Selain Taka Bonerate, Ini 5 Destinasi Wisata Alam Terpopuler di Kepulauan Selayar - WisataHits
Jawa Timur

Selain Taka Bonerate, Ini 5 Destinasi Wisata Alam Terpopuler di Kepulauan Selayar

Kepulauan Selayar adalah pulau yang akan selalu identik dengan Taka Bonerate, terumbu karang (atol) terbesar ketiga di dunia.

Selain Taka Bonerate, Selayar juga memiliki beragam destinasi wisata alam lainnya yang tak kalah memikat.

Tanpa basa-basi lagi, berikut 5 tempat wisata terpopuler di Selayar yang telah kami rangkum bisa menjadi alternatif kunjungan saat singgah di pulau berjuluk Tanadoang ini.

1. Gua Abadi BalojAha

Gua Balo Jaha terletak di Desa Kahu – Kahu, Kecamatan Bontoharu, Kepulauan Selayar. Balo dalam bahasa Selayar berarti lubang dan Jaha berarti Jawa.

Gua ini dianggap misterius karena ditemukannya sesosok mayat yang diyakini berasal dari pulau Jawa, sehingga diberi nama Balo Jaha.

Meski terkesan misterius, Gua Balo Jaha sebenarnya memiliki pemandangan eksotis di baliknya. Mata air dan tumpukan stalagmit di dalam gua sering menghalangi pengunjung untuk meninggalkan situs.

Untuk mencapai gua ini Anda harus berjalan kaki ratusan meter dari Pulau Pasi di Kepulauan Selayar. Pulau Pasi dapat dicapai dengan perahu kayu dari kota Benteng, dengan waktu tempuh sekitar 30 menit.

2. Hutan Mangrove Matalalang dan Mangrove Gusung

Ada dua hutan mangrove di Kepulauan Selayar yang kini menjadi destinasi wisata. Yang pertama adalah hutan mangrove di Matalang dan yang kedua di Gusung.

Hutan mangrove Matalalang terletak sekitar 3km selatan kota Benteng, tepatnya di kawasan Bontobangun.

Jika ketinggalan, Anda bisa mampir ke Museum Tanadoang, sekitar 100 meter dari hutan bakau ini. Di Selayar, Anda bisa melihat peninggalan budaya sejarah seperti Gong Nekara atau pusaka dari Kerajaan Selayar di masa lalu.

Hutan Mangrove Gusung adalah kawasan hutan mangrove yang membelah Pulau Pasi Gusung, sebuah pulau di sebelah barat Kota Benteng, tepat di Desa Bontolebang, Kecamatan Bontoharu, Kepulauan Selayar.

Pulau Pasi Gusung sendiri dapat ditempuh dengan perahu nelayan tipe Jolloro dari Benteng dalam waktu sekitar 30 menit.

Anda bisa menyewa perahu nelayan (jollorok) dengan harga 500.000 rupiah untuk kapasitas 5-10 orang.

3. Puncak Pusera

Puncak Pusera merupakan salah satu puncak tertinggi di daratan Pulau Selayar. Kawasan ini terletak di Dusun Taipadada, Desa Bonea Makmur, Kecamatan Bontomanai, sekitar 25 km dari Benteng, ibu kota Kepulauan Selayar.

Dengan latar belakang pantai timur Kepulauan Selayar, berpose di lokasi ini dijamin akan menghasilkan foto yang memukau

4.BPulau bukit Nane Polassi

Jika anda familiar dengan objek wisata Bukit Cinta di Labuan Bajo, Flores, NTT maka Selayar juga memiliki kawasan serupa yang populer dengan sebutan Bukit Nane.

Bukit ini terletak di pulau Polassi yang dapat ditempuh dengan waktu tempuh sekitar 2 jam dari pelabuhan Turungan. Saat sampai di pulau ini Anda akan dimanjakan dengan pemandangan laut biru kehijauan yang indah dan pasir putihnya.

Dari Kota Benteng, Pulau Polassi dapat ditempuh dengan perahu selama 2-3 jam. Rute terbaik adalah berangkat dari Kecamatan Bontosikuyu dengan terlebih dahulu melakukan perjalanan darat dari kota Benteng.

Untuk memudahkan akses ke tempat ini, salah satu tour operator di Kepulauan Selayar (Selayar Paradise) membuka paket wisata ke Pulau Polassi, terutama saat libur lebaran atau akhir tahun.

5. Air Terjun

Meski identik dengan wisata bahari, Kepulauan Selayar juga menawarkan wisata air terjun yang patut Anda coba saat berkunjung ke bumi Tanadoang ini.

Ada beberapa air terjun yang menjadi tempat wisata seperti Air Terjun Jammeng yang terletak di pesisir timur Kepulauan Selayar. Air terjun ini juga sering disebut Ohe Gonggong.

Terletak di Desa Jammeng Laiyolo Baru, Kecamatan Bontosikuyu. Tempat ini berjarak sekitar 25 km dari Kota Benteng dan dapat ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Terdapat hutan di sekitar Air Terjun Ohe Gonggong dan Desa Jammeng, dimana disediakan homestay bagi wisatawan yang ingin menginap beberapa hari.

Selain Ohe Gonggong, ada juga Air Terjun Suttia. Lokasi ini terletak di Desa Bonea Makmur Kecamatan Bontomanai. Berjarak sekitar 25 km dari Kota Benteng dan dapat ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Terakhir, ada Air Terjun Patikore yang terletak di Desa Laiyolo Baru Kecamatan Bontosikuyu. Jaraknya sekitar 30 km selatan benteng. Yang istimewa dari lokasi ini adalah dari beberapa titik kita bisa memandang pantai barat Kepulauan Selayar dari ketinggian.

Nah itulah 5 destinasi di Kepulauan Selayar untuk menambah daftar liburan akhir pekan atau tahunan kamu.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button