5 Museum dan Galeri Seni Instagrammable di Jakarta - WisataHits
Yogyakarta

5 Museum dan Galeri Seni Instagrammable di Jakarta

TEMPO.CO, jakarta – Meskipun tidak banyak tempat wisata alam, ibu kota Jakarta menawarkan beberapa ruang publik yang menyenangkan. Salah satunya adalah museum dan galeri yang memamerkan berbagai karya seni yang mempesona.

Berkunjung ke sana juga bisa menjadi pilihan untuk menenangkan pikiran sejenak atau untuk mengisi waktu liburan Anda. Selain itu, pengunjung dapat menambah pengetahuan dan informasi tentang karya seni. Pengunjung dapat memperindah nilai tambah feed Instagram dengan berfoto di galeri seni dengan interior yang estetis dan kontemporer.

Berikut rekomendasi museum dan galeri seni modern di Jakarta:

Museum Jakarta, atau biasa disingkat MoJa, adalah ruang seni kontemporer di kompleks stadion utama Gelora Bung Karno. Museum ini sangat populer di kalangan anak muda karena setiap tempat sangat populer instagramable.

Di dalam museum terdapat sekitar 14 ruangan dengan konsep yang berbeda-beda. Selain itu, keunikan dari MoJa ini adalah pengunjung menggunakan sepatu roda untuk berkeliling museum.

MoJa juga memiliki MoPaint, sebuah tempat dimana pengunjung bisa leluasa menjelajahi dunia seni lukis dan seni. Harga tiketnya Rp 110.000 di hari biasa dan Rp 125.000 di akhir pekan dan hari libur.

Dia.Lo.Gue adalah ruang seni di Mampang Prapatan, Jakarta Selatan. Daya tarik Dia.Lo.Gue Art Space selain pameran koleksi karya seni adalah kafe.

Di tempat ini, banyak seniman Indonesia memamerkan karya seni mereka, baik desain grafis, desain produk, arsitektur, maupun lukisan. Dia.Lo.Gue juga menawarkan toko suvenir. Suvenir ini merupakan bentuk dukungan terhadap seni dengan membeli produk seninya. Untuk masuk ke Dia.Lo.Gue Art Space tidak perlu membayar tiket atau gratis dan buka setiap hari.

Museum Macan di kawasan Kebon Jeruk Jakarta Barat menampilkan koleksi seni modern dan kontemporer. Museum ini sudah ada sejak tahun 2017 namun baru-baru ini booming di media sosial, terutama di kalangan anak muda.

Pengunjung berfoto di antara karya seni yang dipamerkan di Museum Seni Modern dan Kontemporer Nusantara (MACAN), Jakarta, Jumat, 28 Januari 2022. Tromarama adalah kolektif seniman yang dibentuk pada tahun 2006 oleh Febie Babyrose, Herbert Hans dan Ruddy Hatumena. Tempo/Ridho Fadilla

Pasalnya, Museum Macan tak hanya menawarkan berbagai koleksi seni yang keren, tapi juga spot foto yang Instagrammable. Museum Macan pernah memiliki ruangan bernama “Infinity Mirrored Room” yang memiliki banyak kaca dan lampu LED warna-warni yang terpasang. Di ruang ini, pengunjung bisa merasakan dan terlihat di lautan cahaya yang indah.

Museum Harimau juga menawarkan Ruang seni untuk anak-anak dengan tema The Lost Jungle. Ruangan tersebut digunakan untuk anak-anak belajar melukis.

Harga tiket di hari biasa Rp 70.000 untuk dewasa, Rp 63.000 untuk pelajar dan anak di bawah 3 tahun gratis. Di akhir pekan, harga tiketnya Rp 90.000 untuk dewasa, Rp 81.000 untuk pelajar, dan anak di bawah 3 tahun gratis.

Galeri Salihara adalah pusat seni dan ruang seni di Pasar Minggu, Jakarta Selatan. Kompleks komunitas Salihara terdiri dari 4 bangunan yaitu Teater Salihara, Anjung Salihara, ruang kantor dan Galeri Salihara. Karena Galeri Salihara adalah tempat di mana pengunjung dapat melihat berbagai jenis karya seni dan patung dari seniman yang berbeda.

Dikutip oleh Majalah Time of Jakarta pada tahun 2010, Komunitas Salihara diakui sebagai “The Best Art Space” di Majalah Time of Jakarta. Galeri Salihara menyimpan banyak koleksi karya seni berkualitas tinggi. Galeri Salihara buka setiap hari mulai pukul 09:00 hingga 22:00 WIB dan pengunjung bebas masuk.

Art:1 New Museum adalah sebuah museum seni di Gunung Sahari, Jakarta Pusat. Sebelumnya museum ini adalah galeri seni milik pribadi yang dimiliki oleh Mon Décor.

Pada tahun 2009 berubah nama menjadi Art:1 New Museum. Museum ini memiliki sekitar 2.500 koleksi karya seni dan semua karya seni yang dipamerkan adalah karya seniman dari dalam dan luar negeri.

JENIATI ARTAULI TAMPUBOLONE

Baca juga: 3 Destinasi Wisata Edukasi di Yogyakarta, Ajak Anak ke Taman Pintar

Selalu update informasi terbaru. Tonton berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di saluran Telegram “http://tempo.co/”. klik https://t.me/tempodotcoupdate bergabung. Anda harus terlebih dahulu menginstal aplikasi Telegram.

Source: travel.tempo.co

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button