Curug Ciburial, pesona air terjun cantik super jernih di Bogor - WisataHits
wisatahits

Curug Ciburial, pesona air terjun cantik super jernih di Bogor

Curug Ciburial, pesona air terjun cantik super jernih di Bogor
Harga tiket: Rp 20.000 Jam operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: Cibadak, Kec. Sukamuka, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Pernahkah Anda membayangkan betapa indahnya air terjun jika berada di tengah hutan? Ya, pemandangan alam ini bisa kamu temukan di Curug Ciburial yang terletak di tengah Hutan Kota Bogor. Jika selama ini wisatawan biasa dimanjakan dengan keindahan alam kawasan puncak Bogor, kini saatnya anda melihat sesuatu yang berbeda.

Sungguh keindahan alam yang sayang untuk dilewatkan. Apalagi bagi traveler yang menyukai alam eksotik, maka di air terjun cantik ini Anda bisa merencanakan perjalanan. Anda dapat merencanakan liburan akhir pekan setelah beberapa hari melakukan aktivitas profesional.

Bagaimana agar rasa penat yang Anda rasakan tidak segera hilang? Di Curug Ciburial Jonggol, Anda bisa menikmati suasana alam yang tidak ada di tengah kota. Saat memasuki kawasan air terjun yang indah ini, mata Anda akan langsung disambut oleh alam yang segar. Biar nggak makin penasaran, yuk simak kriterianya.

Atraksi yang ditawarkan oleh Curug Ciburial

Objek wisata air terjun CiburialFoto: Google Maps Panji Saputra

✦ Terletak di kawasan hutan

Hutan tidak selalu menakutkan. Buktinya, di tengah alam liar kota Bogor yang kerap disebut kota hujan ini ternyata ada kunjungan yang menakjubkan. Anda tidak akan kecewa saat melihat lokasi Curug Ciburial.

Hamparan tanah yang berhektar-hektar dan ditumbuhi pepohonan tinggi ternyata menyembunyikan keindahan yang jarang diketahui orang. Sebuah air terjun menyuguhkan pemandangan air yang memukau mata.

✦ Nada dingin

Lokasi air terjun yang dihiasi rimbunnya pepohonan di tengah hutan ini pasti terlihat sangat segar. Selain itu, istilah air terjun sering diidentikkan dengan berada di tempat yang memiliki ketinggian tertentu. Tentunya suhu udara akan semakin dingin.

Pepohonan hijau memberikan udara segar. Suasana sejuk dan asri akan membuat Anda tidak pernah bosan. Tanpa disadari, Anda akan betah berlama-lama menikmati nuansa air terjun ini.

✦ Air terjun yang indah

Curug Ciburial memiliki pesona air terjun yang mengalir dari ketinggian 5 meter. Meski tidak terlalu tinggi, namun keindahannya tidak kalah dengan pemandangan air terjun terpopuler.

Air terjunnya mengalir deras membelah bebatuan di kedua sisinya. Bebatuan di kanan dan kiri seolah memberi kemungkinan air mengalir ke cekungan yang lebih rendah. Selain itu, kejernihan air yang mengalir dipadu dengan warna bebatuan yang coklat membuat airnya terlihat semakin hijau kebiruan.

✦ Air jernih dilengkapi dengan kolam yang dalam

Air terjun yang mengalir tidak terlalu tinggi, namun tetap mampu menunjukkan ciri khas yang luar biasa. Aliran airnya yang jernih dan sejuk akan membuat Anda ingin mencium baunya. Rasanya ada yang kurang jika tidak berenang atau sekadar mencelupkan kaki ke kolam yang relatif dalam.

Inilah yang menarik banyak wisatawan. Anda mencari tempat wisata yang bernuansa alam dan mampu menyampaikan rasa tenang. Termasuk mencari air bersih, jernih, sejuk seperti bak es.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Curug CiburialFoto: Google Maps Oman Homsa

Curug Ciburial lebih tepatnya berada di Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Surga yang tersembunyi di tengah alam liar Bogor ini berada tak jauh dari kota metropolitan Jakarta. Jarak dari Jakarta ke air terjun ini hanya 60 kilometer. Bagi Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, cukup menempuh perjalanan sekitar 2 jam.

Bagi Anda wisatawan yang memulai perjalanannya dari Sirkuit Sentul, Bogor, hanya membutuhkan waktu satu jam perjalanan. Anda tidak perlu khawatir salah arah karena teknologi saat ini semakin canggih. Anda hanya perlu membuka Google Maps.

Setelah sampai di tempat parkir, Anda harus menempuh perjalanan sekitar 1 atau 2 jam untuk sampai di tempat setelah Gunung Kuta. Karena medan jalan yang licin dan terjal, paling aman menggunakan sepatu yang nyaman dan aman.

Air terjun yang menyimpan keindahan tersembunyi ini terletak di bawah tebing pendek. Lokasinya cukup terjal karena mengikuti aliran sungai.

Harga tiket masuk wisata air terjun

Pada umumnya harga tiket masuk suatu tempat wisata antara hari biasa dan hari libur memiliki standar yang berbeda. Hari biasa adalah hari jam atau disebut hari kerja, yaitu Senin sampai Jumat. Sedangkan untuk hari libur atau hari kerja yaitu antara Sabtu dan Minggu.

Namun, harga yang dipatok saat berkunjung ke Curug Ciburial tidaklah mahal. Bahkan antara hari kerja dan hari libur, tidak ada perbedaan. Anda cukup membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000 dan biaya parkir sebesar Rp 5.000.

Untuk mendapatkan informasi detail mengenai tiket masuk, silahkan hubungi pengelola wisata air terjun. Harga dapat berubah sewaktu-waktu.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Seru Di Curug CiburialFoto: Google Maps/Johan Antony Butarbutar

1. Berenang di kolam air terjun bawah laut

Anda bisa menikmati jernihnya air terjun dengan berenang sepuasnya. Jika takut berenang, Anda bisa menyewa pelampung yang disediakan pengelola. Tidak jarang banyak wisatawan yang memilih membawa jaket pelampung sendiri.

Waktu yang tepat untuk mengunjungi air terjun cantik ini adalah saat musim kemarau. Aliran air di kolam tidak terlalu tinggi. Selain itu, kejernihan airnya juga terlihat jelas. Apalagi jika Anda berkunjung saat matahari sedang terik. Sparkling water akan memancar saat terkena sinar matahari.

Jika Anda hanya bisa mendapatkan waktu selama musim hujan, tidak ada salahnya. Namun, saat musim hujan, Anda harus berhati-hati. Trek yang licin dan aliran air yang tinggi mengharuskan Anda ekstra hati-hati.

2. Berfoto di lokasi sekitar air terjun

Spot foto Curug Ciburial sangat indah. Anda bisa berfoto dengan air terjun dan bebatuan di kedua sisi air terjun sebagai latar belakang. Sungguh, ini menawarkan pemandangan yang layak untuk diabadikan.

Carilah foto-foto yang sering dijadikan tempat favorit untuk styling, terutama pada batu besar di depan air terjun. Untuk mendapatkan foto yang unik dan cantik, banyak wisatawan yang menggunakan private property. Mulai dari kain tenun, topi pantai, kacamata, dll.

3. Menyelam di air jernih

Kegiatan menyelam atau snorkeling biasanya dilakukan di lautan luas. Namun, tidak ada salahnya jika ingin menikmati dasar kolam yang jernih ini.

Anda bisa menyelam hanya dengan kacamata renang. Selain menikmati keindahan bawah kolam, Anda juga bisa menata rambut untuk mendapatkan foto terbaik.

4. Bepergian ke lokasi yang menarik

Untuk menuju lokasi Curug Ciburial, Anda harus berjalan kaki atau menggunakan sepeda motor trail. Ini karena medannya banyak bebatuan.

Saat Anda menikmati perjalanan di tempat, Anda juga akan bertemu dengan banyak pendaki. Para pendaki biasanya menuju Air Terjun Cibereum di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango.

Tidak disarankan menggunakan kendaraan pribadi berupa mobil untuk menuju lokasi air terjun. Ini akan berbahaya karena trek tidak mendukungnya. Namun, meski di tengah perjalanan terasa lelah, tetap semangat. Rasa lelah ini akan terbayar dengan keindahan air terjun yang mempesona.

5. Nikmati santapan di warung sekitar Curug

Sesampainya di lokasi air terjun, ada baiknya Anda beristirahat terlebih dahulu. Nah, di sekitar Curug Ciburial terdapat sejumlah warung yang menjajakan aneka dagangan. Mulai dari makanan sederhana hingga aneka jajanan dan minuman.

Ada mie instan, gorengan, makanan ringan, kopi, teh, susu, jahe dan masih banyak lagi. Anda tinggal memesan ke pemilik toko sambil menikmati nuansa alam yang selalu tampil menawan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan Curug

Fasilitas yang tersedia di Area Pemakaman CurugFoto: Google Maps/Tambang Raras

1. Area parkir

Area parkir di lokasi Curug Ciburial cukup luas. Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi atau umum, tidak perlu khawatir. Anda hanya perlu membayar Rp 5.000 untuk layanan parkir.

2. Penyimpanan Helm

Terkadang yang membuat wisatawan tidak nyaman saat mengendarai kendaraan roda dua adalah penempatan helm yang tidak aman. Di tempat umum, banyak tangan jahil yang mengganggu korbannya.

Namun, hal tersebut tidak terjadi pada wisata yang menonjolkan keindahan air terjun cantik ini. Anda bisa lebih tenang memakai helm karena ada layanan penitipan helm. Anda hanya perlu membayar Rp3.000 untuk melepas headset.

3. Toilet

Keberadaan toilet di tempat umum, khususnya tempat wisata, memang sangat dibutuhkan pengunjung.

Anda tidak perlu panik saat ingin buang air kecil. Meski objek wisata ini berada di tengah hutan belantara, namun keberadaan toilet yang disediakan sangat nyaman untuk digunakan.

Ketersediaan air dan kebersihan toilet menjadi tanggung jawab petugas kebersihan yang bekerja di kawasan Curug Ciburial. Oleh karena itu, Anda tidak perlu khawatir terabaikan jika ingin ke kamar mandi.

4. Bilik

Deretan warung semi permanen akan membuat Anda semakin nyaman. Perjalanan yang cukup melelahkan tentunya membutuhkan tenaga untuk mengembalikan penat. Ya, di warung ini kamu bisa memesan berbagai macam masakan.

Meski makanan yang dijual bukan makanan kelas satu, namun rasanya tetap enak. Apalagi jika menyantapnya sambil menikmati pemandangan alam yang selalu asri, sungguh menjadi kenikmatan tersendiri. Perasaan keindahan dan kenyamanan tidak selalu berarti harga tinggi.

5. Tempat relaksasi

Di Curug Ciburial terdapat pepohonan yang rindang. Anda dapat menggunakannya untuk berteduh atau beristirahat. Selain pepohonan, terdapat juga tebing bebatuan besar yang bisa dijadikan tempat bersantai dan berfoto.

Bagi Anda penggemar dunia fotografi, baik sebagai fotografer maupun model, pasti akan mengapresiasi vibe ini. Bersantai sambil menikmati sajian yang masih hangat. Misalnya kopi dengan gorengan. Ini adalah kesenangan yang mahal.

Itulah sederet tempat wisata dan informasi menarik seputar Curug Ciburial Bogor. Tidak perlu jauh-jauh asalkan bisa menghilangkan penat, kenapa tidak? Yuk, segera atur waktu yang tepat untuk menikmati wisata bernuansa alam ini. Lokasinya yang menawan dan harga tiket yang murah akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button