Pantai Dunu, surga laut eksotik yang kaya pesona di Gorontalo - WisataHits
wisatahits

Pantai Dunu, surga laut eksotik yang kaya pesona di Gorontalo

Pantai Dunu, surga laut eksotik yang kaya pesona di Gorontalo
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kecamatan Monono, Kab. Gorontalo Utara, Gorontalo; Kasus: Verifikasi lokasi

Berbicara tentang Provinsi Gorontalo tidak akan membuat kita melupakan banyaknya pantai indah yang ada disana. Salah satu pantai utara Gorontalo yang wajib Anda kunjungi selama menginap adalah Pantai Dunu.

Pantai indah ini sering direkomendasikan sebagai pantai yang bisa dijadikan tempat bersantai. Untuk itu para pengunjung yang berada disini tentunya akan berusaha memanfaatkan waktu yang dimiliki untuk mengapresiasi segala keindahan yang ada.

Tak hanya itu, pantai Gorontalo Utara ini memiliki berbagai keistimewaan yang menarik. Mari kita lihat apa saja yang ditawarkan oleh pantai menawan ini.

Atraksi yang ditawarkan Pantai Dunu

Atraksi Pantai DunuFoto: Google Maps/ocfirst furqon

Pantai Dunu termasuk dalam jajaran pantai indah Gorontalo yang keindahannya patut dipertimbangkan. Anda akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang begitu mempesona saat berada di sini. Berikut adalah beberapa daya tarik dari pantai yang indah ini.

✦ Laut yang selalu indah

Daya tarik pertama yang bisa ditemui di Pantai Dunu adalah keindahan lautnya yang terlihat begitu indah. Bagaimana tidak, air laut yang terdapat di sini terlihat sangat alami dan selalu terasa alami, artinya manusia jarang melakukan hal yang berbahaya di air laut.

Tidak hanya itu, pada siang hari Anda bisa melihat betapa indahnya air laut di sini. Warna air di ujung pantai tampak hijau, karena warna ini mencerminkan perbukitan yang ada di sekitar pantai. Sedangkan warna airnya akan tampak biru muda di tengah lautan.

✦ Kekayaan alam yang luar biasa

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, pantai di utara Gorontalo ini menyimpan kekayaan alam yang patut diacungi jempol. Siapapun yang berkunjung ke pantai cantik ini pasti akan terkagum-kagum dengan keindahan yang terpampang jelas di depan mata.

Bahkan biota lautnya masih terjaga dengan baik, terbukti dengan masih adanya hewan yang berkeliaran di sana. Anda bisa melihat terumbu karang dan hewan lucu lainnya saat memutuskan untuk snorkeling di air laut.

✦ Tutupan pasir yang unik

Hampir seperti pantai pada umumnya, Pantai Dunu juga memiliki anugerah yang sangat menarik yaitu hamparan pasirnya yang cukup luas. Hamparan pasir di pantai ini berwarna coklat muda, sehingga pada siang hari pasir tersebut akan tampak mengkilat dan menghasilkan pemandangan yang mempesona.

Apalagi pasir yang terdapat di sini memiliki tekstur yang sangat lembut dan tidak akan membuat pengunjung merasa sakit. Anda dapat mencoba bertelanjang kaki bahkan berjalan-jalan di sekitar pantai. Namun, karena pasirnya sedikit menempel di kulit, pastikan untuk membawa air mineral untuk membersihkannya.

✦ Pantai Pendek

Garis pantai Pantai Dunu pendek, sehingga pengunjung tidak akan merasa terlalu lelah saat menjelajahi pantai. Hal ini tentunya berbeda dengan wisata pantai pada umumnya yang seringkali memiliki garis pantai yang panjang.

Garis pantai yang melengkung juga akan terlihat begitu indah dari atas. Anda dapat menangkap semua bentuk dalam rentang ini menggunakan bantuan teknologi seperti dengung jadi anda bisa melihat sendiri seperti apa pantai itu dari berbagai sudut.

✦ Gelombang ramah

Hal lain yang membuat pantai tenang ini jadi incaran wisatawan adalah ombaknya yang cukup bersahabat. Ombak di sini tidak seseram dan secepat ombak yang biasa ditemui di pantai lain. Untuk itu banyak yang memanfaatkan gelombang tersebut untuk melakukan aktivitas seru.

Bahkan jika Anda seorang pemula dalam berselancar atau berenang, Anda tidak perlu khawatir karena ombaknya tidak terlalu ganas. Namun, jangan pernah lengah dan perhatikan aturan yang telah ditetapkan oleh pihak pengelola pantai agar Anda selalu dapat melakukan aktivitas pantai dengan aman.

✦ Flora hijau dan kering tersedia

Tidak hanya garis pantainya yang cantik, bagian belakang Pantai Dunu juga menyuguhkan pemandangan yang tak kalah menarik. Ada beberapa flora hijau dan kering yang bisa Anda temukan dengan mudah saat berkunjung ke pantai ini.

Flora ini mampu mencegah pengunjung merasakan sinar matahari yang terlalu terik, sehingga bisa beristirahat di bawah rindangnya pohon. Pihak pengelola pantai telah berusaha agar semua satwa liar di sini selalu terjaga dan tidak pernah dalam keadaan mengkhawatirkan.

✦ Pemandangan sore yang tak terlupakan

Salah satu waktu terbaik yang bisa dipilih ketika ingin mengunjungi Pantai Dunu adalah saat sore atau dini hari. Karena setiap kali kita bisa melihat pemandangan matahari terbenam Atau Matahari terbit yang tentunya hanya bisa dilihat dengan jelas jika berada di pantai.

Karena pada umumnya pemandangan sunrise atau sunset tidak akan terlihat sejelas mungkin di hari biasa, dikarenakan beberapa faktor yang mengganggu seperti bangunan atau bangunan tertentu. Di pantai ini, Anda bisa menyaksikan pemandangan tersebut tanpa harus menghadapi rintangan yang mengganggu.

✦ Perbukitan yang mengelilingi pantai

Daya tarik terakhir yang ditawarkan Pantai Dunu adalah adanya perbukitan yang mengelilingi kawasan sekitar pantai. Perbukitannya juga memanjang dan tidak terlalu tinggi sehingga jika anda tertarik untuk mendaki bukit ini, anda tidak perlu bingung karena bukit ini mudah untuk didaki.

Di atas bukit, Anda akan dimanjakan dengan sejuknya angin dan segarnya rerumputan. Selain itu, Anda juga bisa melihat sendiri pemandangan laut yang terlihat begitu jelas dari atas.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Harga Tiket Pantai DunuFoto: Google Maps/ocfirst furqon

Pantai Dunu terletak di Desa Monano, sebuah desa di wilayah Kabupaten Gorontalo Utara. Lokasi pantai ini tidak terlalu jauh dari ibu kota provinsi Gorontalo, karena hanya berjarak sekitar dua jam perjalanan. Akses yang harus ditempuh pun tidak terlalu sulit seperti pantai-pantai lainnya.

Untuk menuju pantai yang indah ini, Anda bisa menggunakan sarana transportasi seperti kendaraan roda empat atau roda dua. Namun sangat disarankan untuk menggunakan transportasi umum, karena biayanya murah dan Anda dapat menempuh perjalanan melalui jalur alternatif yaitu Gorontalo ke Kawandang.

Untuk mengunjungi pantai menawan ini, Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 per orang. Namun, jangan lupakan biaya transportasi yang perlu Anda gunakan untuk menuju ke sana, dan biasanya biaya transportasi mencapai sekitar 25.000 rupiah.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Pantai Dunu

Pantai milik objek wisata DunuFoto: Google Maps/Iskandar Bobihu

1. Memancing

Aktivitas pertama yang bisa dilakukan di Pantai Dunu adalah memancing. Jika Anda memiliki hobi memancing, pantai ini dapat memenuhi hobi tersebut karena terdapat berbagai jenis ikan yang enak untuk disantap.

2. Bermain di pasir

Jika Anda ingin melakukan aktivitas pasir, ada banyak rekomendasi aktivitas yang bisa Anda lakukan. Salah satunya adalah membangun istana pasir dengan anak kecil atau bermain bola.

Karena tekstur pasirnya yang tidak sakit, hamparan pasir di pantai ini sangat cocok untuk bermain voli pasir. Namun, jika ingin melakukannya, Anda harus membawa bola sendiri dari rumah.

3. Berenang

Berkunjung ke pantai tentu tidak lengkap rasanya jika tidak merasakan dinginnya air laut yang asin. Anda dapat memutuskan untuk berenang di pantai yang populer ini.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai DunuFoto: Instagram/Tempat Wisata di Indonesia

Sama seperti aktivitas wisata pantai lainnya, pantai Dunu yang terkenal juga menawarkan beberapa fasilitas yang cukup lengkap. Sebut saja kamar mandi yang bisa bebas digunakan pengunjung tanpa membayar apapun.

Selain itu, terdapat tempat parkir yang bisa digunakan untuk memarkirkan kendaraan Anda jika membawa sepeda motor atau mobil pribadi. Jangan lupa membawa bekal karena jarang ditemukan restoran di sini.

Jika Anda merasa lelah, ada tempat untuk beristirahat di pinggir pantai. Di tempat ini, Anda bisa melihat pemandangan laut yang indah sambil mengisi ulang energi tubuh Anda.

Demikian informasi mengenai Pantai Dunu yang tentunya sangat berguna jika Anda memutuskan untuk mengunjungi Pantai Gorontalo Utara. Jika Anda berada di Gorontalo, jangan lewatkan pantai ini karena memiliki suasana berbeda yang pasti tidak bisa Anda dapatkan jika berada di pantai lain.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button