Bupati Toba Apresiasi Perluasan Desa Wisata, Meat Art Festival 2022 – Sumut24 - WisataHits
Jawa Barat

Bupati Toba Apresiasi Perluasan Desa Wisata, Meat Art Festival 2022 – Sumut24

BALIGE I SUMUT24.co
Bupati Toba Poltak Sitorus mengapresiasi pemerintah dan warga Desa Daging yang telah menyelenggarakan Festival Seni Daging 2022 sebagai ajang peningkatan wisata Danau Toba di wilayah ini.

“Ini persiapan ke depan. Sebagai ujian, saya ingin dikoreksi untuk kemajuan kampung daging yang indah ini,” kata Bupati Poltak Sitorus dalam sambutannya usai pembukaan Festival Seni Daging di Pantai Simanjuntak, Kampung Daging, Tampahan Kecamatan, Kabupaten Toba, Provinsi Utara -Sumatera, Jumat (25/11/2022).

Bupati Poltak juga mendorong inovasi di kalangan masyarakat pariwisata untuk memudahkan wisatawan menikmati wisata pemandangan yang indah, serta terlibat dalam karya kreatif manusia terkait wisata bercerita (storytelling), menyediakan akomodasi, oleh-oleh khas, misalnya ulos Produk khas di Meat will dimodernisasi agar terasa lebih nyaman, termasuk menambah jumlah objek wisata di kawasan ini. Hal penting lainnya adalah memastikan makanan tersebut halal.

“Suku Batak terkenal dengan keterampilan seninya, termasuk suara, musik, dan tarian. Kelemahannya kurang di rangsang jadi kurang lincah katanya musik itu sama dengan gerak, kalaupun kita unggul di bidang nyanyi, jadi performancenya semaksimal mungkin. Gerakan tari harus sesuai dengan musiknya,” ujarnya.

Diumumkan juga bahwa kegiatan Toba Marathon akan berlangsung pada Minggu 27 November 2022. Kemudian F1H2O International Power Boat Race di Teluk Danau Toba, Bali yang berlangsung pada 24-26 Februari 2023.

Di akhir sambutannya, Bupati memberikan motivasi dan kasih sayang kepada tiga anak yang meraih juara pertama di sekolahnya masing-masing.

Selain itu, digelar talkshow bertajuk Kepribadian Batak Naraja Menyambut Wisatawan dengan narasumber dari Bupati Poltak Sitorus dan Pj. Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Toba Rusti Hutapea. Kepribadian yang dimaksud adalah marugamo (saling menjaga), maradat (sopan santun), maruhum (taat hukum), dan marparbinotoan (berilmu).

Di sela-sela acara, Panitia Toba Marathon 2022, Tamar Hutapea yang juga hadir menjelaskan dan meminta doa serta dukungan untuk suksesnya kegiatan ini. Toba Marathon diselenggarakan atas prakarsa Alumni ITB Bandung.

Diawali dengan sosialisasi salam hormat Batak-Naraja yaitu menekan kedua telapak tangan ke dada, menundukkan kepala sambil mengucapkan kata Horas kepada wisatawan yang kerabatnya di suku Batak, Bone atau Nantulang yang sangat dihormati dirawat.

Sebelumnya, Direktur Kampung Daging Janri Simanjuntak didampingi anggota Pantia, Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata), mengatakan Festival Seni Daging bertujuan untuk menunjukkan kekayaan budaya. Sekaligus promosi wisata Kampung Daging di promosikan lebih luas lagi di bidang budaya, UKM pengrajin tenun, produk khusus produksi benang untuk pembuatan Ulos, pakaian adat di Kampung Daging, yang juga memiliki panorama alam yang indah. Penawaran Danau Toba.

Kampung Daging, katanya, pernah terkenal sebagai pusat pasar barter karena tersedia beras, ikan, dan kapas di sini.

Festival seni daging ini berlangsung selama dua hari hingga Sabtu (26/11/2022). Selain menampilkan produk unggulan Ulos, KMU, Tari Tortor juga akan diisi penampilan sejumlah penyanyi.

Turut hadir Asisten Pemerintahan, Eston Sihotang, Camat Tampahan, E. Lisbet Mariani Situmorang, Plt. Kasat Pol PP, Harianto Butarbutar, Plt. Kadis Kominfo, Sesmon TB Butarbutar dan lainnya. (Ikan lele)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button