Pengakuan Mantan Wakil Walikota Bandung dalam Pengelolaan Sampah RW-RW - Tribun Tipikor Media Online - WisataHits
Jawa Barat

Pengakuan Mantan Wakil Walikota Bandung dalam Pengelolaan Sampah RW-RW – Tribun Tipikor Media Online

bandung, tribuntipikor.com

Mantan Wakil Walikota Bandung Ayi Vivananda. SH mengapresiasi pimpinan RW yang sudah memiliki titik pembuangan.

Ayi mengatakan akan memberikan bibit anggur kepada RW di Bandung dengan syarat RW tersebut memiliki pengelolaan sampah yang terintegrasi.
Ayi menyatakan akan ada festival wine pada Desember 2023, dengan harapan bisa menjadi rekor Muri. Apresiasi juga saya sampaikan dengan memberikan bibit anggur paling langka dan termahal, bahkan satu biji anggur harganya sampai 6 juta, sehingga harus dilelang karena bisa dijual,” imbuhnya.

Ayi melanjutkan, yang terpenting adalah semangat kesediaan warga memberikan solusi terbaik dengan langkah-langkah untuk Kota Bandung, yaitu pengelolaan sampah agar bermanfaat.

“Kalau di setiap RW ada varietas anggur di setiap sudut ruang wilayah, bisa dikonsumsi di rumah warga, dimanfaatkan bahkan dikemas sebagai desa wisata,” kata Ayi Vivananda saat menghadiri Kegiatan Kesiapan Kampung Iklim Pakemitan menyambut mereka di Adipura panas pada Sabtu (17/9/2022) di Pendopo Saung Guyub, RW 03, Desa Pakemitan, Kecamatan Cinambo, Kota Bandung.

Acara tersebut dihadiri oleh perwakilan DLHK, perwakilan Kodim, Babinkamtibmas dan tokoh masyarakat.

Di tempat yang sama, Ketua RW 03 Pakemitan Komarudin mengatakan, kawasannya direncanakan sebagai program desa iklim Adipura.

“Kami sudah lama memiliki kombinasi pengelolaan sampah dan manfaatnya. Kami mengolah bahan plastik menjadi cinderamata seperti tas, topi, tikar, dompet berbahan limbah yang dikemas dalam kopi, miniatur sepeda motor, mobil, rumah dari limbah jangkrik,” ujarnya.

“Sedangkan bahan organik digunakan sebagai substrat tanam seperti pupuk kompos, pupuk kapsul, pupuk cair tablet dan dedak, sedangkan yang digunakan sebagai pakan ternak seperti magotte,” jelasnya.

Merah.

Source: tribuntipikor.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button