Taman Wiladatika, taman asri dengan suasana sejuk dan asri di Depok - WisataHits
wisatahits

Taman Wiladatika, taman asri dengan suasana sejuk dan asri di Depok

Taman Wiladatika, taman asri dengan suasana sejuk dan asri di Depok

Daya tarik Taman Wiladatika sangat mempesona karena konsep utama tempat ini adalah wisata alam yang asri.

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Jl. Jambore No.1, Harjamukti, Kec. Cimanggis, Kota Depok, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Jika Anda ingin berlibur ke kota Depok, ada tempat wisata yang indah dan santai untuk mengisi ulang tenaga Anda. Namanya Taman Wiladatika yang diresmikan pada 29 Juni 1980 oleh Presiden Soeharto.

Nama taman ini sebenarnya adalah singkatan. Wiladatika berarti Widya Mandala Krida Bakti Pramuka. kenapa disebut seperti itu? Hal ini sesuai dengan peruntukannya yang pada awalnya digunakan sebagai sarana kegiatan kepramukaan.

Namun karena tempatnya yang bersih dan fasilitas yang menarik membuat tempat ini ramai dikunjungi wisatawan. Anda perlu tahu lebih banyak tentang atraksi taman ini dan fasilitas yang tersedia untuk membuat liburan Anda lebih menyenangkan.

Daya tarik Taman Wiladatika

Atraksi Taman WiladatikaKredit gambar: Google Maps Erlin Hidayat Arrahmadin

Daya tarik Taman Wiladatika sangat mempesona karena konsep utama tempat ini adalah wisata alam yang asri. Itu juga terletak di area yang luas dengan fasilitas lengkap.

Tempatnya juga terlihat bersih, terawat dan nyaman sehingga banyak menarik perhatian wisatawan yang berkunjung. Di taman ini terdapat gedung serbaguna, gazebo untuk relaksasi, kolam renang dan wahana permainan.

Taman Wiladatika juga cocok untuk mengisi liburan keluarga karena Anda bisa melihat pemandangan indah dan aktivitas menarik di sana. Lantas, apa saja daya tarik dari taman ini? Mari kita lihat bersama.

✦ Memiliki berbagai jenis bunga

Ciri khas taman tentu identik dengan keberadaan bunga. Hal ini juga terdapat di Taman Wiladatika. Taman ini memiliki banyak jenis bunga yang membuat lanskapnya semakin indah.

Bunganya tersebar luas dengan labirin hijau rendah. Ada juga air mancur berukuran besar yang menambah kesan estetik. Dengan demikian, wisatawan dapat menikmati keindahan yang ditawarkan dan kondusif untuk penyembuhan karena udara di sekitarnya segar.

Hal menarik lainnya adalah Anda bisa menemukan sebuah taman yang di dalamnya terdapat banyak pohon besar seperti hutan serta bangku dan rumah kecil yang menghiasinya, sehingga tidak heran jika disebut jamur karena bentuknya yang unik.

✦ Hiburan anak-anak

Taman Wiladatika cocok untuk liburan keluarga, terutama bagi yang memiliki anak kecil. Di taman ini terdapat banyak fasilitas yang bisa dinikmati oleh anak-anak. Ada spot-spot yang menawarkan jalan-jalan menarik.

Contohnya termasuk jungkat-jungkit dan jungkat-jungkit sehingga anak-anak tidak akan bosan menggunakannya. Sementara anak-anak bermain, orang tua dapat beristirahat di bangku yang mudah ditemukan. Selain itu, ada juga area bermain yang unik seperti go-kart, mini jet, mobil bom bom, dll.

Anak juga bisa dilatih untuk mencintai lingkungan dengan cara bermain dan memberi makan kelinci. Ada juga kereta mini, sepeda, dan becak mini yang digunakan untuk berkeliling taman. Ada juga permainan bola air yang seru untuk dimainkan bersama keluarga.

Tempat wisata ini sangat cocok untuk anak-anak terbukti dengan banyaknya spot dan wahana yang disajikan disana. Bahkan, ada juga kolam khusus untuk anak-anak.

✦ Olah Raga dan Outbond

Daya tarik selanjutnya cocok untuk berolahraga seperti jogging santai sambil menikmati kesejukan dan keindahan taman. Banyak juga pengunjung yang membawa sepeda ke tempat ini.

Selain olahraga santai, wisatawan juga bisa ikut wahana dan paint ball yang disediakan. Namun, perlu melakukan pemesanan terlebih dahulu. Cara yang satu ini cocok untuk kumpul keluarga, mahasiswa, perkantoran, dll.

Jika Anda berada di luar negeri selama beberapa hari, akomodasi ditawarkan dengan harga yang berbeda sehingga Anda tidak perlu khawatir mencari hotel di luar daerah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Taman WiladatikaFoto oleh Aries Wardiman di flickr.com

Taman Wiladatika berada di wilayah Depok tepatnya Jl Jambore 1 Cibubur/Cimanggis Depok Jawa Barat. Rutenya sendiri cukup mudah dijangkau dengan kendaraan umum maupun pribadi.

Misalnya, Anda bisa menggunakan transportasi umum seperti Transjakarta untuk menuju Cibubur. Selain itu, wisatawan juga bisa singgah di Cibubur Junction. Kemudian lokasi taman ini bisa dilihat di bagian depan tempat wisata.

Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi kontak telepon yaitu : (021) 8731859​​​atau alamat email [email protected].

Harga tiket masuk dan jam buka

Tarif masuk ke tempat wisata ini relatif murah, namun ada biaya khusus untuk anggota Pramuka. Lalu ada biaya tambahan lainnya ketika ingin naik wahana atau butuh foto dan syuting.

Tiket masuk Rp 10.000 dan tiket masuk kolam renang Rp 20.000. Sedangkan jika ingin berlangganan dengan 4 kali kunjungan maka tiket masuknya adalah Rp 100.000. Ingatlah bahwa ada tiket parkir tambahan tergantung jenis kendaraannya.

Parkir motor Rp 5.000, parkir mobil Rp 10.000 dan parkir bus Rp 20.000. Lalu, untuk tiket foto antara Rp 300.000 – Rp 5.500.000

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas menarik di Taman WiladatikaFoto oleh ynadp di flickr.com

Di Taman Wiladatika, ada banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan wisatawan, antara lain sebagai berikut:

1. Piknik keluarga

Kawasan ini memiliki ruang terbuka hijau yang asri dan sejuk yang bisa digunakan untuk piknik. Cukup bawa tikar dan makanan sendiri, wisatawan sudah bisa menikmati liburan yang menyenangkan dan murah.

Namun, ingatlah untuk menjaga kebersihan dengan membuang sisa makanan ke tempat sampah setelah piknik.

2. Cobalah Kolam Terapi Ikan

Di tempat ini, tersedia wahana untuk anak-anak. Sambil menunggu anak-anak bermain, orang tua bisa bersantai dengan menjajal kolam terapi ikan.

3. Lakukan wahana air

Selain pemandangan yang damai dan menenangkan, ada juga wahana air yang bisa dinikmati seluruh keluarga. Contohnya adalah sepeda air dan permainan bola air yang menarik dimainkan. Ada juga kolam untuk orang dewasa dan anak-anak untuk berenang.

4. Mainkan bola cat

Bagi yang suka tantangan, Anda bisa mencoba paintball di Taman Wiladatika. Taman yang indah ini adalah tempat yang tepat untuk menikmati aktivitas luar ruangan. Traveler bisa membuat grup atau tim dan bersenang-senang bermain paintball.

Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk melengkapi acara keluarga, sekolah atau kantor karena dapat membangun keakraban dan kekompakan. Tersedia juga akomodasi dengan variasi harga yang berbeda-beda sehingga Anda bisa memilih yang sesuai dengan budget Anda.

5. Kegiatan fotografi

Kegiatan terakhir yang menarik untuk dilakukan adalah kegiatan photoshoot. Di taman ini terdapat banyak tempat menarik dan indah yang bisa dijadikan background cantik untuk berbagai keperluan.

Contohnya seperti foto prewedding, untuk syuting film, iklan dan sinetron, hingga video klip musik. Ada juga yang menjadikan taman ini dari kegiatan foto layanan masyarakat hingga publisitas.

Fasilitas yang tersedia

Fasilitas Taman WildatikaKredit gambar: Google Maps Barkun

Fasilitas yang disediakan tempat wisata ini adalah PUSDIKLATNAS atau pusat pendidikan dan pelatihan pramuka nasional. Selain itu, terdapat pula fasilitas untuk berkumpul seperti ruang pertemuan, kolam renang, lapangan tenis, gazebo, outing, berbagai spot foto lampion, hingga akomodasi.

Fasilitas lainnya adalah berbagai wahana permainan anak seperti perahu air, bola air, seluncuran, jungkat-jungkit, becak, taman bermain, dll.

Taman Wiladatika merupakan salah satu taman terbaik di Kota Depok yang menarik banyak pengunjung. Tempat wisata ini dinilai cocok untuk keluarga karena banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan bersama keluarga.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button