BAF Gelar Rangkaian Program Perlindungan Lingkungan pada September - ANTARA News Yogyakarta - WisataHits
Yogyakarta

BAF Gelar Rangkaian Program Perlindungan Lingkungan pada September – ANTARA News Yogyakarta

YOGYAKARTA (ANTARA) – Dalam rangka menerapkan kebijakan fiskal yang berkelanjutan dan mengurangi pencemaran udara akibat emisi gas buang kendaraan bermotor, PT Bussan Auto Finance (BAF) kembali melaksanakan serangkaian program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk menjaga kelestarian lingkungan melalui penerapan BAF ECO Pindah pada September 2022.

Gerakan penghijauan ini merupakan kelanjutan dan penutup dari rangkaian BAF ECO Move 2022 yang sebelumnya diadakan pada Mei 2022.

Periode BAF ECO Move kedua akan berlangsung pada Selasa, 20 September 2022 serentak di enam kota yaitu Palembang, Depok, Cirebon, Yogyakarta, Sidoarjo dan Palu.

Sebanyak 30.000 bibit pohon akan disumbangkan kepada Dinas Lingkungan Hidup setempat, yaitu Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Palembang, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Depok, Dinas Lingkungan Hidup Kota Cirebon, Dinas Lingkungan Hidup Kota Yogyakarta, Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Sidoarjo dan Kabupaten Sidoarjo. Dinas Lingkungan Hidup Kota Palu.

Lynn Ramli, Presiden Direktur BAF, mengatakan pelaksanaan program ini merupakan bentuk tanggung jawab sosial BAF sebagai perusahaan pembiayaan kendaraan terhadap lingkungan.

“BAF ECO Move merupakan langkah nyata yang penting untuk mewujudkan aspek keberlanjutan dari upaya kita menjaga lingkungan. Selain aspek ekonomi dan sosial yang juga dihasilkan untuk masyarakat melalui pembiayaan BAF, fokusnya juga pada aspek lingkungan. Dengan mendonasikan bibit pohon diharapkan dapat mengurangi polusi udara yang menjadi masalah serius bagi masyarakat perkotaan,” ujarnya.

BAF ECO Move yang dilakukan BAF sejak tahun 2021 telah mendonasikan sebanyak 60.000 bibit pohon pada tahun ini yang merupakan sumbangan dari BAFers (karyawan BAF), Authorized Yamaha Dealer dan BAF Friends (konsumen BAF) yang telah mengajukan pembiayaan. di BAF untuk periode 1.-31. Agustus 2022.

Sebagai pengakuan atas dukungan program ini, BAF memberikan sertifikat BAF ECO Move tanpa kertas untuk mengurangi konsumsi kertas.

Bibit pohon yang disumbangkan oleh BAF tidak hanya ditujukan untuk mengurangi pencemaran udara yang diakibatkan oleh kendaraan bermotor, tetapi juga dapat dimanfaatkan secara langsung oleh masyarakat sekitar.

Bibit pohon ada tiga jenis, antara lain bibit pohon pelindung, yang dapat berfungsi sebagai penyaring debu, menyerap polutan seperti karbon dioksida (CO 2 ), melindungi dari terik matahari, dan menurunkan suhu lingkungan; Bibit pohon produksi memiliki nilai ekonomi selain fungsi penghijauan, sehingga dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat; dan benih hias yang memiliki fungsi estetis untuk memperindah lingkungan.

Bibit pohon/tanaman tersebut terlebih dahulu dirawat oleh instansi terkait, dan proses penanaman dilanjutkan di area/tempat umum seperti pemukiman penduduk, taman kota, hutan kota dan area lain yang perlu dihutankan kembali.

Program Bersih Pantai Nusa Dua Bali
Selain BAF ECO Move, BAF melakukan program bersih pantai pada 10 September 2022 di Kawasan Pantai Nusa Dua, Bali. Program ini merupakan kerjasama antara BAF dan Banjar Environment Party, Bali.

Ratusan karyawan BAF melakukan bersih pantai dengan mengumpulkan sampah anorganik yang dapat didaur ulang dan bernilai ekonomis.

Pelaksanaan program ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan upaya penghematan energi dan sumber daya alam, tetapi juga merupakan langkah BAF untuk meningkatkan kesadaran kolektif akan pentingnya perlindungan lingkungan, khususnya pengelolaan sampah.

“Program Pantai Bersih bertujuan untuk menjaga kebersihan tempat wisata yang menjadi salah satu penggerak ekonomi masyarakat sekitar pantai, selain mencegah pencemaran ekosistem laut oleh sampah dari kegiatan pariwisata,” kata Lynn.

Sebagai perusahaan keuangan, BAF akan terus melakukan kegiatan kepedulian berupa CSR secara rutin setiap tahun. Selain BAF ECO Move dan Program Pantai Bersih, BAF juga melakukan sejumlah kegiatan pelestarian lingkungan melalui BAF Lions Run bertajuk “Run for Environment” yang berlangsung dari 13 Agustus hingga 11 September 2022.

“Terima kasih atas partisipasi BAFern, Sahabat BAF dan Mitra Dealer Yamaha yang telah bergabung dalam gerakan BAF ECO Move, serta pihak-pihak yang telah berkontribusi dalam mensukseskan rangkaian program lingkungan BAF lainnya. Kami berharap upaya kami dapat memberikan dampak besar bagi lingkungan dan masa depan generasi berikutnya,” kata Lynn.

Source: jogja.antaranews.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button