Tahura Pakal Siap Jadi Ekowisata, Tempat Piknik Murah Warga Surabaya: Okezone Travel - WisataHits
Jawa Barat

Tahura Pakal Siap Jadi Ekowisata, Tempat Piknik Murah Warga Surabaya: Okezone Travel

WALIKOTA Surabaya, Jawa Timur, Eri Cahyadi berharap Taman Hutan Raya Pakal (Tahura) yang saat ini sedang dipersiapkan untuk ekowisata dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.

kehendak Tuhan Semuanya dapat bekerja pada 2023, tetapi kami sedang membangun akses sekarang. Kami juga akan melibatkan pihak ketiga atau investor untuk menciptakan ruang,” katanya di awal Diantara.

Menurut Eri, ekowisata di Tahura Pakal merupakan bagian dari upaya menciptakan wisata murah bagi warga Kota Pahlawan, yang mau menarik pengunjung baik dari dalam maupun luar kota.

“Kami berharap ada tempat wisata murah di Surabaya yang bisa dinikmati masyarakat Surabaya,” ujarnya.

Infografis Kebun Raya di Indonesia

Melalui ekowisata, Eri mencontohkan Tahura Pakal dengan luas 12 hektar yang bisa dijadikan tempat perkemahan dengan menyediakan wahana ATV dan wahana permainan lainnya.

Untuk itu, Pemkot Surabaya mulai melakukan serangkaian pembenahan infrastruktur untuk memudahkan pengunjung mengakses kawasan wisata tersebut.

Selain itu, banyak potensi wisata di bagian barat kota Surabaya yang dapat mendongkrak perekonomian warga sekitar, mulai dari Tahura Pakal, Sememi dan Balas Klumprik.

“Namun tidak ada pintu masuk seperti di Tahura Pakal, harus melalui desa terlebih dahulu. Akses masuk dan parkir tidak sesuai, jika tempat wisata tidak memiliki unsur ini tidak mungkin mengunjungi tempat wisata tersebut, “jelasnya.

Oleh karena itu, pihaknya akan memperbaiki akses jalan tersebut. Ada dua jalur akses menuju tempat ini yaitu melalui Jalan Pondok Benowo Indah dan Jalan Babat Jerawat.

“Setelah kami cek, dari Jalan Pondok Benowo Indah hingga Tahura Pakal, hampir 80 persen merupakan fasilitas umum Pondok Benowo Indah, jadi kami tidak perlu membebaskan lagi. Kami menggunakannya sebagai jalan. Kami sedang membangun jalan untuk sampai ke Tahura Pakal,’ kata Eri.

Sedangkan untuk anggaran yang digunakan untuk membangun jalan, Eri menjelaskan saat sudah menjadi fasilitas kesehatan masyarakat. Artinya sudah menjadi milik Pemkot Surabaya dengan melakukan pekerjaan pengaspalan seperti di Jalan Pondok Benowo Indah hingga berlanjut ke Jalan Babat Jerawat.

“Kami minta dimasukkan dalam anggaran perubahan PAK (perubahan anggaran keuangan) agar tahun ini bisa kami kerjakan dan membuka ekowisata Tahura Pakal tahun depan,” pungkasnya.

Source: travel.okezone.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button