Curug Luhur, tempat rekreasi air terjun yang eksotis di Bogor - WisataHits
wisatahits

Curug Luhur, tempat rekreasi air terjun yang eksotis di Bogor

Curug Luhur Bogor menawarkan wisata air terjun yang paling cantik siapa mampu menarik perhatian wisatawan. Wisata alam yang terletak di Gunung Salak dan dilengkapi dengan wahana air.

Harga tiket: Rp35.000, Jam operasional: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Jl.Hegarmanah, Pamijahan, Tapos I, Kec. Tenjolaya, Kab. Bogor, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Curug Luhur Bogor adalah salah satu keindahan alam di kaki Gunung Salak. Pesona keindahannya menjadi daya tarik bagi wisatawan masa depan. Setiap hari banyak wisatawan yang berkunjung untuk menikmati keindahan air terjun ini. Pengunjungnya tidak hanya warga Bogor tapi juga dari luar daerah.

Tempat wisata air terjun ini menawarkan liburan yang menyenangkan dengan fasilitas wisata yang lengkap. Menjadi salah satu wisata air terjun yang juga menyediakan water playground atau taman air. Cocok untuk liburan semua orang, dari anak-anak, remaja hingga dewasa.

Air terjun yang terletak di daerah pegunungan ini terkenal dengan udaranya yang segar dan bersih. Bagi mereka yang sehari-hari tinggal di perkotaan, tempat yang indah seperti Curug Luhur pasti bisa menjadi obat penghilang stres dan penat. Apalagi lokasinya tidak terlalu sulit dijangkau, banyak yang memilih liburan ke air terjun ini.

Objek wisata air terjun Luhur

Atraksi Air Terjun SublimKredit Gambar: Instagram indoflashlight | Indonesia

1. Pesona Keindahan Air Terjun

Dalam bahasa Sunda, luhur berarti ketinggian, yang sesuai dengan deskripsi Curuh Luhur. Pemandangan air terjun setinggi 50 meter menjadi kesenangan utama bagi pengunjung. Aliran air yang berasal dari mata air Gunung Salak sangat jernih dan segar. Aliran keluar jatuh ke kolam alami yang dapat digunakan untuk berenang.

Selain air terjun utama, pengunjung juga disuguhi pemandangan air terjun kembar yang ada di sebelahnya. Air terjun kembar ini merupakan aliran sungai yang sengaja dialihkan. Saat hujan, air terjun di tempat ini akan lebih deras namun airnya masih jernih.

Aliran air terjun melintasi tebing berbatu yang ditumbuhi tanaman hijau. Pemandangan air terjun yang menyegarkan mata menjadi sajian bagi semua wisatawan yang datang.

2. Udara segar

Lokasi wisata di kaki Gunung Salak ini memiliki udara pegunungan yang segar. Udara yang bersih dan segar dapat dinikmati oleh pengunjung yang datang ke tempat wisata ini. Meski mudah diakses dari jalan raya, namun lokasi air terjun ini tidak terlalu dekat dengan jalan raya, sehingga udara lebih bersih dari polusi.

Curug Luhur terletak di ketinggian 624 meter di atas permukaan laut dengan udara pegunungan yang sejuk. Udara yang bebas polusi ini membuat wisatawan semakin nyaman menikmati liburannya. Lokasinya yang berada di lembah membuat air di tempat wisata ini juga sangat sejuk. Sayang sekali jika tidak mencoba berendam untuk menikmati kesejukan airnya.

Jika Anda datang di pagi hari, Anda akan lebih puas menjelajahi kawasan wisata ini. Bersantai tanpa harus buru-buru pulang karena hari sudah mulai gelap. Nikmati sejuknya udara dan juga sejuknya air pegunungan di Curug Luhur Bogor.

3. Taman air

Sedikit berbeda dengan objek wisata air terjun pada umumnya, Curug Luhur memiliki kompleks waterpark di sebelahnya. Taman bermain air ini telah didirikan di dekat air terjun. Air di taman air ini berasal dari sungai-sungai di kawasan ini dengan suhu air yang sangat sejuk.

Keberadaan waterpark di samping air terjun menjadikan tempat wisata ini ideal sebagai tempat liburan bersama anak-anak. Mengunjungi anak-anak bisa lebih aman bermain di area taman air sambil mengagumi keindahan air terjun di dekatnya.

Seluncuran air juga dibuat menarik dengan berbagai warna. Memberikan kesan ceria yang berbeda dengan pemandangan alam sekitar yang didominasi warna hijau. Beberapa seluncuran air juga memiliki bentuk yang unik seperti naga. Selain seluncuran, seluncuran air berbentuk kepala naga juga digunakan untuk spot foto.

4. Fasilitas lengkap

Tempat wisata ini menawarkan wisata alam dengan fasilitas yang lengkap. Inilah daya tarik utama yang membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi wisatawan. Kehadiran akan meningkat selama liburan sekolah atau hari libur nasional.

Dibandingkan dengan tempat wisata air terjun lainnya, Curug Luhur lebih mahal. Namun, tempat ini memiliki fasilitas yang lebih lengkap, termasuk taman air.

5. Mudah dijangkau

Daya tarik lain dari tempat wisata ini adalah lokasinya yang mudah dijangkau. Wisatawan tidak perlu berjalan jauh dari tempat parkir menuju lokasi air terjun. Jalurnya cukup mudah, tidak perlu masuk hutan seperti wisata air terjun kebanyakan.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Curug Luhur

Alamat Curug LuhurKredit Gambar: Instagram Ogy TM

Air terjun ini bisa menjadi alternatif liburan akhir pekan untuk Anda dan keluarga. lokasinya berada di kaki Gunung Salak, Bogor, Jawa Barat. Akses menuju lokasi air terjun lebih mudah jika menggunakan kendaraan pribadi. Anda dapat mengendarai sepeda motor atau mobil karena jalan menuju tempat ini sudah beraspal dan dalam kondisi baik.

Pilih jalur menuju Ciampus melalui Kebun Raya dan Cikaret. Jalur ini mudah dijangkau dan Anda dapat menggunakan papan petunjuk yang disediakan. Namun, rute ini biasanya lebih ramai atau padat pada jam sibuk.

Alternatif lain yang lebih cepat mungkin melalui desa Jalan Soleh Iskandar. Ambil jalan menuju Simpang Pagelaran dan terus lurus menuju lokasi Curug Luhur.

Mengendarai kendaraan pribadi akan membuat perjalanan menuju air terjun ini lebih mudah dan nyaman. Namun, pengemudi tetap harus berhati-hati karena beberapa jalan memiliki kemiringan, belokan, dan tikungan. Sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhi pemandangan perbukitan dan persawahan yang menghijau.

Berbeda dengan tempat wisata air terjun yang biasanya murah. Tiket masuk ke air terjun ini lebih mahal dari biasanya yaitu Rp 40.000 per orang. Namun, tiketnya sesuai dengan fasilitas yang bisa Anda gunakan nantinya. Tempat wisata yang dikelola swasta ini memiliki fasilitas yang jauh lebih lengkap dibandingkan wisata air terjun kebanyakan.

Anda bisa mengunjungi tempat wisata ini kapan saja dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore. Pengunjung hanya perlu membayar tiket di loket masuk untuk menikmati semua fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Curug Luhur

Aktivitas di Air Terjun LuhurKredit gambar: Google Maps Ahmad Buhori

1. Menikmati panorama air terjun

Wisatawan dapat menikmati keindahan air terjun dengan melihatnya dari dekat. Beberapa bebatuan dan daerah kering bisa menjadi tempat duduk dan bersantai sambil menikmati panorama alam tempat wisata ini.

Sambil menikmati secangkir kopi panas atau teh manis, Anda bisa bersantai dan melepas lelah. Menyeruput kopi atau teh panas dengan pemandangan alam yang indah pasti akan memberikan perasaan yang berbeda.

2. Berenang di kolam air terjun

Kesegaran air di kawasan wisata ini tentu sayang untuk menghilangkannya. Apalagi air terjun ini memiliki kolam alami di bawahnya. Pengunjung atau wisatawan bisa berenang di kolam untuk merasakan kesejukan air yang terlihat begitu jernih.

Dinginnya air kolam alami ini dapat membantu Anda rileks dan meregangkan otot. Tubuh akan terasa jauh lebih sejuk. Namun Anda tetap harus berhati-hati dan tidak berenang terlalu dekat dengan air terjun. Derasnya air terjun bisa menghasilkan pusaran yang berbahaya bagi keselamatan wisatawan. Jadi berenang saja di pantai.

3. Bermain taman air

Jika Anda termasuk orang yang tidak berani bermain di dekat air terjun, maka taman air di samping air terjun agung ini bisa menjadi pilihan Anda. Ada beberapa pilihan kolam renang dengan perosotan yang bisa Anda coba.

Pengunjung yang membawa anak-anak juga bisa mengajak si kecil bermain air di waterpark tersebut. Seluncuran kecil yang tidak terlalu tinggi bisa menjadi permainan yang menyenangkan untuk si kecil. Mereka pasti betah berlama-lama bermain di waterpark ini.

4. Ambil gambar

Liburan selalu identik dengan foto. Apalagi jika destinasi liburan Anda memiliki pemandangan yang indah. Keindahan alam tempat wisata ini tak kalah menarik untuk dijadikan tempat hunting foto. Beberapa spot terbaik dapat digunakan sebagai latar belakang untuk pemotretan.

Spot terbaik yang ditawarkan antara lain di dekat air terjun utama, air terjun kembar, taman air, atau di dekat seluncuran. Anda bisa berpose foto cantik di spot-spot foto tersebut untuk mendapatkan hasil yang bagus.

5. Makan

Liburan bersama teman atau keluarga tak lepas dari makan di luar. Jika Anda membawa bekal, segera bawa keluar untuk dinikmati bersama rombongan. Anda bisa memilih tempat yang nyaman untuk menggelar tikar atau makan bersama teman dan keluarga.

Jika Anda tidak membawa makanan sendiri, tidak perlu khawatir karena Anda bisa membelinya di warung-warung yang ada di sekitar tempat wisata ini. Setelah puas bermain air dan berfoto-foto, Anda bisa melanjutkan makan.

6. Bersantai di gazebo

Beberapa kios disediakan oleh pengelola untuk tempat bersantai para wisatawan atau pengunjung. Hanya duduk santai menikmati pemandangan alam yang indah dan udara segar dapat membantu menghilangkan stres dan kelelahan. Mengembalikan kesegaran pikiran yang berada di bawah tekanan pekerjaan rutin setiap hari.

Selain bersantai dan penat, bersantai di dekat air terjun populer ini juga bisa menjadi pilihan untuk mengobati kebosanan. Bagi Anda yang terlalu lama berdiam diri di rumah dan jarang piknik, tempat wisata di Bogor ini bisa menjadi alternatif liburan yang menyenangkan.

Fasilitas yang tersedia di Curug Luhur Bogor

Fasilitas Air Terjun Bogor LuhurKredit gambar: Google Maps fauji atta

Tersedia tempat parkir yang cukup luas untuk pengunjung. Namun, pada akhir pekan atau saat musim liburan, tempat parkir di tempat wisata ini akan penuh. Bagi yang membawa kendaraan pribadi seperti mobil, biaya parkir di tempat wisata ini adalah Rp 20.000. Sedangkan untuk kendaraan roda dua dikenakan biaya parkir sebesar Rp 8.000.

Pengelola juga menyediakan loker bagi wisatawan yang ingin menyimpan barang berharga. Fasilitas lainnya adalah gazebo yang sudah dibangun di beberapa tempat dekat waterpark.

Jangan lewatkan toilet dan kamar mandi. Wisatawan yang kebasahan setelah berenang bisa berganti pakaian dengan aman dan nyaman tanpa harus membayar lagi.

Fasilitas lain yang disediakan oleh pengelola air terjun ini adalah warung makan, tempat ibadah dan akomodasi. Meski tiketnya lebih mahal, fasilitas tempat wisata ini sangat lengkap. Liburan Anda akan semakin nyaman dan memuaskan dengan fasilitas yang memadai tersebut.

Berikut beberapa informasi menarik tentang tempat wisata Curug Luhur Bogor. Tempat wisata alam dengan berbagai fasilitas ini bisa menjadi pilihan liburan Anda bersama orang tersayang.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button