Air terjun Baruttung, air terjun yang indah dengan pesona tebing tulang yang eksotik - WisataHits
wisatahits

Air terjun Baruttung, air terjun yang indah dengan pesona tebing tulang yang eksotik

Air terjun Baruttung, air terjun yang indah dengan pesona tebing tulang yang eksotik
Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 06.00-17.00 WITA, Alamat: Lappa Upang, Kec. Mare, Kab. Os, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Air Terjun Baruttung merupakan air terjun yang terletak di hutan desa Cani Sirenreng, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Air terjun ini terletak lebih tepatnya 15 kilometer dari ibu kota kabupaten yang memiliki ketinggian 20 meter dan juga kolam alami seluas 10 meter persegi.

Air terjun ini menjadi tempat favorit liburan anak muda, sirkuit air ini menawarkan pemandangan yang sangat indah dilengkapi dengan panorama hijau alam sekitar yang memanjakan pengunjung untuk berfoto selfie.

Objek wisata air terjun Baruttung

Objek Wisata Air Terjun BaruttungKredit Gambar: Google Maps Chairunnisa Syam

1. Keindahan air terjun

Setelah lelah menuruni 1000 anak tangga yang terbilang terjal, semua itu akan terbayar dengan pemandangan air terjun yang begitu indah ditemani suara gemericik air yang menenangkan. Anda bisa menjelajahi setiap sudut air terjun Baruttung’e untuk mendapatkan spot foto terbaik.

2. Kolam alami

Pengunjung juga bisa menemukan kolam alami tepat di bawah air terjun yang memiliki luas sekitar 10 x 10 meter dengan kedalaman sekitar 1 hingga 4 meter. Saat bermain air di kolam ini tentunya harus lebih berhati-hati dan sebaiknya bermain bersama teman.

3. Pesona Tebing

Anda juga bisa melihat begitu banyak tebing berbatu di sini, bagi Anda yang penat dari aktivitas sehari-hari akan merasa rileks saat sampai di sini. Hal menarik lainnya, air terjun ini juga merupakan hulu dari sebuah sungai bernama Sungai Tangka. Sungai ini merupakan daerah perbatasan antara Kabupaten Bone dan Kabupaten Sinjai.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun BaruttungKredit gambar: Facebook Yaya Lindan Danuart

Mungkin wisatawan yang berasal dari Bone mengetahui lokasi Air Terjun Baruttung tepatnya di Desa Cani Sirenreng, Kecamatan Ulaweng, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan. Namun bagi wisatawan yang datang dari luar daerah pasti merasa bingung dan tidak tahu jalan.

Lokasi air terjun ini sebenarnya mudah dijangkau, membutuhkan waktu 30 menit dari kota Watampone. Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor untuk menuju ke air terjun yang indah ini, dan untuk panduan air terjun bisa menggunakan aplikasi Google Maps yang sudah tersedia di smartphone Anda.

Jika Anda ragu dengan jalur yang Anda tempuh, Anda bisa bertanya kepada penduduk setempat untuk petunjuk arah yang benar menuju lokasi air terjun menawan ini.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Biasanya harga tiket masuk berbeda-beda tergantung hari kunjungan Anda. Jika Anda berkunjung pada hari libur, biasanya harga akan sedikit naik dibanding hari biasa. Namun pada weekday dan weekday, harga tiket masuk Air Terjun Baruttung adalah Rp 10.000.

Selain itu, setiap tempat wisata tentunya memiliki jam buka masing-masing, begitu juga dengan yang satu ini. Anda harus mengunjungi wisata alam ini mulai pukul 06:00 hingga 17:00.

Aktivitas Seru Di Air Terjun Baruttung

Aktivitas Seru di Air Terjun BaruttungKredit gambar: Facebook Jamal Ikabhamas Wpc

Saat Anda pergi ke suatu tempat wisata, tentunya Anda harus mencari tahu terlebih dahulu mengenai aktivitas yang bisa Anda lakukan di sana. Berikut beberapa aktivitas seru dan seru di Air Terjun Baruttung.

1. Berenang

Setiap kali Anda datang ke wisata air, tujuan utama Anda adalah bermain air, seperti berenang dan berendam. Anda bisa menikmati keindahan air terjun ini dan juga menikmati kesejukan airnya. Untuk itu Anda juga harus mencicipi kesegaran air terjun ini dan bersantai dengan berenang di sini. Air yang sangat segar ini akan membuat Anda nyaman.

Bagi anda yang datang sekeluarga, pastikan anak-anak anda dalam pengawasan ya, meskipun air terjun ini aman untuk berenang, anda tetap harus waspada demi keselamatan si kecil.

2. Ambil gambar

Jika Anda datang berkunjung tanpa mengabadikan momen di sana, Anda pasti akan merasa ada yang kurang. Apalagi Air Terjun Baruttung terkenal dengan keindahannya, jadi sayang sekali jika Anda tidak mengabadikan momen berharga bersama keluarga dan teman saat berkunjung ke sini. Anda bisa menemukan banyak spot foto menarik dengan background air terjun.

Air terjun yang sangat jernih ini pasti akan menghiasi feed media sosial Anda dan menambah kesan estetiknya, serta banyaknya pepohonan yang tumbuh di sekitar air terjun akan menambah keindahan foto Anda. Selain pemandangan alam yang luar biasa, Anda juga bisa mengabadikan momen hewan-hewan kecil di sekitar air terjun yang banyak berkeliaran.

3. Memancing

Siapa bilang memancing hanya bisa dilakukan di sungai atau di laut? Di Air Terjun Baruttung Anda juga dapat menyalurkan hobi memancing Anda. Ada bagian sungai yang lebih dalam di sini sehingga beberapa ikan bersembunyi di sana seperti ikan mas dan juga bolu dan roti Jawa. Ikan-ikan yang ditemukan di sana sengaja dibudidayakan oleh pihak pengelola untuk tujuan wisata.

4. Liburan keluarga

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa disini masih sangat alami dan selalu sejuk, anda bisa membawa keluarga kecil anda kesini dan menikmati keindahan alam sambil menyantap hidangan yang anda bawa. Sudah terbayangkan betapa asyiknya piknik di air terjun ini? Namun Anda harus memastikan jika aktivitas Anda selesai, tidak ada sampah yang tertinggal atau bahkan merusak keindahan air terjun ini! Selain itu, pastikan untuk membawa bekal yang cukup agar tidak membuang-buang makanan.

5. Penelitian

Bukan rahasia lagi bahwa air terjun adalah tempat yang tepat untuk mencari. Bagi para peneliti, menemukan umur bebatuan dan menemukan hal-hal bersejarah lainnya adalah hal yang sangat menyenangkan. Jika Anda ingin meriset Air Terjun Baruttung, Anda akan terkagum-kagum dengan banyaknya bebatuan purba dan goa-goa yang menawan.

6. Pelacakan lembut

Bagi pecinta alam atau anak gunung pasti tahu istilah ini. Selain menikmati keindahan air terjunnya, bagi Anda yang memiliki hobi mendaki gunung juga bisa melakukan gentle tracking di sini. Menjelajahi tempat-tempat indah di sekitar air terjun pasti menjadi aktivitas yang menyenangkan dan jangan lupa untuk mengabadikannya.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas Air Terjun BaruttungKredit gambar: Facebook Jamal Ikabhamas Wpc

Air Terjun Baruttung kurang dikenal masyarakat luar dan fasilitas yang dimilikinya juga kurang memadai untuk memenuhi kebutuhan pengunjung. Bisa dikatakan kawasan air terjun ini masih kurang mendapat perhatian dari pemerintah.

Jadi pada saat anda berkunjung sebaiknya membawa keperluan seperti makan dan minum dari rumah, agar setelah puasa bermain air anda bisa bersantai dengan bekal bekal sambil menikmati keindahan alam sekitar air terjun.

Demikian informasi mengenai air terjun Baruttung yang menawan di Kabupaten Bone. Semoga informasi diatas bermanfaat dan bisa menjadi destinasi wisata alam di Sulawesi Selatan selanjutnya.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button