Ajak warga menjaga sungai, taman asri di pinggiran Cibalok - WisataHits
Jawa Barat

Ajak warga menjaga sungai, taman asri di pinggiran Cibalok

Ajak warga menjaga sungai, taman asri di pinggiran Cibalok

RADAR BOGOR BOGOR, Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pekerjaan Umum Sumber Daya Air (PSDA) Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane sedang membangun taman wisata baru di Kota Bogor.

avatar

Terletak di Kampung Keramat, Desa Panaragan, Kecamatan Bogor Tengah. Sebuah taman dan jogging track telah dibuat tepat di muara Sungai Cibalok.

Yulianti Juhendah, Ahli Muda Pengelola Sumber Daya Air UPTD PSDA, mengatakan taman ini dibangun sebagai kawasan wisata bagi masyarakat dan salah satu cara mereka mengajak masyarakat untuk mengapresiasi sungai.

Sejumlah fasilitas umum seperti mushola, toilet, dan ruang serbaguna juga dibangun untuk melengkapi taman. Areal taman juga terbentang hingga jembatan yang menjadi akses menuju Kampung Keramat. Lampu merah terang panjang dipasang di sepanjang jembatan.

Itu juga membuat area ini terlihat lebih menarik dan estetis dibandingkan dengan wajah sebelumnya. Penataan ini akhirnya menggugah minat warga yang melintas untuk berswafoto.

“Semoga taman ini dapat dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat dengan terus merawatnya agar lestari dan dimanfaatkan untuk kegiatan yang positif,” ujarnya saat dihubungi Radar Bogor, Senin (01/09).

Kehadiran taman ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya air. Hal ini dapat dicapai dengan menjaga keindahan air dengan tidak mencemari limbah terutama di saluran air.

Pembangunan taman seluas 600-800 meter persegi ini dimulai pada 19 Agustus 2022. Anggaran yang dikeluarkan mencapai Rp 1,5 miliar.

Yulianti menjelaskan, ke depannya, pihaknya akan berkoordinasi dengan aparat setempat untuk berperan aktif menjaga dan memantau masyarakat agar tidak membuang sampah saat berkunjung ke taman tersebut.

avatar

“Khususnya tidak ada petugas jaga, maka ke depan kami akan berkoordinasi dengan Pemkot, Kelurahan, RT, RW dan ormas setempat,” pungkasnya.


Reporter: Reka Faturachman

Penerbit : Imam Rahmanto

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button