Sandiaga: Indonesia tangguh, pariwisata akan terus tumbuh tahun depan - WisataHits
Jawa Tengah

Sandiaga: Indonesia tangguh, pariwisata akan terus tumbuh tahun depan

Liputan6.com, Surabaya – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mengatakan optimistis sektor pariwisata akan terus tumbuh di tengah resesi global tahun depan.

“Karena Indonesia memiliki daya tahan yang cukup kuat untuk menahan guncangan yang datang,” kata Sandiaga, Selasa (20/12/2022) di Surabaya.

Sandiaga mengumumkan industri kreatif tahun ini mampu menciptakan 700.000 lapangan kerja. Di tengah gejolak pandemi dan ketidakpastian ekonomi global, prospek perekonomian Indonesia diperkirakan tumbuh positif di tengah ancaman resesi global pada 2023.

“Meski tahun 2023 diperkirakan akan menjadi tahun kelam, namun peluang bisnis tetap akan muncul. Tahun depan kami optimis ekonomi tumbuh sekitar 5 persen,” ujarnya.

Terpisah, Bupati Sumenep Ahmad Fauzi menargetkan 1,1 juta kunjungan wisatawan domestik dan 12.000 kunjungan wisatawan mancanegara pada 2023.

Bupati Fauzi mengungkapkan, jumlah kunjungan wisatawan ke Sumenep sebenarnya antara 1,1 hingga 1,2 juta per tahun sebelum wabah Covid-19.

“Oleh karena itu, kami berharap kunjungan wisatawan kembali normal seperti tahun 2017-2019 sebelum pandemi. Jadi tujuannya tidak muluk-muluk,” ujarnya.

Bupati Fauzi mengatakan selama ini target utama wisatawan yang berkunjung ke Sumenep masih wisatawan asal Jawa Timur. Fauzi berharap Sumenep bisa menjadi destinasi wisata alternatif selain Kota Batu dan Malang.

“Tujuan kami agar masyarakat Jawa Timur bisa memilih wisata alternatif ke Sumenep selain ke Bantu dan Malang,” ujarnya.

Bupati Fauzi mengatakan, pihaknya telah melakukan beberapa upaya untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumenep. Salah satunya adalah peluncuran calendar of event 2023 yang diisi dengan berbagai kegiatan dari tingkat lokal hingga internasional.

Bupati Fauzi menjelaskan, total ada 54 event yang disiapkan untuk tahun 2023. Dari belasan event tersebut, ada lima event utama yang diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan secara signifikan.

Termasuk dalam nominasi 50 desa liburan terbaik di Indonesia. Desa Wisata Ranupani di Lumajang, Jawa Timur mendapat perhatian khusus dari Menteri Pariwisata dan Industri Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button