Danau buatan bekas tambang pasir Ciseupan ditetapkan sebagai desa wisata - WisataHits
Jawa Barat

Danau buatan bekas tambang pasir Ciseupan ditetapkan sebagai desa wisata

PIKIRAN ORANG – Pemerintah Kota Cimahi telah menetapkan kawasan Ciseupan Desa Cibeber sebagai desa wisata. Diharapkan di tengah keterbatasan lahan dan sumber daya alam, hal ini dapat memberikan kontribusi terhadap destinasi wisata di Kota Cimahi.

Peresmian Desa Wisata Ciseupan ini dilakukan bersamaan dengan Festival Kuliner Cimahi 2022 yang berlangsung pada Sabtu, 10 Desember 2022.

Seni Drama Walikota Cimahi Dikdik S. Nugrahawan hadir membuka Cimahi Culinary Festival 2022 sekaligus meresmikan “Desa Wisata Ciseupan” dengan menandatangani batu prasasti di Ciseupan View.

Danau buatan seluas 5 hektar ini terbentuk dari bekas tambang pasir yang sudah lama ditinggalkan dan menjadi salah satu daerah aliran sungai di kawasan Cimahi Selatan. Di lokasi ini juga terdapat kolam ikan terbesar di Kota Cimahi.

Baca juga: Libur Natal dan Tahun Baru, Polisi Siagakan Ratusan Karyawan

Selain itu, lahan warga mulai diedit dan disulap menjadi tempat wisata yang viral dan instagramable yang banyak dikunjungi pengunjung.

Cimahi Culinary Festival 2022 menghadirkan lebih dari 27 jajanan kuliner khas Cimahi dengan cita rasa yang unik dan menarik. Berbagai pagelaran seni budaya memeriahkan acara mulai dari tari dan musik tradisional sunda, pencak silat, sosiodrama, penampilan spesial seniman Saep Copet dan Ceu Edoh hingga pagelaran wayang golek.

“Pariwisata merupakan sektor yang diharapkan mampu mendorong laju pertumbuhan pembangunan di Cimahi. Adanya potensi wisata dapat mendorong sektor-sektor lain yang saling terkait, khususnya gastronomi lokal, yang dapat menjadi atribut suatu destinasi wisata dan memberikan kontribusi pengalaman wisata bagi pengunjung,” ujar Dikdik.

Cimahi Culinary Festival 2022 merupakan inisiatif untuk membangkitkan rasa ingin tahu dan kebanggaan masyarakat terhadap kuliner lokal.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button