10 Tempat Wisata Malam di Solo yang sayang untuk dilewatkan - WisataHits
Yogyakarta

10 Tempat Wisata Malam di Solo yang sayang untuk dilewatkan

Wisata Malam Solo / Pasar Gede Solo, Foto: otopeacenesia.com

PARBOABOA, Solo – Solo adalah tujuan wisata populer bagi masyarakat di Jawa Tengah dan daerah lainnya. Solo dikenal tidak hanya dengan wisata budayanya, tetapi juga sebagai tempat wisata dengan budget terjangkau. Selain wisata budaya, solo night tour juga sangat menarik.

Sebenarnya ada banyak jenis solo tour kekinian yang bisa anda coba, misalnya solo night tour yang sangat menarik.

Wisata malam ini terdiri dari wisata kuliner, wisata belanja, wisata sejarah dan lain-lain. Jadi, apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Berikut rekomendasinya.

1. Taman Sriwedari

Solo night tour pertama adalah Taman Sriwedari. Tidak hanya dijadikan sebagai tempat hiburan rutin Malam Selikuran. Taman Sriwedari juga telah dijadikan sebagai pusat hiburan, seni dan budaya bagi masyarakat Solo dan sekitarnya.

Hal ini disebabkan adanya Gedung Wayang Orang (GWO) Sriwedari yang menjadi tempat pertunjukan wayang orang.

Pada dinding atas di kanan dan kiri bangunan terdapat lukisan besar yang menceritakan kisah epos Mahabharata berjudul “Kresno Duto”.

2. Keraton Surakarta Hadiningrat

Keraton Surakarta Hadiningrat atau yang lebih dikenal dengan Keraton Solo merupakan wisata malam solo bertema budaya.

Keraton ini didirikan pada tahun 1744 oleh Sri Susuhunan Pakubuwana II untuk menggantikan Keraton Kartasura yang porak-poranda akibat kerusuhan Pecinan tahun 1743.

Keraton ini hanya berjarak sekitar 3 kilometer dari stasiun kereta api Solo Balapan. Dengan kata lain, Solo night tour ini bisa menjadi pilihan yang menarik untuk memulai wisata malam di Solo.

3. Benteng Vastenburg

Kalau Jogja punya Benteng Vredenburg, Solo punya Benteng Vastenburg, bangunan kolonial Belanda yang dibangun tahun 1774 dan selesai tahun 1779 atas perintah Gubernur Jenderal Baron Van Imhoff. Luas Benteng Vastenburg adalah 40.000 m2.

Pada zaman dahulu bangunan ini merupakan tempat pertahanan pasukan Belanda. Namun kini telah diubah menjadi bangunan bersejarah dan tempat pertunjukan seni yang biasanya berlangsung pada malam hari.

Saat liburan Idul Fitri, Benteng Vastenburg menjadi tempat pertunjukan seni Wayang Orang atau balet.

4. Alun-alun Selatan Surakarta

Di kota manapun, Alun-alun selalu ramai dikunjungi. Tak terkecuali Alun-alun Surakarta.

Lokasi pelataran atau halaman belakang Keraton Kasunanan Hadiningrat ini merupakan wisata malam solo yang asyik dan bersahabat bagi pengunjung dari berbagai kalangan dan usia.

Waktu terbaik untuk berkunjung ke sini adalah pada malam hari. Karena tidak panas dan kawasan Alun Alun lebih ramai dibandingkan siang hari.

Ada berbagai kuliner dan jajanan pasar. Anda bisa mengelilingi Alun-Alun Kidul dengan becak modifikasi dengan tarif Rp 10.000 – Rp 15.000/orang untuk sekali putaran. Dijamin menyenangkan!

5. Pasar Malam Ngarsopuro

Sama seperti kota besar lainnya, Solo sering diadakan Hari tanpa kendaraan bermotor dan Malam bebas mobil. Namun, ada yang unik darinya Malam bebas mobil kota tunggal.

Karena di sini menjual berbagai macam pakaian, makanan dan oleh-oleh khas Solo dengan harga yang terjangkau. Tempat ini terletak di kawasan Ngarsopuro dan dijuluki Pasar Malam Ngarsopuro.

Bagi anda yang berasal dari luar kota Solo, disinilah tempat yang wajib anda singgahi. Karena di sini kamu tidak hanya bisa berbelanja, tapi juga event-event kesenian yang berlangsung pada waktu-waktu tertentu.

Pasar malam Ngarsopuro buka dari Jalan Diponegoro – gerbang Pura Mangkunegaran. Sehingga Anda dapat memarkir kendaraan Anda beberapa meter di depan pasar malam.

6. Galabo Solo

Galabo Solo merupakan wisata solo malam yang selalu ramai saat liburan. Di tempat ini Anda bisa menikmati kuliner yang bervariasi di malam hari.

Untuk mencicipi kuliner lezat di tempat ini, Anda bisa langsung menuju Galabo Solo atau Gladak Langen Bogan yang terletak di Jalan Mayor Sunaryo depan Pusat Grosir Solo.

Sepanjang jalan, Anda akan menemukan berbagai menu khas Solo untuk dicicipi sambil menikmati suasana malam Solo.

Biasanya ada pertunjukan musik live di akhir pekan, membuat suasana semakin romantis dan meriah.

7. Pasar Besar

Pasar Gede dikenal sebagai pasar terbesar dan terbersih, Anda bisa berbelanja dan berfoto di sana.

Pasar ini berbentuk seperti benteng dimana Anda bisa membeli oleh-oleh dan jajanan khas kota Solo.

Bagi Anda yang berada di Solo, ada baiknya mengunjungi Pasar Gede. Ada banyak jajanan ala Solo yang enak untuk dicoba.

8. Gedung Djoeang ’45 Solo

Bangunan Belanda ini telah dialihfungsikan menjadi wahana wisata dan juga menjadi tempat yang menarik untuk berfoto bersama keluarga dan pasangan.

Dibuka untuk umum beberapa bulan lalu, Gedung Djoeang ’45 akan memukau siapa saja yang mengunjunginya.

Pasalnya, lampu sorot yang berbeda serta penataan kursi dan taman membuat foto Anda semakin keren.

Lokasi Gedung Djoeang ’45 Solo berada di Jl. Mayor Sunaryo, Kedung Lumbu, Pasar Kliwon, Solo. Jika Anda memiliki masalah dengan tiket, tenanglah. Pasalnya, pihak pengelola tetap membebaskan pengunjung.

9. Tugu Lilin Kota Solo

Memotret dan mengabadikan momen di monumen simbol kota Solo ini akan membuat kedatangan Anda semakin berkesan. Tugu Lilin sebenarnya sudah dibangun sejak tahun 1933 dan masih bertahan sampai sekarang.

Uniknya, tugu peringatan yang didirikan tepat pada peringatan 25 tahun Hari Kebangkitan Nasional ini juga dikenal sebagai Monumen Kebangkitan Nasional.

Tugu yang berbentuk seperti lilin mengandung filosofi tertentu, seperti nyala lilin, melambangkan perjuangan yang tiada henti. Tertarik untuk datang ke Tugu Lilin?

10. Titik Nol Solo

Sekilas, nama titik nol di Solo hampir identik dengan titik nol kilometer di Yogyakarta. Namun, titik nol di solo ada di ujung Jalan Slamet Riyadi.

Di sekitar titik nol terdapat bangunan tua peninggalan kolonial. Semakin larut malam, suasana semakin ramai, sehingga Anda bisa datang ke tempat ini untuk mengambil foto terbaik.

Jika Anda masih berada di Solo, tak ada salahnya menjelajahi lokasi-lokasi di sekitar Titik Nol Solo sambil mencicipi aneka kuliner khas.

Itu tadi beberapa tempat hiburan malam di Solo yang wajib kamu kunjungi jika sedang berada di kota ini. Semoga bermanfaat!

Tags: #solo travel #solo #travel #destinations #solo night travel

Baca juga

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button