservasi, wisman dari Jawa Tengah mendominasi dengan 53,2 persen, disusul Jawa Timur 20,2 persen, kemudian Jawa Barat 10,3 persen, DIY 8,6 persen, DKI 3,5 persen, Lampung 1,8 persen, dan Banten 1,3 persen. Sumatera Utara satu persen.

Sementara itu, data kunjungan wisatawan ke seluruh destinasi Bantul baik langsung maupun reservasi selama liburan akhir pekan pada 5-7 Agustus 2022 sebanyak 26.259 orang dengan pendapatan asli daerah Rp 254,8 juta.

“Sementara, total wisman per minggu dari 1 Agustus hingga 7 Agustus 2022 sebanyak 36.351 orang dengan pendapatan asli daerah Rp 352,8 juta,” katanya.

Source: jogja.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button