Atraksi dan aktivitas seru untuk dilakukan - WisataHits
Jawa Timur

Atraksi dan aktivitas seru untuk dilakukan

jakarta

Berwisata ke Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) belum lengkap jika belum berwisata ke Gili Air. Setelah menempuh perjalanan sekitar 30 menit dengan speedboat, Anda akan melihat keindahan pantai pasir putih yang menghadap ke laut dan langit biru.

Sebelum menjelajah Gili Air, simak dulu ulasannya di bawah ini. Detics perlu tahu bagaimana sejarah Pulau Gili Air muncul dan apa yang ada di sini. Detics juga perlu tahu kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di sini agar bisa merencanakan perjalanan di Gili Air.

Sejarah Kepulauan Gili Air

Gili Air adalah sebuah pulau kecil di barat laut pulau Lombok. Di sebelah barat Gili Air terdapat dua pulau kecil lainnya yaitu Gili Meno dan Gili Trawangan. Ketiganya merupakan pulau dengan pantai berpasir putih yang eksotis. Tahukah Anda bagaimana ketiga pulau ini terbentuk?

Dikutip dari Jurnal Geologi dan Kelautan Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan, Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan merupakan pantai berpasir putih yang terdiri dari akumulasi residu sedimen dari terumbu karang dan cangkang biota laut, mineral dan batuan. fragmen hitam ke abu-abu hitam – abu-abu gelap.

Pada pengamatan dangkal, ketiga pulau tersebut terdiri dari puing-puing dari terumbu karang dan cangkang dari kehidupan laut. Namun menurut penelitian, terdapat endapan piroklastik di beberapa tempat yang menunjukkan bahwa ketiga pulau kecil ini terbentuk dari endapan vulkanik hasil erupsi Gunung Rinjani.

Formasi batuan magmatik yang diyakini sebagai batuan lava vulkanik dapat dilihat di sekitar perairan ketiga pulau tersebut, berdasarkan interpretasi seismik dekat permukaan yang dipelajari oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan.

Dari tatanan geologis, perairan ketiga pulau ini memiliki terumbu karang hidup yang masih tumbuh di sekitar tubuh batuan lava vulkanik di bawah air membentuk atol dan kemudian muncul ke permukaan laut membentuk ketiga pulau tersebut. Terumbu karang yang tumbuh ke permukaan dan mengalami keruntuhan aktivitas gelombang dan perubahan muka air laut kemudian mengelompok di puncak ketiga pulau tersebut.

Pemandangan di Gili Air

Tiba di Gili Air, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat menarik. Dirangkum dari website agen pariwisata online dan website Pesona Indonesia, berikut beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi.

1. Dinding air

Air Wall adalah sekelompok terumbu karang yang memanjang ke dalam dinding. Lokasinya berada di sebelah barat laut Gili Air, tentunya untuk melihat tembok udara ini Anda harus menceburkan diri ke laut sambil snorkeling atau diving.

Selain Air Wall, ada sejumlah spot bawah laut yang juga menawarkan pemandangan terumbu karang dan biota laut seperti kuda laut, ubur-ubur dan ikan-ikan cantik. Beberapa spot lainnya, seperti Flogfish Point, Malang Reef dan lain-lain.

2. Desa Bugis dan Sasak

Gili Air bukanlah pulau kosong. Di dalamnya terdapat perkampungan dengan penduduk suku Bugis dan Sasak. Berjalan-jalan atau bersepeda di sekitar Gili Air untuk melihat aktivitas orang-orang di sini.

Penduduk Gili Air akan menyambut Anda dengan hangat. Mereka terutama bekerja sebagai pedagang, nelayan, pemandu wisata, menyewakan akomodasi dan menyewakan berbagai peralatan.

3. Pantai sepanjang 5 km

Gili Air adalah sebuah pulau kecil yang dikelilingi oleh laut. Berjalan-jalan di sepanjang pantai pulau dengan sepeda dan nikmati pantai pasir putih sekitar 5 kilometer.

Suasana di Gili Air masih tenang, sangat cocok untuk para detics yang ingin mencari ketenangan. Di sepanjang pantai Anda juga bisa menemukan tempat-tempat menarik untuk berfoto.

4. Resor

Tidak cukup waktu dalam satu hari untuk menikmati Gili Air. Banyak resort, hotel, atau penginapan kecil untuk menginap beberapa saat. Dengan harga mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 3 juta, Anda sudah bisa menikmati pemandangan laut dari kamar Anda.

5. Restoran, kafe, toko suvenir

Selain pemandangan, Gili Air memiliki banyak restoran dan kafe yang menyajikan hidangan lokal, Indonesia, Eropa, dan Asia. Sebelum pulang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh dari berbagai toko di Gili Air.

Hal-hal menyenangkan yang dapat dilakukan di Gili Air

Jangan hanya duduk dan bermalas-malasan saat tiba di Gili Air. Detics bisa melakukan aktivitas seru di Gili Air. Menurut laporan dari detikTravel, ada lima aktivitas seru yang bisa kamu coba. Jangan lupa untuk membawa ponsel Anda untuk mengambil foto di sepanjang jalan.

1. Bersepeda

Bersepeda merupakan kegiatan yang menyenangkan di Gili Air, Detics hanya bisa bersepeda mengelilingi pulau kecil ini dengan jarak tempuh sekitar 5 kilometer. Atau bisa juga bersepeda ke desa dan mengunjungi pemukiman penduduk setempat.

2. Mengemudi Cidomo

Cidomo adalah gerobak yang akan membawa Anda ke penginapan ketika Anda tiba di dermaga. Tidak ada kendaraan bermotor di sini karena mengganggu ketenangan warga sekitar. Gili Air terkenal dengan suasananya yang tenang.

3. Snorkeling dan Menyelam

Tidak hanya pemandangan pantainya saja yang menarik, lihatlah isi di bawah laut Gili Air, maka Anda akan menemukan keindahan terumbu karang dan makhluk laut yang indah. Ada beberapa spot bawah laut yang menarik seperti Air Wall, Malang Reef dan Flogfish Point.

4. Naik ayunan

Gili Air juga menawarkan spot-spot yang akan membuat foto Anda menarik. Salah satunya adalah wahana ayunan di pantai. Selain ayunan, masih banyak spot foto yang tak kalah menarik.

5. Berjemur

Berjemur adalah kegiatan pantai yang populer, terutama bagi wisatawan asing. Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya jika Anda berencana untuk berjemur juga.

Nah sekarang sudah tahu kan kelebihan dan kekurangan Gili Air? Rencanakan piknik Anda untuk menikmati Gili Air sepuasnya.

Tonton video Sensasi Makan Raos Pisaan Euy, Dapur Keraton Cimahi
[Gambas:Video 20detik]
(bai/baris)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button