Aktifkan kembali Kampung Parikan Surabaya - WisataHits
Jawa Tengah

Aktifkan kembali Kampung Parikan Surabaya

JawaPos.com- Wisata Desa Parikan di RW 4 Morokrembangan, Surabaya kembali bangkit. Lukisan mural dan pantun menghiasi rumah-rumah di tempat ini. Kesenian Ludruk juga aktif kembali. Beberapa tahun vakum, pertunjukan Ludruk kembali digelar. Misalnya, pada malam Hari Kemerdekaan Indonesia tahun ini.

Ketua RT 7, RW 4 Muhammad Yusuf menyatakan, warga kembali bersemangat untuk merevitalisasi Wisata Desa Parikan. Mural dan syair parikan di dinding rumah yang mulai pudar kini kembali nyata. Beberapa minggu terakhir juga berlipat ganda.

Pembenahan desa dilakukan oleh pemerintah kota sendiri. Yusuf berharap Pemkot Surabaya dapat mendukung revitalisasi desa tersebut. “Yang dibutuhkan secara fisik adalah cat untuk mural. Kemudian kita membutuhkan pendidikan dan peralatan seni untuk seni,” jelas Yusuf.

Camat Krembangan Ario Bagus Permadi mengatakan rencana pengaktifan kembali desa wisata di Parikan sudah masuk dalam agenda kecamatan. Konsep pembangunan sedang dikembangkan. Tidak hanya perkembangan mural, parikan dan seni rupa.

Pengembangan ekonomi masyarakat melalui kegiatan padat karya dan UMKM juga dilakukan. “Kami targetkan pengembangan Wisata Desa Parikan sudah bisa berjalan pada awal 2023,” kata Ario kemarin (31/8).

Untuk menyukseskan program tersebut, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan perusahaan-perusahaan yang sudah mapan di bidang kerjanya. Ario mengajak pihak swasta untuk berkontribusi dalam pengembangan pariwisata dan pemberdayaan masyarakat di Desa Parikan melalui program CSR perusahaan.

Source: www.jawapos.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button