9 rekomendasi oleh-oleh khas Jogja, dari gudeg hingga batik - WisataHits
Yogyakarta

9 rekomendasi oleh-oleh khas Jogja, dari gudeg hingga batik

Jakarta, CNN Indonesia

Yogyakarta atau Jogja adalah kota yang sangat dicari oleh para pelancong sebagai tujuan wisata. Kota yang terkenal dengan istananya ini menawarkan berbagai pilihan wisata mulai dari wisata alam, sejarah dan kuliner yang menarik.

Selama berkunjung, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh khas Jogja.

Selain Gudeg dan Batik Jogja yang terkenal, juga terdapat berbagai jajanan dan kerajinan tangan khas kota Jogja dan wajib dibawa pulang.

IKLAN

GULIR UNTUK LANJUTKAN KONTEN

Di bawah ini adalah rekomendasi oleh-oleh khas Jogja yang sayang untuk dilewatkan.

1. Bakpia





Tempat produksi Bakpia Pathok ke-25Ilustrasi. Oleh-oleh khas Jogja, Bakpia Pathok 25 (Foto: CNN Indonesia/Megiza)

Bakpia adalah oleh-oleh terkenal dari Yogyakarta. Jajanan ini sudah ada sejak tahun 1948. Jika Anda ingin membeli bakpia khas Yogyakarta, Anda bisa membelinya di salah satu toko bakpia populer di Jogja.

Masing-masing soket memiliki karakteristik tersendiri, sehingga Anda bisa memilih sesuai selera. Jangan lupa untuk memperhatikan umur simpan kue jika Anda berencana membelinya sebagai oleh-oleh.

Toko Bakpia antara lain Bakpia Pathok 25, Bakpia Kurnia Sari, Bakpia Citra Premium dan masih banyak lainnya.

2. Tas rotan

Tas rotan khas Jogja adalah tas rotan berjejer di bagian dalam. Uniknya, kain bagian dalam tidak mulus seperti tas rotan di area lain.

Hal ini dikarenakan tas rotan khas Jogja menggunakan tie dye sebagai pelapisnya yang menjadi ciri khasnya.

Untuk mendapatkan produk ini Anda bisa mengunjungi beberapa mall di Jogja seperti Pasar Beringharjo atau Jalan Malioboro.

3. Gosip

Geplak adalah makanan khas Bantul yang terbuat dari parutan kelapa dan gula. Camilan ini berbentuk bulat dan berwarna-warni.

Jika Anda ingin menjadikan Geplak sebagai oleh-oleh, Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh di Jogja. Biasanya Geplak dijual per gram dengan harga yang terjangkau.

4. pewarna dasi





Suasana Pemukiman Kembali Pedagang Kaki Lima (PKL) Malioboro Kota YogyakartaIlustrasi. Oleh-oleh khas Jogja, termasuk batik (Foto: CNN Indonesia/Tunggul)

Anda dapat menemukan penjual tie dye hampir di setiap sudut kota, baik di toko-toko besar, butik rumah, maupun pedagang kaki lima.

Sentra batik bagus dan harga murah bisa ditemukan di Jogja sepanjang Jalan Malioboro, Pasar Beringharjo dan Batik Hamzah yang berseberangan dengan Pasar Beringharjo. Anda juga bisa memilih tie dye sebagai oleh-oleh khas Jogja.

5. Gudeg





Nasi Gudeg di Bango Snack Festival, Senayan, Jakarta (14 Juni).Ilustrasi. Oleh-oleh dari Jogja, antara lain Gudeg (Foto: Endro Priherdityo)

Seperti halnya Batik, Gudeg erat kaitannya dengan Jogja. Selain itu, banyak pedagang gudeg di Yogyakarta yang berinovasi dalam beberapa tahun terakhir dengan membuat gudeg kalengan.

Gudeg kalengan ini bisa menjadi pilihan oleh-oleh khas Yogyakarta. Saat membeli makanan ini, Anda tidak perlu khawatir akan basi di tengah perjalanan karena dikemas dalam wadah kedap udara sehingga tahan lebih lama.

6. Sandal etnik

Sandal adalah hadiah yang berguna bagi yang menerimanya. Di Yogyakarta sendiri tidak sulit mencari penjual sandal.

Anda bisa menemukannya di sepanjang Jalan Malioboro dimana terdapat deretan pedagang kaki lima yang menjual berbagai cinderamata seperti sandal.

Jika beruntung, Anda akan menemukan sandal baca jogja dengan desain etnik yang tentunya akan membawa kenangan tersendiri bagi penerimanya.

7. Tumpukan





Ilustrasi rempeyek kacangIlustrasi. Oleh-oleh khas Jogja, antara lain seikat kue (Foto: iStockphoto/Ika Rahma)

Peyek Stack adalah makanan ringan dengan rasa gurih dan renyah yang ditaburi kacang tanah dan teri.

Keunikan tempat persembunyian khas Jogja adalah bentuknya yang bulat bukan rata. Bentuknya yang unik membuat dent pile sangat khas dan tidak ditemukan di daerah lain.

Untuk membeli makanan ini, Anda bisa menemukannya di beberapa toko suvenir atau di pasar tradisional.

8. pernak-pernik

Di Jogja Anda akan menemukan banyak penjual pernak pernik atau aksesoris, mulai dari gelang, kalung, gantungan kunci, replika mobil kayu, replika candi hingga replika sepeda ontel jadul.

Anda dapat dengan mudah menemukannya di jalan pejalan kaki Malioboro. Pilih pernak-pernik atau dekorasi yang sesuai dengan keinginan Anda untuk digunakan sebagai hadiah.

9. Wedang uwuh

Wedang uwuh adalah minuman khas Yogyakarta yang terbuat dari campuran rempah-rempah seperti jahe, cengkeh dan kapulaga.

Minuman ini sangat populer di kalangan turis dan penduduk lokal. Warga Jogja sendiri mengenal Wedang Uwuh dengan nama bumbu Wedang karena bahan yang digunakan menggunakan bumbu.

Selain rasa dan aromanya yang khas, minuman ini juga memiliki manfaat seperti kemampuan menghangatkan tubuh dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Jika Anda ingin membeli minuman ini, Anda bisa membelinya di toko oleh-oleh atau di pasar tradisional.

Jadi oleh-oleh khas Jogja bisa jadi pilihan. Saya harap ini membantu.

(juh/fef)

[Gambas:Video CNN]

Source: www.cnnindonesia.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button