Harga makanan dan fasilitas Pari Klegung, "permata tersembunyi" di Kulon Progo - WisataHits
Yogyakarta

Harga makanan dan fasilitas Pari Klegung, “permata tersembunyi” di Kulon Progo

KOMPAS.com – Pari Klege merupakan tempat wisata kuliner di ruang terbuka yang mengusung konsep alam dan budaya pedesaan.

Situs ini terletak di Ngipik Rejo 1, Kanoman Satu, Banjararum, Kecamatan Kalibawang, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Jarak dari kota Yogyakarta sekitar 26 kilometer.

Baca Juga: Pari Klege di Kulon Progo Jogja, Wisata Kuliner Alam Terbuka Untuk Penyembuhan

Karena jauh dari hiruk pikuk kota, tempat ini cocok disebut harta karun yang tersembunyi. Pari Klegung dapat dikunjungi setiap hari mulai pukul 09.00 – 19.00 WIB.

Pari Klege dimiliki dan didirikan oleh Eko Prawoto, Arsitek dan Dosen Fakultas Arsitektur Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta.

Berawal dari ide membangun desa dan saran dari teman-temannya yang melihat potensi keindahan alam, Eko Pari Klegung dibangun dengan mengedepankan konsep bangunan asri.

Baca Juga: Liburan 2 Hari 1 Malam Ke Kulon Progo, Butuh Budget Berapa?

Pepohonan dan tanaman rimbun tetap ada, sedangkan bangunannya sendiri banyak menggunakan kayu dan bambu, yang bagus untuk ekosistem.

Harga makanan dan minuman di Pari Klege

Wisata kuliner dan alam di Pari Klegung, Kulon Progo, Yogyakarta. Dermaga. Kuliner dan Wisata Alam Pari Klege di Pari Klege, Kulon Progo, Yogyakarta.

Wisata yang baru dibuka pada November 2021 ini menawarkan kuliner khas Kulon Progo yang diolah sesuai resep keluarga yang diturunkan dari generasi ke generasi.

Harga makanan dan minuman ala country di Pari Klegung juga cukup terjangkau sehingga ramah di kantong.

camilanSaya ambil sesuatu (khas) dari Kulon Progo, ada geblek, bacem koro, singkong, keju dan mendoan,” kata istri Pak Eko yang mengelola dapur di Pari Klegung Kompas.comJumat (22/7/2022).

Baca Juga: Rute Tour 2 Hari 1 Malam di Kulon Progo, Naik Jeep dan Goa Tour

Selain itu, menu utama atau makanan berat umumnya berupa seporsi nasi, lauk pauk, kerupuk, dan sayur bakar.

Menu itu sendiri berbeda dan bervariasi setiap hari. Bahkan, beberapa menu, seperti B. Wadfish atau Beong, tidak selalu tersedia karena disesuaikan dengan hasil tangkapan nelayan setempat pada hari itu.

Wisata kuliner dan alam di Pari Klegung, Kulon Progo, Yogyakarta. Dermaga. Pari Klege Wisata kuliner dan alam di Pari Klege, Kulon Progo, Yogyakarta.

Menu favorit di Pari Klegung seperti Rp 35.000 Mangut ikan asap termasuk nasi, ikan mangut, aneka tumisan, tempe garit dan kerupuk udang.

Kalau mau lebih hemat, ada menu berat lainnya seperti Nasi Telur Kecap Borobudur seharga Rp 15.000 per porsi. Untuk makanan beratnya saja, harganya berkisar Rp 15.000 hingga Rp 35.000.

Baca juga: Wisata 7 Malam di Bantul Yogyakarta, Banyak Spot Foto Keren

Bagi penyuka jajanan asin dan manis, Pari Klegung juga menawarkan pilihan jajanan. Mulai dari Geblek isi enam potong Rp 10.000, Bakwan Jagung Rp 10.000, Pisang Goreng Rp 20.000, Mendoan Purbalingga Rp 15.000, Tempe Benguk Bacem Rp 10.000, Singkong Keju Rp 10.000.

Aneka minuman seperti teh, jeruk nipis, teh rosella, wedang serai, kopi seduh, choco jahe dan bir pletok berkisar antara 10.000 hingga 20.000 rupee.

Source: travel.kompas.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button