Air terjun Yeh Hoo, air terjun cantik dengan pemandangan alam yang eksotis di Tabanan Bali - WisataHits
wisatahits

Air terjun Yeh Hoo, air terjun cantik dengan pemandangan alam yang eksotis di Tabanan Bali

Air terjun Yeh Hoo, air terjun cantik dengan pemandangan alam yang eksotis di Tabanan Bali

Selain pantai, ternyata Bali juga memiliki tempat wisata alam lain yang tak kalah menarik. Air Terjun Yeh Hoo salah satunya yang terletak di Tabanan.

Harga tiket: Rp15.000; Kasus: Verifikasi lokasi
Alamat: Senganan, Kec. Penebel, Kab. Tabanan-Bali.

Berbicara tentang wisata alam di Bali, sebagian besar wisatawan mungkin berbicara tentang keindahan pantainya. Padahal masih banyak lagi wisata alam yang tak kalah menarik, seperti pegunungan dan air terjun. Salah satunya Air Terjun Yeh Hoo Jatiluwih yang saat ini menjadi tempat wisata baru.

Tempatnya cukup tersembunyi dan berada di kawasan hutan, sehingga air terjun ini tidak banyak diketahui oleh wisatawan bahkan wisatawan lokal. Jatiluwih sendiri merupakan daerah Tabanan yang sebelumnya terkenal dengan sawah teraseringnya. Kawasan ini terkenal dengan suasana alamnya yang asri dan udaranya yang segar.

Meski tercatat sebagai tempat wisata baru, Air Terjun Yeh Hoo kini mulai dikenal banyak wisatawan, bahkan di luar Bali. Hal ini terjadi karena pengaruh media sosial para wisatawan yang datang. Setelah mengunjungi air terjun yang indah ini, banyak wisatawan yang mengunggah foto pemandangan di kawasan air terjun yang sangat menarik.

Atraksi yang ditawarkan Air Terjun Yeh Hoo

Air Terjun Yeh HooKredit gambar: Google Maps Алексей

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, meski wisata air terjun ini masih tergolong baru, namun jumlah wisatawan yang datang terus bertambah. Selain pengaruh media sosial, hal ini tentunya karena daya tarik tersendiri dari air terjun Yeh Hoo. Berikut beberapa informasi mengenai berbagai objek wisata air terjun cantik di Jatiluwih ini.

✦ Pesona air terjun di tengah hutan

Air terjun cantik di Jatiluwih ini berada di kawasan hutan yang lingkungannya masih sangat asri. Air Terjun Yeh Hoo tingginya sekitar 8 meter, jadi tidak terlalu tinggi. Meski tingginya hanya 8 meter, air terjun ini memiliki aliran air yang sangat deras. Sehingga suara air yang jatuh bisa terdengar meski dengan jarak yang cukup jauh.

✦ Kolam utama air terjun besar

Hal selanjutnya yang menjadi daya tarik Air Terjun Yeh Hoo adalah kolam utamanya yang berukuran cukup besar. Di sekitar kolam utama juga terdapat bebatuan yang dapat digunakan sebagai tempat duduk atau tempat bersandar. Air di kolam utama terlihat jernih dan sangat bersih dan nantinya air dari air terjun akan mengalir ke sungai di sekitarnya.

✦ Pemandangan sawah dekat air terjun

Untuk menuju air terjun, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 15 menit. Namun wisatawan tidak perlu khawatir akan merasa lelah selama perjalanan, karena pemandangan sekitar sangat indah. Saat menuju air terjun, wisatawan akan melihat pemandangan persawahan yang terlihat sangat indah.

✦ Subak atau tradisi irigasi

Terakhir, yang membuat wisata air terjun ini semakin spesial adalah tradisi subak. Nah subak sendiri merupakan perkumpulan atau organisasi yang mengatur sistem pengairan atau pengairan sawah di Bali. Bahkan tradisi ini juga telah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO.

Dengan banyaknya objek wisata yang mempesona, tentunya wisatawan semakin penasaran dan ingin mengunjungi air terjun cantik ini. Air Terjun Yeh Hoo juga merupakan wisata yang cocok untuk semua kalangan. Dengan demikian, wisatawan bisa datang bersama keluarga, teman, dan kerabatnya.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun Yeh HooKredit gambar: Google Maps Schmassbinder

Air Terjun Yeh Hoo terletak di bagian barat Bali dan dekat dengan Gunung Batukaru. Sedangkan lokasi tepatnya berada di Desa Jatiluwih, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Untuk menuju air terjun, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi, sepeda motor, dan mobil.

Jika perjalanan dimulai dari pusat kota Tabanan, maka jarak tempuh untuk menuju air terjun ini sekitar 28 kilometer. Sedangkan wisatawan yang memulai perjalanannya dari kota Denpasar, jarak tempuh yang ditempuh sekitar 46 kilometer. Selain itu, setelah sampai di tempat parkir wisata, wisatawan harus berjalan kaki selama 15 menit untuk mencapai air terjun.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Tiket Air Terjun Yeh HooKredit gambar: Google Maps Yanna Plicart

Ketika wisatawan memasuki kawasan desa Jatiluwih, mereka harus membayar tiket sebesar Rp 15.000. Untuk bisa menikmati pemandangan Air Terjun Jatiluwih, wisatawan perlu menyiapkan biaya untuk membayar tiket masuk lagi. Harga tiket masuk di sini dibedakan untuk dewasa dan anak-anak.

Untuk wisatawan domestik dewasa harga tiketnya Rp 5.000, kemudian untuk anak domestik harga tiketnya Rp 4.000. Selain itu, harga tiket untuk wisatawan dewasa dari luar negeri adalah Rp 10.000. Dan untuk turis anak asing harga tiketnya Rp 5.000.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas Air Terjun Yeh HooKredit Gambar: Google Maps Bramantra Kesuma

Mengunjungi air terjun yang posisinya berada di tengah hutan yang sepi merupakan hal yang sangat menarik. Namun saat berada di kawasan air terjun, kegiatan apa yang bisa dilakukan agar tidak bosan? Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Air Terjun Yeh Hoo.

1. Nikmati pemandangan air terjun

Tentunya hal pertama yang harus dilakukan adalah menikmati pemandangan sekitar yang indah dan merasakan aliran air terjun yang sangat sejuk. Karena berada di kawasan hutan, pemandangan air terjun ini jauh lebih indah. Itu akan membuat pikiran lebih banyak biaya.

2. Bermain di kolam utama

Wisatawan bisa duduk santai di sekitar kolam air terjun utama dan bermain dengan air mengalir yang bersih dan sejuk. Perlu diketahui bahwa air yang mengalir di air terjun eksotis ini berasal dari Gunung Batu Karu dan terbentuk secara alami. Tak heran air Terjun Yeh Hoo begitu sejuk.

3. Mengenal tradisi Subak

Selain itu, agar waktu liburan di sini lebih berkesan, wisatawan juga bisa merasakan tradisi subak. Untuk mengetahui tentang tradisi ini, wisatawan bisa bertanya langsung Pemandu wisata atau penduduk setempat. Hal ini akan membuat liburan menjadi lebih bermanfaat seiring dengan bertambahnya pengetahuan wisatawan.

Jadi saat akan berlibur ke air terjun cantik ini, wisatawan tidak hanya melihat pemandangan alam yang indah. Namun pikiran dan tubuh akan terasa lebih segar, dan wawasan akan hal-hal baru juga bisa bertambah.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Instalasi Air Terjun Yeh HooKredit gambar: Google Maps Josan

Untuk menikmati liburan saat berkunjung ke Air Terjun Yeh Hoo, wisatawan perlu membayar tiket masuk sekitar Rp20.000. Dengan demikian, wisatawan tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang disediakan, karena tentunya fasilitasnya lengkap dan terjaga. Berikut beberapa fasilitas di sekitar air terjun yang bisa digunakan oleh wisatawan.

1. Ruang ganti

Agar nyaman bermain air, tentunya wisatawan harus membawa baju ganti yang nyaman. Oleh karena itu disini disediakan ruang ganti yang dapat digunakan bagi wisatawan yang ingin berganti pakaian sebelum bermain di sekitar air terjun. Keamanan tidak perlu dikhawatirkan, karena ruang ganti ini nyaman dan pribadi.

2. Gudang taman

Di sekitar air terjun juga terdapat gazebo dan bisa digunakan untuk bersantai sambil menikmati pemandangan. Gazebo ini juga bisa digunakan untuk wisatawan yang mungkin merasa kurang nyaman makan di warung. Usai membeli makanan, wisatawan bisa membawanya ke gazebo dan makan dengan tenang.

3. Toilet

Meski ada sungai yang mengalir di sekitar air terjun, wisatawan tidak boleh sembarangan mencuci di sungai. Oleh karena itu, tempat wisata menyediakan toilet yang nyaman bagi wisatawan.

4. Area parkir yang luas

Fasilitas terakhir yang juga tersedia di wisata air terjun ini adalah tempat parkir yang cukup luas. Keberadaan tempat parkir sangat penting, agar kendaraan pribadi wisatawan dapat tertata dengan baik.

Air Terjun Yeh Hoo merupakan salah satu wisata alam Bali yang sedikit berbeda. Nah selain pantai, ternyata Bali juga menawarkan wisata air terjun yang tak kalah menarik. Segera kunjungi air terjun yang indah ini dan rasakan segarnya udara pegunungan di Bali.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button