Tiket masuk Masjid Atta'awun dan keindahannya - WisataHits
wisatahits

Tiket masuk Masjid Atta’awun dan keindahannya

Harga tiket masuk Masjid Atta’awun : Gratis Jam buka : 24 jam No. Telepon : – Alamat : Jalan Raya Puncak – Gadog No.90, Tugu Selatan, Cisarua, Bogor, Jawa Barat, Indonesia, 16750

Wisata Puncak Bogor tidak hanya objek wisata alam saja yang bisa dijadikan tujuan, tapi ada juga Masjid Atta’awun. Masjid Atta’awun merupakan salah satu ikon wisata Puncak yang berdiri sejak tahun 1997. Sebagai masjid, pengunjung yang datang kebanyakan singgah ke sini untuk menunaikan sholat. Atau untuk istirahat sejenak karena lelah selama perjalanan.

Masjid yang dibangun puluhan tahun ini juga menjadi tujuan utama beribadah. Tapi sekarang tujuannya lebih dari itu. Masjid ini kini juga dikunjungi sebagai objek wisata, karena bangunannya yang unik. Selain masjid, ada juga tempat wisata dan kuliner yang patut dicoba.

Harga Tiket Masuk Masjid Atta’awun

Masjid ini tidak mematok tiket masuk bagi siapa saja atau gratis bagi siapa saja yang ingin berkunjung. Wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir.

Biaya masuk
Tiket masuk Gratis

Baca: Tarif dan aktivitas Tiket Wisata Alam Sevilla

Jam buka Masjid Atta’awun

Masjid Atta’awun, buka 24 jam sehari. Bagi yang ingin istirahat tidak perlu tidur di masjid, karena tersedia tempat istirahat. Sehingga pengunjung bisa langsung menuju tempat peristirahatan jika ingin beristirahat di sekitar masjid.

Jam operasional
Setiap hari 24 jam

Kagumi keindahan Masjid Atta’awun Bogor

Megahnya bangunan Masjid Atta'awunMegahnya bangunan Masjid Atta’awun. Foto: Gmap/Masjid Atta’Awun Puncak

Masjid Atta’awun merupakan salah satu masjid yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Tidak hanya masyarakat Bogor, tetapi juga masyarakat dari luar kota, biasanya yang berkunjung ke kawasan Puncak. Masjid ini biasanya menjadi tujuan ibadah sebelum atau sesudah berkunjung. Bangunan masjid memang tidak megah, namun memiliki keindahan dan keunikan tersendiri yang begitu memikat.

Dari luar, wisatawan akan melihat kubah masjid yang berbentuk seperti jamur. Saking uniknya, berbeda dengan masjid yang biasanya berbentuk kubah setengah lingkaran. Kubah bangunan utama berwarna putih, senada dengan warna dinding bangunan. Terlihat mencolok jika dilihat dari atas, apalagi jika terkena sinar matahari.

Lalu ada menara di dekat kubah bangunan utama masjid, sebagai pemancar suara. Masjid ini juga dikelilingi oleh taman yang penuh dengan tanaman dan pepohonan. Begitu asri dan asri, ditambah lagi taman ini terlihat sangat terawat. Lengkap dengan jalur-jalur yang tertata rapi, memudahkan wisatawan untuk berkeliling masjid.

Baca: Tiket dan Aktivitas Kebun Teh Puncak Gunung Mas

Arsitektur yang indah memadukan Timur Tengah dan tradisional

Interior masjid yang menarikInterior masjid yang menarik. Foto: Gmap/Hamid Noor

Masjid Atta’awun mengadopsi arsitektur interior yang unik. Perpaduan bangunan masjid Timur Tengah dengan sentuhan tradisional yang khas. Misalnya di gapura sebelum masuk masjid terdapat kolam kecil sedalam mata kaki. Kolam untuk cuci kaki sebelum masuk masjid, khas bangunan masjid di Jawa.

Saat memasuki masjid, Anda akan merasakan suasana yang sejuk berkat sirkulasi udara yang baik di dalam masjid. Penerangan di dalam masjid juga sangat baik, dengan kaca dan jendela sebagai tempat masuknya cahaya. Lalu, di beberapa sudut terlihat jendela kaca patri warna-warni khas bangunan Timur Tengah. Ini berpadu indah dengan pilar-pilar marmer yang menopang lantai dua masjid.

Lantai masjid terbuat dari kayu jati yang terkenal dengan kualitasnya yang baik. Penggunaan kayu jati sengaja dipilih karena cepat beradaptasi dengan suhu sekitar sehingga masjid tetap sejuk. Pemasangan lantai kayu dilakukan seperti rumah panggung, dengan jarak 50 sentimeter di atas tanah. Ruang antara lantai dan tanah dengan tujuan untuk menghindari kelembaban dan serangan rayap.

Baca: Tarif dan aktivitas Tiket Wisata Alam Sevilla

Interior masjid artistik

Lantai dua tempat Kongregasi WanitaLantai dua tempat Kongregasi Wanita berada. Foto: Gmap/Irma Irawan

Masjid ini terdiri dari dua lantai, lantai atas diperuntukkan bagi umat beriman. Ruang sholat untuk jemaah pria dan wanita dibedakan berdasarkan lantai. Lantai kedua gedung ini juga masih menggunakan lantai kayu. Bahkan, beberapa tiang di masjid juga menggunakan kayu polesan yang cantik.

Di lantai pertama, jendela kaca patri warna-warni dan kaligrafi menjadi hiasan yang menarik. Di bagian depan lantai satu terdapat mihrab, yaitu tempat kecil berbentuk baskom. Mihrab umumnya digunakan sebagai tempat imam memimpin sholat dan menyampaikan khutbah. Mihrab Masjid Atta’awun sendiri sangat tinggi dan terlihat begitu artistik.

Bagian mihrab dihiasi dengan kaligrafi surat yang dikutip dari Al Quran. Yakni ayat 3 Surat At-Taubah. Tak lupa lampu gantung menambah keindahan interior ruangan.

Baca: Tiket dan Aktivitas THE RANCH Puncak Cisarua Bogor

Dari sungai hingga air terjun buatan yang indah

Cekungan air yang mengalir dari sungaiBak berisi air yang mengalir dari sungai. Foto: Gmap/Luqman Hakim

Di belakang masjid terdapat sungai yang sangat dangkal. Sungai ini bersumber dari mata air alami yang konon tidak pernah habis. Bahkan saat musim kemarau, selain terus mengalir, airnya sangat jernih.

Untuk menambah keindahannya, sungai ini juga dilengkapi dengan air terjun kecil. Wisatawan bisa bermain-main di sekitar sungai, bahkan ada yang berbasah-basahan di sungai. Meski mengalir deras, arus sungai ini cukup tenang sehingga masih aman bagi pengunjung.

Aliran sungai ini merupakan sumber air yang mengisi kolam di sekitar masjid. Adanya kolam-kolam air jernih ini juga membawa kesejukan tersendiri di sekitar masjid.

Baca: Tiket Puncak dan Aktivitas TELAGA SAAT

Kuliner di sekitar masjid sambil menikmati kebun teh

Di sekitar masjid terdapat deretan warung makan dan jajanan. Jual aneka masakan khas bogor dan jawa barat lainnya. Ubi Cilembu dan jagung bakar misalnya, bisa menjadi kudapan hangat di kawasan Puncak yang dingin. Ditemani segelas minuman yang menghangatkan tubuh.

Sembari menikmati kuliner, wisatawan bisa mengagumi keindahan kebun teh. Di sekitar masjid terdapat kebun teh dengan tanaman yang tertata rapi. Memang pengunjung bisa menyempatkan diri untuk berfoto di area kebun teh.

Meredakan

Masjid Atta’awun memiliki fasilitas umum yang baik. Area parkir, toilet, dan tempat istirahat tersedia dalam kondisi baik. Di sekitar masjid juga banyak terdapat warung-warung kecil. Yang menjual aneka makanan dan aksesoris untuk oleh-oleh.

Lokasi Masjid Atta’awun, Bogor

Masjid ini terletak di Jalan Raya Puncak – Gadog No.90, Tugu Selatan, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button