Pantai Muncar, pantai pasir putih yang menawan di Gunung Kidul - WisataHits
wisatahits

Pantai Muncar, pantai pasir putih yang menawan di Gunung Kidul

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Duwet, Purwodadi, Kec. Tepous, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Muncar merupakan destinasi wisata bahari di Gunung Kidul yang layak dikunjungi untuk berlibur. Pantai ini begitu indah dan menawan sehingga siapapun yang berkunjung pasti betah. Meski saat ini masih sepi pengunjung namun keindahannya tidak bisa diremehkan, perpaduan perbukitan, air laut dan pasir putih begitu indah.

Bicara soal pantai di Jogja, Gunung Kidul adalah penyumbang terbesar jumlah pantai. Sejauh ini telah ditemukan lebih dari 60 pantai yang tersebar di beberapa titik. Sayangnya tidak semuanya dikenal banyak wisatawan sehingga beberapa kondisinya masih sepi, sepi dan tentunya alamnya masih alami.

Dari sekian banyak pantai di Jogja, masing-masing memiliki daya tarik tersendiri. Memang unsur pariwisatanya hampir sama, namun dari segi geografi dan lokasi pastinya berbeda. Mengunjungi tempat ini lebih cocok jika Anda adalah keluarga atau pasangan, yang penting dalam kelompok.

Daya Tarik Pantai Muncar

Atraksi Pantai MuncarKredit gambar: Google Maps Muhammad Rizqi Ridho

Kami tidak akan berbicara tentang pantai lain, meskipun sebenarnya ada banyak keindahan yang bisa didapat. Kali ini kita fokuskan hanya pada Pantai Muncar yang tidak kalah menarik dan menawan. Pantai yang indah ini memiliki banyak atraksi yang menarik wisatawan.

1. Dikelilingi perbukitan yang indah

Keistimewaan Pantai Gunungkidul adalah perbukitan yang mengelilinginya. Beberapa diantaranya mengapit pantai sehingga memberikan tampilan yang sangat eksotik. Untuk pantai kali ini cukup luas sehingga terlihat perbukitan yang mengelilinginya. Bukit bebatuan Karts yang eksotis ini terlihat sangat hijau karena ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan.

Sebagian besar bukit tidak dapat didaki ke puncak. Hanya sedikit yang bisa didaki, Anda juga harus melalui jalur yang cukup panjang dan medan yang berat. Namun sesampainya di puncak, pendakian sepertinya tidak menjadi masalah karena tergantikan oleh laut biru yang indah dengan ombak berbusa yang bagus.

2. Pantai dengan air yang jernih

Ada banyak pantai di nusantara. Namun tidak semua memiliki air jernih sebagai daya tarik. Pantai Muncar adalah salah satu yang terindah dengan air lautnya yang jernih berwarna hijau. Terkadang airnya terlihat biru dan terkadang terlihat putih. Perbedaan warna tergantung pada pasang surut air.

Air jernih ini memungkinkan Anda untuk melihat biota laut. Sayangnya untuk aktivitas snorkeling, hal ini tidak disarankan, karena ombak yang datang seringkali tinggi disertai angin kencang. Pada satu titik terdapat banyak bebatuan dengan ukuran berbeda. Ini membuatnya lebih eksotis dan menyenangkan untuk ditonton.

3. Kondisi alam dan damai

Daya tarik itu milik Pantai MuncarKredit gambar: Google Maps Benjamin Kufa

Pantai Muncar yang masih tenang ternyata menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian wisatawan. Mereka yang datang tak hanya bertujuan untuk menikmati pesona keindahannya, atau juga ingin melakukan aktivitas pinggir pantai. Tujuan lainnya adalah penyembuhan, yaitu mengembalikan pikiran segar kembali.

Tidak ada pengunjung yang lalu lalang dengan aktivitasnya, hanya suara ombak dan angin yang bertiup. Hanya di satu titik ada perahu nelayan yang beristirahat. Pantai yang indah ini sangat bersih, hampir tidak ada sampah yang ditemukan. Kondisinya masih alami, baik dari pantainya sendiri maupun dari perbukitan yang mengelilinginya.

4. Pasir putih berkilau

Daya tarik Pantai Muncar Gunung Kidul selanjutnya adalah adanya pasir putih. Sebenarnya tidak heran jika pantai-pantai di Jogja memiliki pasir putih, meski ada juga yang berwarna hitam. Namun ada hal yang berbeda sekaligus unik yaitu pantai di sini terlihat berkilauan.

Penyebab kemilau pasir ini tak lain karena kandungan garam yang tersisa dari air laut, selain itu cangkang kerang dan hewan laut lainnya juga turut memberikan pancaran indah. Akan semakin berkilau dan indah di siang hari saat matahari menyinari seluruh bagian pantai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai MuncarKredit gambar: Google Maps Benjamin Kufa

Pantai Muncar merupakan pantai tersembunyi dengan segala keindahannya. Untuk mencapai tempat ini, wisatawan harus menempuh perjalanan dengan berjalan kaki karena tidak ada akses kendaraan bermotor. Perjalanan dimulai dari pantai Siung karena lokasinya yang dekat. Pengunjung juga harus memarkir kendaraan mereka dari pantai terdekat.

Silakan ke Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, DI Yogyakarta, jika penasaran dengan pesonanya yang indah. Jarak yang harus ditempuh jika perjalanan berangkat dari pusat Gunung Kidul kurang lebih 30 kilometer. Dengan kecepatan kendaraan rata-rata, Anda membutuhkan waktu 1 jam untuk tiba di lokasi.

Gunakan Pasar Cuwelo yang tidak jauh dari Jalan Semanu sebagai referensi utama Anda. Masih mengambil jalan utama, arahkan kendaraan menuju Pasar Regedeg. Dari sini ambil arah ke Pantai Siung, karena tujuan anda adalah menuju pantai. Harap hormati rambu-rambu jalan, karena beberapa titik sudah tersedia.

Harga Tiket Masuk Pantai Muncar

Harga Tiket Masuk Pantai MuncarKredit gambar: Google Maps Suryono

Kunjungan ke pantai Muncar tidak dipungut biaya. Pantai eksotik ini tidak memungut biaya tiket masuk karena masih belum resmi menjadi obyek wisata. Namun karena masuk kawasan Pantai Siung maka tiket masuknya mengikuti. Cukup menyediakan 5000 rupiah sebagai syarat utama untuk memasuki kawasan pantai.

Tentu ada biaya tambahan wajib bagi yang membawa kendaraan bermotor. Sejauh ini biaya parkir motor Rp 2.000 sedangkan mobil Rp 5.000. Silakan datang kapan saja ke obyek wisata bahari ini karena buka setiap hari selama 24 jam. Namun, karena pengunjungnya tidak banyak dan aksesnya sulit, sebaiknya Anda tidak bermalam.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Muncar

Aktivitas Menarik di Pantai MuncarKredit gambar: Google Maps Benjamin Kufa

Objek wisata, rute, dan harga tiket masuk ke Pantai Muncar sudah kita bahas di atas. Tidak lengkap rasanya jika tidak membahas hal-hal yang menarik untuk dilakukan. Tak jauh berbeda dengan pantai pada umumnya, berikut beberapa aktivitas keren yang bisa kamu lakukan!

1. Menikmati pesona Pantai Muncar Gunung Kidul

Keindahan alamnya tidak pernah mengecewakan, terutama Pantai Muncar. Ketika Anda datang ke sini, jangan lupa untuk menikmati alam yang indah penuh pesona. Air laut yang jernih, perbukitan dengan vegetasi yang hijau dan pasir putih yang berkilau seakan berpadu sempurna memanjakan mata.

2. Berenang dan bermain air

Menikmati keindahan alam termasuk aktivitas pasif, Anda bisa lebih aktif dengan berenang atau bermain air. Sebelum melakukan kegiatan ini, ada baiknya untuk mengecek cuaca terlebih dahulu. Ini karena pantai-pantai Jogja terkenal dengan ombaknya yang ganas. Akan lebih aman jika bermain air di pinggir pantai sambil bermain dengan pasir halus putih berkilauan.

3. Memancing

Aktivitas selanjutnya di Pantai Muncar adalah memancing. Bagi yang suka olahraga santai dan butuh kesabaran, harap membawa peralatan sendiri dari rumah. Ada banyak spot yang memiliki bebatuan karang tidak jauh dari bibir pantai. Ikan yang ditemukan di sini beragam, namun kebanyakan dihuni oleh ikan-ikan kecil.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai MuncarKredit gambar: Google Maps Benjamin Kufa

Jika Anda menyimak semua ulasan di atas pasti tahu bahwa tidak ada fasilitas di Pantai Muncar. Memang objek wisata ini masih belum resmi dibuka untuk umum. Fasilitas yang hanya terdapat ketika anda berada di Pantai Siung, misalnya toilet, warung makan, tempat parkir dan mushola.

Ada banyak cara untuk mengisi waktu luang, termasuk liburan. Memilih destinasi wisata tidak boleh asal-asalan, sebaiknya sesuaikan dengan budget dan juga tujuan utamanya. Seperti Pantai Muncar di Gunung Kidul yang tidak membutuhkan banyak biaya, namun apapun tujuan liburan Anda pasti akan terisi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button