Kota Tua Padang, destinasi wisata bersejarah kontemporer dengan nuansa klasik Eropa - WisataHits
wisatahits

Kota Tua Padang, destinasi wisata bersejarah kontemporer dengan nuansa klasik Eropa

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kampung Padang, Kec. Padang Barat, Kota Padang, Sumatera Barat; Kasus: Cek lokasi

Salah satu kota di Indonesia yang menawarkan destinasi wisata menarik adalah Padang. Di kota ini, Anda akan menemukan banyak bangunan era kolonial yang sampai saat ini masih dipertahankan keasliannya, seperti kota tua Padang. Saat mengunjungi kota tua Sumatera Barat, Anda bisa melihat bangunan-bangunan eksotis.

Anda seolah merasakan suasana di zaman penjajahan. Sejauh ini, bangunan-bangunan tersebut masih kokoh. Bangunan-bangunan ini memiliki sejarah panjang. Bagi Anda yang ingin mengetahui lebih lanjut, berikut akan mengulas atraksi, fasilitas, harga tiket, dan lainnya. berkaitan dengan tempat wisata di kota tua.

Tempat Wisata Kota Tua Padang

Tempat Wisata Kota Tua PadangKredit gambar: Google Maps Dicky Suryadinata

1. Memiliki keragaman suku dan budaya

Kota Tua memang kaya akan bangunan-bangunan tua yang merupakan peninggalan masa kolonial. Salah satu daya tarik kota ini adalah Anda akan menemukan keragaman budaya dan etnis yang luar biasa di sini.

Masyarakat kota Padang sangat beragam diantaranya adalah orang India, Tionghoa, Jawa, Melayu, Nias dan juga Minangkabau. Dari masing-masing masyarakat tersebut memiliki adat dan tradisi yang berbeda satu sama lain. Dengan mengunjungi tempat ini sendirian, Anda akan menemukan banyak keragaman etnis dan budaya.

Kawasan kota Padang berasal dari berbagai budaya yang dibawa oleh berbagai negara. Ini pasti akan menciptakan kemeriahan di acara-acara seperti perayaan hari besar atau perayaan Tahun Baru Imlek dll. Masing-masing suku tersebut nantinya akan menampilkan pertunjukan yang unik.

2. Jejak arsitektur

Daya tarik selanjutnya yang bisa Anda temukan saat mengunjungi kota tua adalah jejak arsitekturnya. Karena memang bangunan cagar budaya lama ini menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan.

Bangunan yang masih kokoh meski berusia puluhan hingga ratusan tahun memang dibangun dengan arsitektur yang sangat andal. Hal ini bisa Anda lihat di setiap aspek bangunan yang ada di kota tua.

3. Memiliki nuansa Eropa

Saat Anda berada di kota tua Padang, Anda akan melihat bahwa kota ini memiliki nuansa Eropa yang khas. Kota bersejarah yang indah ini memang sangat representatif. Anda bisa melihatnya dari gaya arsitektur bangunan di sana. Bangunan yang berdiri memiliki tampilan klasik.

4. Pemandangan Kota Tua

Objek wisata milik Kota Tua PadangKredit gambar: Google Maps Afif Afandi

Sebelumnya, Kota Padang merupakan salah satu daerah yang paling berkembang di Sumatera. Bahkan kota ini juga bisa disebut sebagai kota metropolitan. Banyak kegiatan komersial yang dilakukan antar negara berlangsung di kota.

Khususnya dari abad ke-18 hingga abad ke-19, bahkan di kota Padang, para pemukim membentuk pusat militer mereka. Hal inilah yang membuat pemandangan kota Padang sangat penuh dengan bangunan-bangunan tua yang eksotis dan dapat memanjakan mata Anda. Tidak sulit menemukan beberapa bangunan peninggalan negara Belanda di kota Padang.

5. Situs Keanekaragaman Budaya

Sebagaimana dikemukakan di atas, kota tua Padang merupakan tempat keragaman budaya. Karena memang di kota itu hidup berbagai suku bangsa. Misalnya, suku Indian yang tinggal di kawasan Kampung Keling.

Setiap tahun, masyarakat India secara rutin menyelenggarakan acara yang merupakan kegiatan untuk memberikan penghormatan kepada tokoh-tokoh Muslim yang berasal dari India dan memiliki jasa yang besar.

Di dunia sendiri, hanya ada tiga tempat yang menyelenggarakan acara tersebut, dan Padang adalah salah satu yang menyelenggarakan tradisi tersebut. Adapun etnis Tionghoa, mereka terutama tinggal di daerah pondok.

Nuansa oriental sangat terasa saat Anda berada di tempat menjelang hari besar, seperti cap go meh atau tahun baru Imlek. Selama hari-hari besar ini, orang-orang etnis Tionghoa akan menampilkan pertunjukan budaya yang sangat menarik, seperti barongsai.

6. Lokasi hunting foto yang menarik

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki Kota Tua Padang adalah tempat yang sangat cocok untuk hunting foto. Gedung-gedung tua dan gedung-gedung peninggalan zaman kolonial memiliki daya tarik yang cukup luar biasa.

Begitu juga dengan jejak arsitektur Belanda yang bisa Anda nikmati selama ini di kawasan wisata ini. Setiap sudut tempat ini seolah menawarkan tempat yang menarik untuk berfoto.

Untuk itu, wajar jika banyak wisatawan yang datang ke tempat ini untuk tujuan hunting foto dengan latar belakang gedung-gedung tua. Anda akan menemukan banyak orang yang bekerja sebagai fotografer di tempat ini yang sibuk mencari spot foto yang menarik.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kota Tua PadangKredit gambar: Google Maps Natalia Wistriany

Lokasi bangunan yang akan Anda lihat saat berada di kota tua Padang ini memang tidak berada di tempat yang sama. Ada banyak tempat di kawasan ini yang menampilkan bangunan klasik. Namun, ketika Anda menyusuri Jalan Muaro, Pasa Gadang bahkan kawasan Pondok di Padang, Anda akan menemukan tempat wisata berupa bangunan-bangunan tersebut.

Lokasi kota tua ini berada di kota Padang, Sumatera Barat. Bagi Anda yang merasa bingung mencari tempat, Anda bisa menggunakan Google Maps. Dengan cara ini nantinya akan lebih mudah bagi Anda untuk menemukan kota tersebut.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Kota Tua PadangKredit gambar: Google Maps Natalia Wistriany

Setiap objek wisata tentunya akan memiliki tiket untuk bisa masuk dan menikmati keindahannya. Sama disini, nanti kamu juga akan dikenakan tiket masuk. Dan setiap venue di Kota Tua biasanya akan menarik tiketnya sendiri juga.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena tarif yang ditawarkan sangat terjangkau. Biaya yang perlu Anda keluarkan hanya berkisar Rp 5.000 hingga Rp 10.000 untuk setiap objek wisata yang ingin Anda kunjungi nantinya.

Kegiatan menarik untuk dilakukan di kota tua

Aktivitas di kota tuaKredit Gambar: Instagram Skyscrapercity Padang

1. Berburu foto untuk berbagai kesempatan

Aktivitas pertama yang tidak boleh dilewatkan saat berada di Kota Tua adalah hunting foto. Banyak sekali turis yang datang untuk mencari foto. Ada yang hanya untuk koleksi pribadi, namun banyak juga yang digunakan untuk keperluan lain, seperti media cetak, dll.

Anda bahkan dapat menemukan wisatawan yang datang ke tempat ini untuk foto prewedding. Bagi Anda yang memang sedang bingung mencari tempat wisata yang tepat saat ingin berwisata, Anda bisa menggunakan Kota Tua Padang.

Ada banyak tempat wisata yang bisa Anda pilih. Dan Anda bisa menyesuaikan dengan tema prewedding. Apalagi bagi Anda yang sedang mencari tempat prewedding yang unik. Jadi di sinilah Anda bisa mendapatkannya.

2. Selamat memasak

Aktivitas selanjutnya yang bisa Anda lakukan di Kota Tua Padang adalah menikmati kuliner yang sangat menggugah selera. Setelah menjelajahi tempat ini, perut Anda akan keroncongan dan tenggorokan Anda akan terasa haus. Untungnya, di sekitar lokasi terdapat banyak pilihan kuliner yang menggugah selera.

Dari warung biasa hingga butik atau restoran yang sudah memiliki reputasi melegenda. Salah satu menu kuliner terpopuler di kota ini adalah perpaduan antara Milo dan Kopi. Minuman ini memang sangat populer di kalangan anak muda di kota Padang. Menu minumannya juga disingkat kopmil.

Tidak sulit bagi Anda untuk menemukan tempat yang menyajikan menu ini. Selain kopi milo, nantinya Anda juga bisa menemukan berbagai makanan dan minuman lainnya. Yang juga tidak kalah terkenal adalah es krim duriannya.

Bagi penggemar durian tentu menu ini akan sangat digemari. Di Kota Tua, Anda akan menemukan banyak warung yang menjual es krim durian. Setelah lelah mengunjungi dan menjelajahi tempat-tempat menarik, menikmati kesejukan es krim durian pasti akan membuat Anda rileks. Harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di kota tuaKredit gambar: Instagram PT. Fasilitas Wisata Keumala

Untuk fasilitasnya sendiri, Kota Tua Padang telah menyediakan fasilitas yang cukup lengkap bagi wisatawan. Karena terletak di kawasan perkotaan, maka tidak akan sulit bagi Anda untuk menemukan fasilitas yang tersedia di sana.

Contoh fasilitas umum yang bisa Anda gunakan adalah masjid atau mushola. Bagi Anda yang ingin berganti pakaian juga tidak perlu khawatir, karena di sini terdapat banyak toilet umum. Parkir juga tidak sulit ditemukan.

Bagi anda yang datang tanpa membawa kendaraan pribadi, disini juga terdapat lokasi persewaan kendaraan bermotor. Dengan menggunakan jasa sewa kendaraan ini tentunya Anda bisa menjelajahi kota dengan lebih leluasa.

Demikian ulasan lengkap Kota Tua Padang yang perlu Anda ketahui. Bagi Anda yang penyuka sejarah atau Anda yang menginginkan tempat wisata yang menawarkan pemandangan berbeda dari pemandangan alam, Anda bisa mengunjungi kota tua yang satu ini. Karena disinilah Anda akan disuguhkan panorama bangunan tua klasik Eropa.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button