Awas, Stok Vaksin COVID-19 Indonesia Hanya 1,2 Juta Dosis - WisataHits
Yogyakarta

Awas, Stok Vaksin COVID-19 Indonesia Hanya 1,2 Juta Dosis

Liputan6.com, Jakarta Bagikan Vaksinasi Covid-19 Menurut Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia pada 17 Oktober 2022, hanya tersisa 1,2 juta dosis.

Jumlahnya yang relatif kecil menyebabkan kelangkaan vaksin di berbagai daerah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan RI, Siti Nadia Tarmizi menjelaskan, penyaluran vaksin COVID-19 ditujukan hanya dalam kondisi tertentu, seperti ketersediaan vaksin saat hampir kosong di semua wilayah.

Saat ini, Kementerian Kesehatan sedang berupaya mengoptimalkan pergeseran vaksin tersebut. Pergeseran vaksin berarti mempercepat pengiriman vaksin COVID-19 dari daerah dengan tingkat injeksi rendah ke daerah dengan tingkat injeksi tinggi.

“Kami memindahkan vaksin ke daerah yang cakupan vaksinasinya tinggi. Seperti Banten, kita bisa pindah (relokasi vaksin) ke Jakarta, kemudian kita juga bisa pindah ke Sulawesi Selatan (ke daerah lain),” jelas Nadia di sela-sela “cuci tangan”. Day Event World Soap 2022 di The Westin Hotel Jakarta pada hari Senin 17 Oktober 2022.

“Kami memiliki 200.000 stok di pusat tetapi tidak sebanyak itu. Jika ya sangat (Darurat) Ya, kami distribusikan. Jika total di daerah, sebenarnya ada 1 juta dosis ditambah 200.000 di pusat, sehingga menjadi 1,2 juta dosis vaksin.

Meski begitu, angka 1 juta dosis vaksin COVID-19 sudah tersebar di berbagai daerah. Upaya relokasi vaksin juga terhambat.

“Vaksin di daerah ini sudah tersebar dimana-mana. Beberapa telah tiba di kabupaten. Karena itu, sulit untuk menarik mereka (relokasi vaksin), sehingga kabupaten sendiri harus menarik mereka ke kota yang tingkat injeksinya lebih tinggi,” jelas Nadia.

Source: m.liputan6.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button