CURUG CIBURIAL: tiket dan aktivitas - WisataHits
wisatahits

CURUG CIBURIAL: tiket dan aktivitas

CURUG CIBURIAL: tiket dan aktivitas

Harga tiket masuk Curug Ciburial: Rp 20.000. Jam buka: 06:00 – 16:00. Nomor telepon: -. Alamat: Karang Tengah, Babakan Madang, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16810.

Air Terjun Ciburial merupakan air terjun tingkat pertama, dari ketiga air terjun tersebut dua diantaranya adalah Curug Kembar dan Hordeng. Air terjun ini terletak di kawasan Sentul, Bogor. Ini adalah tempat yang tepat bagi wisatawan yang menyukai suasana kesunyian alam. Memang tidak terlalu tinggi, tapi tempat ini sangat indah. Selain itu, airnya masih sangat jernih.

Tiket Masuk Air Terjun Ciburial Bogor

Obyek wisata ini bisa dinikmati dengan tiket masuk yang terjangkau. Wisatawan juga akan dikenakan satu tiket masuk per kendaraan yang memasuki kawasan wisata. Tapi tenang, semuanya masih sangat terjangkau.

Biaya masuk
Tiket masuk Rp 20.000

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi CURUG CIBALIUNG Bogor

Jam Buka Air Terjun Ciburial Bogor

Obyek wisata ini bisa dinikmati dari pagi hingga malam hari. Wisatawan yang ingin merasakan kesegarannya bisa datang pada pagi hari.

Jam operasional
Setiap hari 06:00 – 16:00 WIB

Menikmati keindahan Air Terjun Ciburial Bogor

Kolam air Curug yang jernih berwarna biru kehijauanKolam air Curug yang jernih berwarna biru kehijauan. Foto: Gmap/hasan sadiq

Curug Ciburial, keindahan air terjun di tengah hutan. Siapa sangka, di tengah alam liar kota Bogor, ternyata masih ada alam asri berupa air terjun ini. Meski debitnya tidak terlalu tinggi, hanya sekitar 5 meter. Namun pesonanya tidak kalah dengan air terjun lain yang lebih tinggi.

Air terjun ini mengalir deras, membelah bebatuan besar di kedua sisinya. Batu-batu ini seolah membiarkan air terjun mengalir deras ke kolam di bawahnya. Air kolam terlihat begitu jernih, bahkan terkadang berwarna hijau kebiruan. Berpadu cantik dengan warna cokelat bebatuan di sekitarnya.

Baca: 10 Tempat Wisata Terbaik di Sentul

Udara di sekitar masih sangat segar. Selain itu, tumbuhan berupa semak dan pohon masih tumbuh subur di sekitarnya. Untuk membuat pemandangan semakin indah dan asri, air terjun yang tidak terlalu tinggi dan kolam yang tidak dalam menjadi keunggulan tersendiri bagi wisatawan.

Berenang di air kolam yang jernih

Berenang santai di kolam renangBerenang santai di kolam renang. Foto: Gmap/Ade Saif Ali

Kolam aliran Curug Ciburial begitu jernih. Warnanya juga tampak hijau kebiruan terkena sinar matahari. Kolamnya tidak terlalu dalam, sehingga wisatawan bebas berenang. Wisatawan bisa berenang dengan atau tanpa pelampung.

Bahkan tak jarang wisatawan membawa mainan tank hanya untuk berfoto. Waktu yang baik untuk bermain di kolam adalah saat musim kemarau. Karena debit airnya tidak terlalu tinggi dan aliran airnya tidak terlalu deras. Selain itu, saat musim kemarau, air kolam akan begitu jernih.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas CURUG BIDADARI Sentul

Saat musim hujan, aliran air terjun menjadi lebih deras. Sehingga tentu membahayakan wisatawan yang bermain di kolam tersebut.

Berfoto di Indahnya Ciburial

Spot foto favorit turisSpot foto favorit wisatawan. Foto: Gmap CHANNEL/UDAR1DER

Bagi yang tidak ingin bermain air, wisatawan juga bisa menikmati hal lain di sini. Apalagi berfoto dengan background air terjun yang menawan. Selain itu, bebatuan di sekitarnya juga menambah keindahan bingkai foto.

Batu besar di depan air terjun biasanya menjadi spot favorit wisatawan. Wisatawan akan duduk di atas batu dan berpose cantik. Dari sini Anda bisa melihat dengan jelas air terjun Ciburial yang menawan. Tanpa redaman, wisatawan juga membawa properti fotografi, seperti kain tenun.

Baca: Tiket Masuk Curug Sentul PUTRI KENCANA dan Aktivitas Serunya

Tak hanya itu, pengelola juga sudah merencanakan spot foto khusus. Dimana, wisatawan bisa berfoto di lokasi yang telah disediakan dengan dikenakan biaya. Wisatawan hanya perlu membayar Rp 3.000 untuk setiap spot foto.

Asal Usul Curug Ciburial

Keindahan air terjun Ciburial yang menawanKeindahan air terjun Ciburial yang menawan. Foto: Gmap/Vivi asr

Berwisata ke suatu tempat pasti menimbulkan rasa penasaran akan asal usulnya. Seperti ketika mengunjungi air terjun ini. Curug Ciburial ini ada secara tidak sengaja, yang ditemukan oleh seorang warga yang sedang mencari kayu. Dimana, warga mendengar gemericik air yang deras di balik semak besar.

Gemericik itu terlacak, yang ternyata mengarah ke air terjun yang tidak disebutkan namanya. Hingga akhirnya warga setempat mengusulkan nama “Ciburial” untuk air terjun tersebut. Yang artinya dalam bahasa Indonesia “air yang keluar dari bawah”.

Baca: Obyek Wisata CURUG HORDENG Sentul

Kemudian masyarakat setempat mulai membuka tempat itu menjadi objek wisata umum. Yang juga bisa dikunjungi oleh orang lain selain penduduk setempat. Dan sampai saat ini menjadi tempat wisata yang tidak pernah sepi pengunjung. Terutama pengunjung yang mencari kesunyian tanpa harus pergi jauh dari kota.

Nikmati masakan sederhana di Warung

Di sekitar air terjun berdiri warung-warung dengan konstruksi semi permanen. Kios-kios ini menjual segala sesuatu mulai dari makanan sederhana hingga makanan ringan dan minuman. Ada mie instan, kopi, teh, dan gorengan yang siap mengenyangkan perut. Meski sederhana, jika disantap dalam keadaan hangat akan terasa nikmat.

Plus, menikmati tempat indah yang sangat keren. Membuat suasana menjadi lebih menyenangkan dan membawa kebahagiaan bagi setiap orang yang menikmatinya.

Baca: 20+ Air Terjun Terbaik di Bogor

Meredakan

Obyek wisata ini telah dilengkapi dengan fasilitas umum. Seperti tempat parkir kendaraan, tempat penyimpanan helm, toilet dan warung. Pendakian menuju air terjun cukup sulit, menanjak dan ada bagian yang terjal. Wisatawan harus memakai alas kaki yang nyaman dan aman untuk trekking.

Lokasi Curug Ciburial

Terletak di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasi air terjun ini tidak terlalu jauh dari pusat kota Jakarta, hanya berjarak 60 kilometer. Dapat ditempuh dalam waktu 2 jam perjalanan. Sedangkan dari Kota Bogor hanya berjarak 32 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 1,5 jam perjalanan darat.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button