Green Kayen Sleman: Lokasi Rute, Harga Tiket, Atraksi, Fasilitas, Dan Lainnya - WisataHits
wisatahits

Green Kayen Sleman: Lokasi Rute, Harga Tiket, Atraksi, Fasilitas, Dan Lainnya

Green Kayen Sleman: Lokasi Rute, Harga Tiket, Atraksi, Fasilitas, Dan Lainnya

Hijau kayen – Pastikan fokus pada yang namanya green kayen sampai green canyon. Karena kali ini kita tidak akan mendekati green canyon yang ada di amerika sana, melainkan kita akan mendekati destinasi wisata bahari kota jogja yaitu green kayen.

Seperti namanya, air di sungai di Green Kayen ini memiliki warna hijau yang menawan. Wisata kayak hijau ini merupakan salah satu destinasi wisata alam di jogja yang wajib anda kunjungi.

Karena tempat ini masih sepi pengunjung, maka dibutuhkan dukungan para pecinta travel untuk membantu melestarikan tempat ini, karena kunjungan anda sangat berarti.

Apalagi saat anda berkunjung dijamin tidak akan menyesal karena keindahan alam yang mengelilinginya masih sangat alami dan belum tercemar sama sekali. Tempat ini sangat cocok sebagai tempat terapi relaksasi alami.

Kondisinya yang sangat tenang dan bernuansa alam sangat cocok bagi Anda yang ingin menenangkan diri dari penat dan stress akibat rutinitas selama ini. Selain itu, udaranya yang selalu sangat bersih membuat kami enggan untuk meninggalkan tempat ini.

Meski green kayen masih dikelola murni oleh warga setempat, namun cukup nyaman dan layak untuk dikunjungi. Anda juga bisa menikmati berbagai keseruan sambil bermain air.

Liburan akan semakin menyenangkan jika Anda membawa keluarga dan orang tersayang. Di tempat ini, Anda dan seluruh keluarga bisa leluasa berbasah-basah tertawa bahagia.

Maka dari itu, saat anda berkunjung ke kota jogja, jangan lewatkan destinasi alam green kayens di kabupaten sleman.

Di bawah air terjun buatan via IG @fotoheryDi bawah air terjun buatan via IG @fotohery

Lokasi Wisata Alam Green Kayen

Ingat lokasinya bukan di Amerika sana, tapi lokasinya di negara kita tercinta yaitu di kabupaten Sleman. Dari lokasi green kayen anda bisa melihat beberapa destinasi alam lainnya yang tidak kalah keren sehingga lokasi green kayen cukup mudah ditemukan.

Letaknya tidak jauh dari pusat kota Jogja, hanya berjarak sekitar 20 kilometer dengan waktu tempuh sekitar 30 menit jika ditempuh dengan kendaraan pribadi.

Penasaran dengan keindahan green kayen, Anda bisa langsung menuju kawasan Dusun Kayen, Desa Condong Catur, Kecamatan Depok.

Jangan takut tersesat saat menuju lokasi karena lokasinya sangat mudah ditemukan. Untuk memastikan perjalanan Anda, Anda bisa mencoba menggunakan Google Maps sebagai panduan berkendara yang kini semakin canggih.

Kunjungi juga: Wisata Alam Bukit Klangon, Sleman

Arah ke lokasi

Setelah melihat alamat green kayen, kini sobat traveler bisa langsung menuju taman bermain air ini. Lokasinya berada di kawasan Desa Catur Miring yang cukup dekat dengan kawasan wisata Kaliurang. Rute yang akan kita tempuh juga cukup mudah dan sudah diaspal. Namun Anda tetap harus berhati-hati saat berkendara.

Perjalanan akan kita mulai dari pusat kota Jogja kemudian arahkan kendaraan anda menuju Jakal km 7. Setelah itu lurus terus beberapa kilometer, sesampainya di pertigaan sebelah toko cat Wawawa, belok ke kiri atau barat.

Kemudian lurus terus hingga menemukan pasar Colombo, sesampainya di tempat ini anda harus melanjutkan perjalanan melewati jalan-jalan kecil, kemudian ikuti jalan tersebut hingga menemukan pertigaan tugu kecil, jadi silahkan ambil arah ke kanan.

Ikuti jalan utama beberapa meter dan Anda akan menemukan lapangan berukuran sedang, dari lapangan terus lurus hingga menemukan tanda Green Kayen karena tempat wisata tidak jauh dari lapangan

Nikmati hidup via wonderfulsleman.idNikmati hidup via wonderfulsleman.id

Harga Tiket Masuk Green Kayen

Wisata alam green kayens ini diresmikan sekitar pertengahan tahun 2016 oleh Bupati Sleman, namun sejauh ini pengelolaannya masih dilakukan oleh masyarakat setempat yang sadar alam.

Oleh karena itu, harga tiket yang ditawarkan juga sangat terjangkau. memang di kawasan ini wisata alam bukanlah wisata yang mahal, semua tiket masuk hanya dipatok kurang dari 10.000 rupiah.

Tidak perlu menyiapkan banyak uang jika ingin berkunjung dan menikmati aliran air di kawasan Sleman yang disebut green kayen.

Selain harga tiket yang sangat terjangkau, tiket parkir juga tidak kalah murah. Untuk bisa menitipkan kendaraan Anda di tempat yang disediakan dan dilengkapi oleh beberapa anak muda yang bertanggung jawab menjaga keamanan dan ketertiban sepeda motor Anda, Anda hanya perlu menyiapkan uang tunai beberapa ribu saja.

Untuk kendaraan roda dua atau sepeda motor cukup membayar Rp 2.000 saja, sedangkan untuk kendaraan roda empat atau mobil cukup membayar Rp 5.000.

Fasilitas yang tersedia

Wisata alam Green Kayen memang selama ini kurang mendapat perhatian pemerintah, pengelolaan yang sederhana oleh warga setempat membuat fasilitas tambahan yang tersedia tidak lengkap. Hanya ada beberapa fasilitas yang meramaikan tempat wisata ini. Berikut adalah beberapa fasilitas tambahan yang tersedia:

  • Tempat parkir yang dijaga oleh beberapa anak muda yang akan menyimpan dan menjaga keamanan kendaraan yang anda miliki. Bagi pengunjung yang menitipkan motor atau mobilnya di lokasi ini, harus membayar tiket parkir sesuai dengan yang telah ditetapkan
  • Tempat sampah terlihat di beberapa tempat menandakan bahwa petugas yang cinta kebersihan dan bagi pengunjung yang datang juga harus membantu membuang sampah di tempatnya
  • Kursi geladak yang terbuat dari bambu terlihat berjejer di tempat ini dan dapat digunakan oleh setiap pengunjung yang datang
  • Sampai tulisan ini dibuat, toilet umum belum dibangun, sehingga pengunjung yang ingin buang air bisa menggunakan aliran sungai yang ada. 😀

Ga Ada Loe Ga Rame melalui Komunitas UNYGa Ada Loe Ga Rame melalui Komunitas UNY

Pemilihan nama Green Kayen

Meski Green Kayen dan Green Canyon hampir identik, namun Anda tidak akan menyangka kalau Green Kayen di Jogja terinspirasi dari nama tempat di Amerika. pemilihan nama green kayen bukan tanpa alasan.

Dilihat dari warna kehijauan air di sungai tersebut diberi nama green, sedangkan nama kayen diambil dari nama desa tempat sungai tersebut berada.

Kayen hijau sebenarnya lebih dikenal oleh penduduk setempat sebagai mantra atau kali mantra. Warga sungai ini sudah lama memanfaatkannya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seperti mandi dan cuci karena alirannya sangat jernih dan bersih.

Oleh karena itu perlu ditegaskan kembali bahwa pemilihan nama kayen hijau memperhatikan letak sungai atau aliran air yaitu di desa kayen kabupaten Sleman.

Wisata alam Green Kayen merupakan salah satu destinasi terbaru di kabupaten Sleman. Wisata alam ini diresmikan oleh Bupati Sleman dan telah menjadi objek wisata masyarakat dan pedesaan.

Kerumunan turis Green Kayen via Ig @drawilimaKerumunan turis Green Kayen via Ig @drawilima

Pesona alam Green Kayen

Pada tahun 2016, Green Kayen resmi dibuka untuk umum. Awalnya, aliran sungai di kawasan ini digunakan oleh penduduk setempat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari untuk mandi, mencuci dan ada juga yang menggunakannya sebagai pengairan sawah mereka.

Namun melihat potensi yang ada, muncul ide kreatif untuk menjadikan kawasan ini sebagai tempat wisata alam.

Anda bisa melihat aliran sungai yang bersih dan jernih yang merupakan wisata alam air terjun buatan Bendungan Sungai Boyong yang bersumber dari mata air di kaki Gunung Merapi.

Berenang di Sungai Boyong Super Jernih via IG @jogjakuBerenang di Sungai Boyong Super Jernih via IG @jogjaku

Air yang mengalir sangat segar karena berasal dari mata air pegunungan asli, yang langsung membuat setiap orang yang melihatnya ingin bermain air.

Sebelum menyelam ke dalam air, pastikan untuk memakai jaket pelampung karena kedalaman sungai cukup dalam. Pelampung bisa didapatkan dari tempat persewaan dengan harga murah.

Jika Anda ingin merasakan wahana sungai yang mendebarkan, datanglah ke Kayen Green Zone. Anda bisa bermain air sepuasnya sambil berbasah-basahan bersama keluarga yang bisa menjadi tempat berkumpulnya keluarga.

Selain wisata bahari, Anda juga bisa menikmati keindahan alam di sekitar sungai. Meski memiliki fasilitas umum yang sedikit, namun potensi alam yang ada sangat bagus dan dapat dikembangkan lebih lanjut.

Pemandangan indah ini sangat cocok untuk diabadikan menggunakan kamera. Foto selfie dengan background hutan yang masih alami membuat hasil foto semakin cantik.

Terlihat pepohonan rimbun tumbuh subur di sekitar lokasi. Apalagi jika Anda datang saat musim hujan di hari yang cerah, pesonanya akan terlihat jelas. Hampir seperti di Blue Lagoon Jogja, di kawasan ini juga terdapat lompatan dari ketinggian lebih dari 3 meter.

Sebelum melompat ke dalam air, Anda juga bisa mencoba jungkir balik di udara, yang membuat lompatan semakin seru layaknya atlet profesional.

Kiat liburan

Agar liburan Anda semakin seru dan menyenangkan, Anda harus memperhatikan hal-hal penting berikut ini:

  • Di sekitar lokasi green kayen tidak terdapat warung yang menjual makanan dan minuman. Oleh karena itu, saat Anda berkunjung ke tempat ini, ada baiknya membawa bekal makanan dan minuman agar tidak kelaparan.
  • Ingatlah untuk membawa kamera yang berkualitas baik karena kondisi alam yang ada sangat cocok untuk dijadikan latar belakang foto selfie dan setelah itu Anda bisa mengunggahnya ke media sosial Anda.
  • Sebelum pergi berlibur sebaiknya perhatikan kondisi sekitar anda, jika kondisi tidak memungkinkan sebaiknya tunda perjalanan liburan anda, karena tidak baik untuk kesehatan anda pergi berlibur di saat hujan.

***

Ini adalah wisata terakhir di desa berbasis masyarakat kabupaten Sleman. Meski begitu, ada keseruan dan keindahan alam yang tak boleh dilewatkan. Anda juga bisa menyusuri sungai yang cukup seru menggunakan ban pelampung dan melompat dari ketinggian sekitar 3 meter.

Jangan lupa untuk mengunjungi green kayen saat anda berkunjung ke kabupaten Sleman. kunjungan dan liburan yang baik. Demikian dan terima kasih.

Kunjungi juga:

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button