Keindahan air terjun Cipurut, pesona air terjun Purwakarta yang indah dan eksotik - WisataHits
wisatahits

Keindahan air terjun Cipurut, pesona air terjun Purwakarta yang indah dan eksotik

Keindahan air terjun Cipurut, pesona air terjun Purwakarta yang indah dan eksotik
Harga tiket: Rp15.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Kecamatan Wanayasa, Kab. Purwakarta, Jawa Barat.

Bidang pariwisata di Indonesia terus mengalami perkembangan, begitu juga dengan kota Purwakarta yang terus mengembangkan pariwisata khususnya di bidang wisata alam. Terdapat berbagai wisata alam di kawasan Purwakarta yaitu pegunungan, sumber air panas, perbukitan, goa, danau dan air terjun.

Anda punya proyek liburan di Purwakarta, sudah menentukan destinasi atau masih belum tahu mau ke mana? Ikuti saja wisata alam ke air terjun. Selain keindahan destinasi wisata di kota Purwakarta juga memiliki keindahan wisata alam. Kota yang berada di wilayah provinsi Jawa Barat ini memiliki air terjun Cipurut.

Curug dalam bahasa sunda berarti air terjun. Wisata alam yang mengusung objek utama air ini merupakan kawasan yang sejuk untuk berkemah atau berkemah bersama teman dan keluarga. Apa saja daya tarik keindahan air terjun cantik ini? Berikut ulasan atraksi, biaya masuk, aktivitas seru yang bisa dilakukan, dan fasilitas yang ada.

Daya tarik Curug Cipurut

Obyek wisata Curug CipurutKredit Gambar: Instagram Ondi Wiratmaja

1. Dahulu ada banyak pohon buah Purut

Cerita sejarah mengenai nama Curug Cipurut diambil oleh masyarakat karena konon di kawasan air terjun ini dulunya banyak terdapat pohon jeruk purut yang bentuknya seperti jeruk purut namun lebih kecil.

Namun, buah ini merupakan buah yang bergetah, sehingga warga tidak memanennya. Namun, tidak ada lagi pohon jeruk purut di sekitar air terjun.

2. Air terjun dari ketinggian 25 meter

Ketinggian air terjun yang indah ini sekitar 25 meter, di sisi kanan dan kirinya terdapat dua buah batu yang cukup miring untuk dijadikan tempat lompat atau perosotan. Perpaduan aliran air yang mengalir di kawasan bebatuan menambah keindahan air terjun ini.

3. Lingkungan eksotis

Pengunjung harus berjalan kaki sekitar 1 km untuk sampai ke lokasi air terjun dari pintu masuk. Namun, jangan khawatir akan melelahkan diri seperti itu, karena di sepanjang jalan pengunjung akan disuguhi pemandangan yang mengesankan. Ada hamparan kebun teh dan pepohonan rindang.

4. Berada di kawasan Gunung Burangrang

Ingin merasakan sensasi liburan di tempat yang sejuk di kaki gunung, Curug Cipurut memiliki daya tarik dengan lokasinya. Karena wisata ini berada di cagar alam gunung Burangrang.

Di dalam areal seluas empat hektar ini terdapat tujuh curug atau air terjun yang berjarak satu aliran dari air terjun utama. Ada dua air terjun utama yang menjadi tempat wisata terkenal di kawasan ini.

5. Menantang adrenalin dengan mengunjungi air terjun lainnya

Selain air terjun utama, terdapat air terjun lain di kawasan air terjun Putri. Bagi pengunjung yang ingin berpetualang dan memacu adrenalin, bisa mengunjungi air terjun lain yang jalurnya masih agak sulit. Keindahan air terjun lainnya ini tidak kalah menarik dengan air terjun utamanya.

6. Zona Bumi Perkemahan

Manfaatkan area camping untuk berkemah di area air terjun, lokasi camping ini tidak hanya di satu tempat saja melainkan ada beberapa sehingga pengunjung bebas memilih area mana yang akan dicoba untuk disetting. Area bumi perkemahan ini biasanya digunakan untuk latihan dasar atau digunakan oleh warga setempat untuk melakukan ritual adat.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Wisata Air Terjun CipurutKredit gambar: Twitter Karya Seni Erwinmoronz

Secara administratif Curug Cipurut beralamat di Kabupaten Purwakarta, tepatnya di Desa Semurugul, Wanayasa, Jawa Barat. Jarak tempuh dari pusat kota Purwakarta ke Wanayasa sekitar 1 jam.

Setelah sampai di kecamatan Wanayasa, pengunjung harus menuju ke kecamatan Bojong sekitar 500 meter, kemudian dilanjutkan ke desa Sumurugul. Dari Kecamatan Wanayasa menuju lokasi air terjun berjarak sekitar 3 kilometer. Sesampainya di kawasan Wanayasa, jalan yang akan dilalui menjadi semakin sempit dan terjal.

Bagi wisatawan yang tidak membawa kendaraan pribadi, bisa menggunakan angkutan umum untuk menuju lokasi air terjun. Dari Purwakarta dari Terminal Simpang, naik bus atau minibus ke Wanayasa. Setelah sampai di terminal, perjalanan selanjutnya menuju desa Sumurugul dengan menggunakan angkutan desa.

Bagi wisatawan yang menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat, harap pastikan kendaraan yang digunakan cukup kuat untuk melintasi medan menuju air terjun yang cukup sempit dan menanjak. Selain itu, pastikan pengemudi mampu melewati rintangan tersebut.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket Wisata Air Terjun CipurutKredit Gambar: Instagram Moch Pahri Septiadi

Tarif masuk ke kawasan wisata Curug Cipurut adalah Rp 15.000,- per orang. Harga tiket masuknya sangat terjangkau mengingat keindahan air terjun yang Anda dapatkan.

Bagi pengunjung yang ingin berkemah atau mendirikan tenda dikenakan tambahan Rp.

Harga tiket masuk tersebut belum termasuk biaya parkir yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat. Ada juga biaya lain yang dikeluarkan seperti membeli makanan atau jajanan di lokasi wisata atau menyewa peralatan yang disediakan pihak pengelola.

Jadwal wisata air terjun alami ini buka setiap hari mulai pukul 08.00 hingga 17.00. Pengunjung bisa datang di pagi hari untuk menikmati bermain di area air terjun. Bagi yang melakukan kegiatan diklat dasar atau kegiatan lainnya dapat menghubungi pihak pengelola untuk mendapatkan izin dan mendapatkan informasi mengenai peraturan yang berlaku.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Air Terjun Cipurut

Aktivitas Wisata Air Terjun CipurutKredit gambar: Google Maps, M. Lonely

1. Trekking di area kebun teh

Perjalanan menuju lokasi Air Terjun Cipurut diawali dengan jalur pendakian sejauh 1 km dari loket masuk. Pengunjung akan menyusuri jalan setapak yang cukup sempit yang di kanan kirinya merupakan areal luas kebun teh hijau yang siap memanjakan mata. Jalur pendakian ini memiliki struktur tanah merah yang akan licin saat musim hujan tiba.

2. Mainkan air

Mengunjungi tempat wisata alam seperti air terjun tentu belum lengkap jika belum bermain air. Berendam atau berenang mungkin menjadi pilihan yang tepat. Karena aliran air di curug ini sendiri tergantung musim. Pada musim kemarau, debit air akan cenderung berkurang. Saat musim hujan, aliran air akan deras.

3. Bersantai menikmati keindahan alam

Pengunjung yang ingin merasakan ketenangan saat berlibur bisa datang ke air terjun Hitz ini. Suara air terjun yang mengalir berpadu dengan suasana hutan yang rimbun disertai kicauan burung akan memberikan suasana yang damai dan tenang. Tanpa melakukan apapun, pikiran rileks.

4. Jelajahi Curug

Bagi pengunjung yang memiliki jiwa petualang yang tinggi, mengunjungi air terjun eksotik ini akan menjadi aktivitas yang mengasyikan karena di tempat wisata ini total terdapat 7 air terjun yang ada namun hanya 2 air terjun yang diketahui banyak orang. Pengunjung bisa mengekspor keberadaan air terjun lain.

5. Berfoto dengan background alam yang indah

Curug Cipurut merupakan tempat wisata alam yang masih sangat asri. Keindahan pohon pinus, rimbunnya hutan, sejuknya air terjun serta bebatuan di kanan kiri air terjun menjadi spot foto menarik yang bisa pengunjung gunakan untuk selfie atau selfie. Keindahan alam ini sayang jika dilewatkan begitu saja.

6. Kamp

Daya tarik dari Curug Cipurut adalah adanya area camping yang sangat nyaman, tempatnya dikelilingi oleh pohon pinus, sehingga cocok untuk bermalam dan mendirikan tenda. Lokasi bumi perkemahan ini tidak jauh dari curug curug. Di sekitar areal camping atau lebih tepatnya kawasan air terjun, terdapat warung-warung bagi pengunjung yang lapar.

7. Tinggal bersama keluarga angkat

Pengunjung yang ingin merasakan keindahan alam dan dinginnya suasana malam di kawasan wisata bisa mencoba bermalam di penginapan atau homestay yang berada tidak jauh dari air terjun cantik ini. Harga sewa penginapan bervariasi dan bisa disesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas Wisata Air Terjun CipurutKredit gambar: Google Maps Tutik Hidayati

Ada sejumlah fasilitas yang disediakan pengelola Curug Cipurut untuk memudahkan aktivitas pengunjung. Diantaranya terdapat fasilitas umum berupa tempat parkir hingga 7 mobil. Toilet dan kamar mandi untuk membilas, berganti pakaian setelah bermain air atau buang air kecil dan besar.

Selama perjalanan di area trekking, ujungnya dipermudah dengan adanya kayu-kayu di sepanjang jalan. Bagi pengunjung yang lapar dan tidak membawa banyak makanan dan minuman, di area air terjun juga terdapat warung makan yang menawarkan berbagai macam makanan ringan dan minuman.

Fasilitas yang menarik adalah adanya bumi perkemahan di beberapa lokasi. Beberapa lokasi ini menawarkan pengunjung pilihan untuk berkemah di lokasi yang mereka sukai. Untuk dapat memanfaatkan area bumi perkemahan ini, biaya tambahan yang harus dikeluarkan juga sangat terjangkau.

Bagaimana, tertarik untuk berlibur di Curug Cipurut, bukan? Saat ingin mengunjungi air terjun ini, pastikan kendaraan yang digunakan mumpuni untuk melintasi jalanan sempit dan terjal. Air terjun yang indah ini pasti tidak boleh dilewatkan di Purwakarta. Saran untuk mengunjungi air terjun adalah menggunakan sendal atau sepatu anti selip.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button