Air terjun Wae Warue, air terjun yang indah dan lokasi berkemah terbaik di utara Luwu - WisataHits
wisatahits

Air terjun Wae Warue, air terjun yang indah dan lokasi berkemah terbaik di utara Luwu

Air terjun Wae Warue, air terjun yang indah dan lokasi berkemah terbaik di utara Luwu

Air Terjun Wae Warue terletak di Sulawesi Selatan dengan pemandangan yang sangat indah dan suasana asri yang terkesan sangat kental.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Atue, Kec. Malili, Kab. Luwu Timur, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Berwisata di alam memang menjadi pilihan yang paling cocok untuk bisa menghilangkan penat setelah bekerja keras. Tempat wisata yang direkomendasikan adalah Air Terjun Wae Warue Luwu Timur yang memiliki aktivitas keindahan dan hiburan terbaik.

Banyak wisatawan yang tertarik dengan kesan air terjun ini karena pemandangannya yang sangat indah. Sayangnya, sedikit orang yang mengunjunginya karena tempat itu sendiri masih tersembunyi.

Oleh karena itu, tidak salah jika orang menganggap wisata ini sebagai hidden gem terbaik. Meski begitu, kawasan wisata ini terlihat sangat asri dan asyik sehingga cocok bagi siapa saja yang ingin menikmati wisata alam bertema air terjun.

Objek Wisata Air Terjun Wae Warue

Objek Wisata Air Terjun Wae WarueKredit gambar: Google Maps Muh Arjun

Bisa dibilang keindahan yang dimiliki sangat berbeda dengan wisata alam lainnya karena memukau pengunjung. Masih terlihat sangat alami tanpa banyak perubahan memberikan kesan yang baik, dan beberapa daya tarik yang dirasakan wisatawan adalah :

1. Keindahan alam yang luar biasa

Air terjun Sulawesi ini memiliki keindahan tersendiri. Keindahan alam yang luar biasa akan mempesona siapa saja yang melihatnya. Hal ini terlihat pada pantulan cahaya yang ditimbulkannya dari jatuhnya air.

Biasanya saat hujan usai, muncul pelangi yang sangat indah dan dapat memantulkan cahaya. Air terjun ini seperti disinari pelangi dan wisatawan akan sangat senang melihatnya.

2. Suasana Alam Terbuka

Pesona alam terbuka memang berhasil membuat pikiran lebih segar dari kesibukan di hari-hari sebelumnya. Suasana alam ini akan memberikan kesegaran bagi siapa saja yang memasuki kawasan wisata ini.

Bagaimana bisa? Suasananya didukung oleh rimbunnya pepohonan yang sangat hijau. Walaupun matahari menyinari air terjun ini, tetap tidak akan panas karena kesejukan air terjun ini lebih kuat dan cocok untuk dikunjungi saat musim kemarau.

3. Tidak ada jam buka

Wisata Air Terjun Warue ini bisa dikunjungi kapan saja karena tidak ada jam buka dan tutup. Karena kawasan wisata ini sangat terbuka, sehingga bisa dikunjungi kapan saja, dan tidak ada pengelola air terjun ini.

Namun, wisatawan harus memperhatikan kebersihan saat berkunjung ke kawasan wisata ini. Dan jika ingin berkunjung pada jam sibuk, disarankan untuk datang pagi-pagi sekali karena kesejukan air terjun disertai embun pagi sangat cocok.

4. Tempat perkemahan yang direkomendasikan

Daya tarik selanjutnya adalah sangat cocok untuk berkemah. Baik untuk kelompok besar atau kelompok kecil berkemah. Tidak jarang orang berkemah di sini karena tempat ini sangat nyaman dan aman.

Bukan berarti berkemah dilakukan di area air terjun, namun masih banyak tempat yang agak jauh dari air terjun namun memiliki tempat sendiri untuk mendirikan tenda. Suasana malam sendiri tidak akan kalah menyenangkan dengan suasana pagi hari.

5. Lokasi mudah dijangkau

Air terjun ini memang berada di daerah asing dan kurang dikenal karena berada di Sulawesi. Namun, selama wisatawan memiliki alamat yang tepat, mereka dapat mengunjunginya dengan sangat mudah karena lokasinya sangat mudah diakses.

Bahkan di Sulawesi Selatan tepatnya terdapat banyak air terjun, sehingga anda tidak akan bingung ingin mengunjungi lokasi wisata yang mana.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Wae WarueKredit gambar: Google Maps Anas bin malik

Lokasinya sendiri terletak di Kabupaten Luwu Utara di Sulawesi Selatan. Di tempat ini wisatawan akan dengan mudah menemukan air terjun.

Namun, perlu diingat bahwa medannya cukup menegangkan. Untuk bisa mencapai air terjun, Anda harus melintasi berbagai jenis genangan air yang ada di kawasan ini. Ini karena banyak air terjun berada di area yang sama.

Rute dari tempat ini bisa ditempuh dengan mudah, jika anda berada di pusat kabupaten Luwu Utara sebenarnya cukup jauh karena membutuhkan waktu 5 jam perjalanan. Dari pusat Kabupaten Luwu Utara → lanjut ke Jl. Palopo – Tomoni → lalu masuk ke Jl. Trans Wotu – Malili, lalu masuk ke air terjun ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Padahal, kawasan wisata ini merupakan tempat umum yang bisa dikunjungi oleh siapa saja dan kapan saja. Dengan kata lain, tidak akan ada biaya ketika Anda datang ke sini. Masih belum ada penduduk setempat yang menjalankan tempat ini sehingga mereka bisa masuk dengan bebas.

Namun karena merupakan kekayaan daerah Sulawesi Selatan, maka harus dipelihara dan dilestarikan. Saat berkunjung ke kawasan ini, wajib menjaga kebersihan agar tetap awet.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Wae Warue

Aktivitas Menarik di Air Terjun Wae WarueKredit gambar: Google Maps Muh Arjun

Berbagai macam aktivitas menarik dapat dinikmati wisatawan di Kawasan Wisata Air Terjun Wae Warue. Dan tentunya untuk kegiatan dengan berbagai ruang outdoor, seperti:

1. Mandi di air terjun

Wisatawan bisa melakukan aktivitas menarik yaitu mandi di air terjun dengan cara mandi di sekitar air yang mengalir. Namun perlu diperhatikan bahwa kegiatan ini akan dilihat oleh pengunjung lain, jadi Anda harus tetap menjaga sopan santun.

2. Tangkap ikan

Hal menarik juga bisa dilakukan di kawasan air terjun ini, seperti menangkap ikan. Apakah boleh memancing di area ini? Tentunya diperbolehkan asalkan menggunakan cara yang tepat dan tidak membahayakan ikan dan wisatawan lainnya.

Di kawasan ini masih sangat alami dan terkesan dengan keindahan alamnya, sehingga bisa dimanfaatkan untuk menangkap ikan segar. Gunakan pancing yang tepat dan hindari penggunaan obat-obatan berbahaya.

3. Berkemah semalaman

Seperti yang sudah dijelaskan, di kawasan air terjun eksotis ini sudah disediakan tempat khusus untuk bisa mendirikan tenda. Maka dari itu, kegiatan yang bisa dipraktekkan adalah berkemah semalam bersama teman atau rombongan besar.

Tidak jarang kegiatan berkemah ini dipraktekkan oleh banyak orang, baik pelajar, sekolah dan lainnya. Didukung dengan pepohonan yang rindang akan membuat suasana camping semakin nyaman.

4. Kegiatan barbekyu

Selain camping, kegiatan yang bisa dilakukan secara paralel adalah barbeque di sekitar air terjun. Kegiatan ini akan sangat menyenangkan jika dipersiapkan dengan baik. Siapkan api unggun di sekitar sejuknya air terjun Wae Warue.

Dengan begitu, suasana akan lebih menyenangkan dan berkesan. Turis biasanya melakukan ini jika mereka memiliki liburan panjang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Instalasi Air Terjun Wae WarueKredit gambar: Google Maps Anas bin malik

Meski tidak dijalankan oleh pemerintah atau warga setempat, namun fasilitas yang ada dapat dimanfaatkan untuk menunjang kegiatan wisata. Misalnya seperti tempat perkemahan, air terjun yang mengalir tenang dan bisa digunakan untuk berenang.

Memang fasilitas pendukungnya belum lengkap, dan kami berharap kedepannya kawasan wisata ini mendapat perhatian khusus dan dapat berkembang dengan baik. Dengan begitu, kawasan wisata bisa menjadi obyek yang lebih menarik.

Hal ini tidak menutup kemungkinan bagi para wisatawan untuk menikmati keindahan air terjun Wae Warue ini. Akan sangat menyenangkan mengunjunginya bersama keluarga dan teman-teman untuk berkemah dengan pemandangan yang sangat bagus dan indah ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button