Anggota UNN Yogya Mementaskan Angklung di Gereja Ganjuran - KRYOGYA - WisataHits
Yogyakarta

Anggota UNN Yogya Mementaskan Angklung di Gereja Ganjuran – KRYOGYA

Sebanyak 22 perempuan yang tergabung dalam Pecinta Budaya Nusantara (PBBN) Yogyakarta akan mengenakan busana tradisional Jawa, jarit dan kebaya, menyanyikan sederet lagu sambil memainkan alat musik angklung di gereja Ganjuran Bantul pada Kamis, September. 1, 2022 pagi ini mulai pukul 09.00 WIB. Lagu-lagu yang dibawakan berjudul “Edelweis”, “Ande-ande lumut” dan “Sakjeke Aku nderek Gusti”.

Tutik Purwati SH selaku Pendiri dan Ketua PBBN Yogyakarta mengatakan yang menggembirakan adalah penampilan para ibu-ibu PBBN Yogyakarta bernyanyi dan musik angklung di Gereja Ganjuran dalam rangka HUT ke-7 Umat Paseduluran Peduli Iman Bantul memainkan Projo ( PUPIP) DIY, dan didukung oleh pimpinan tertinggi Gereja di Keuskupan Agung Semarang, Mgr. Robertus Rubiyatmoko Pr.

“Oleh karena itu, kami sangat bersemangat untuk melakukan proses pelatihan agar bisa tampil maksimal,” kata Tutik Purwati usai selesai Selasa malam, 30 Maret.

Tutik Purwati mengatakan, PBBN Yogyakarta dibentuk pada 2 Juni 2021. Alasan dibentuknya PBBN adalah karena mereka khawatir pakaian adat Jawa, khususnya riasan jarit, kebaya dan sanggul tidak akan asing lagi bagi masyarakat dan anak muda budaya nusantara. Kaum muda juga tidak mengenal budaya mereka sendiri dan asing dengannya. Kekhawatiran ini bermula dari kenyataan bahwa budaya nusantara semakin memanjang dan semakin tergerus oleh budaya asing atau dari luar.

“Untuk itu PBBN Yogyakarta berpartisipasi dengan melakukan kegiatan kostum jarit jarit, kecaya dan sanggul untuk pertunjukan musik, tari dan tari,” tambah Tutik Purwati yang menambahkan latihan rutin setiap Selasa dan Kamis di aula Hotel Royal Brongto Yogyakarta.

Dijelaskannya, jumlah anggota PBBN Yogyakarta sebanyak 40 orang. Pengurus PBBN Yogyakarta, Pembimbing Widowati, Sekretaris Anie,
Bendahara 1-2 Ida Yulianti dan Fajar Hasmeng. Kemudian koordinator musik angklung Yanti Gerry, koordinator kesenian Yohanita dan koordinator olahraga Maryanti. PBBN Yogyakarta saat aktif menjalankan berbagai acara seni budaya dan keagamaan. Pernah mengikuti event-event wisata budaya di Bali. “Kemudian melakukan berbagai acara budaya dan keagamaan. Antara lain, penampilan bersama Ibu Puan Maharani (Ketua DPR RI). Selain itu, mereka tampil di acara-acara rutin di Jawir Creative Space,” kata Tutik Purwati.(Cil)

Source: www.krjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button